Penyebab Keputihan Ada Bercak Darah

Cairan yang keluar dari vagina wanita merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh alami yang wajar dialami semua wanita, lalu bagaimana dengan keputihan ada bercak darah?. Hal tersebut menjadi tidak wajar, ketika cairan yang dikeluarkan berubah berwarna coklat gelap atau hampir hitam. Kondisi tersebut merupakan hal yang harus Anda waspadai dan segera periksakan, sebab kondisi ini bisa jadi Anda tengah mengalami masalah yang cukup serius.

Baca juga: SEBAB KEPUTIHAN COKLAT DARI VAGINA

Apa Penyebab Keputihan Ada Bercak Darah

Lendir dari vagina terdiri dari mukus dan cairan yang diproduksi oleh dinding vagina serta serviks atau mulut rahim wanita. Keluarnya lendir menjadi proses pembersihan yang dilakukan oleh tubuh di area sekitar vagina untuk menjaga daerah tetap sehat. Cairan ini membantu mengikis sel kulit mati dan bakteri dari vagina. Proses pembersihan alami diperlukan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Interaksi antara hormone wanita yang biasa disebut dengan estrogen serta progesterone menjadi penyebab utama keluarnya cairan dari area kewanitaan. Sekresi ini menandakan adanya tahapan berbeda dari siklus menstruasi wanita, sehingga terdapat perbedaan warna, tekstur serta jumlah sekresi yang tidak selalu sama. Semua tergantung pada tahapan mana yang sedang berjalan pada siklus haid wanita.

Ketika sedang ada dalam tahapan ovulasi, cairan yang keluar pada umumnya bertambah banyak. Bercak berwarna yang keluar dalam jumlah sedikit juga bisa terjadi, namun bukan hal yang harus Anda khawatirkan.

keputihan ada bercak darah

Jika keputihan ada bercak darah, penyebabnya mungkin kehamilan atau masuknya wanita pada fase pra menopause. Pada umumnya, jika kehamilan yang terjadi, maka cairan yang dikeluarkan berwarna pink kecoklatan. Jika kondisi pramenopause, keputihan ada bercak darah, pink, atau kekuningan bisa keluar dalam jumlah yang cukup banyak.

Kondisi lainnya yang akan terjadi adalah adanya implantation bleeding sebagai tahapan awal kehamilan, yakni keluarnya jaringan endometrial yang sudah berusia lama pada kalangan remaja tepat sebelum siklus menstruasi dimulai atau adanya kondisi atrophic vaginitis yang disebabkan karena pendarahan, rasa nyeri atau gatal di bagian vagina, ini menandakan adanya infeksi.

Dua sebab lain yang mungkin menimbulkan kondisi ini yakni adanya polip pada urin atau endometrial polyps yang bisa menyebabkan munculnya sekresi dan pendarahan setelah berhubungan seksual dan keluarnya banyak darah ketika menstruasi atau akibat adanya gejala awal tertularnya penyakit menular seksual.

Jika cairan yang dikeluarkan berubah warna menjadi coklat gelap, maka hal tersebut menandakan kehamilan atau masuk masa menopause pada kalangan wanita. Pendarahan tersebut akibat dinding urin yang meluruh ketika siklus haid berlangsung, sehingga darah yang keluar menjadi kecoklatan karena berusia lama.

Beberapa Jenis Gejala Penyakit Keputihan Ada Bercak Darah

Penyakit yang mempunyai gejala sekresi gelap yang dikeluarkan dari vagina diantaranya penyakit radang pelvis yang disebabkan oleh infeksi pada dinding rahim, tuba, serviks, falopi, vagina, atau ovarium, serta yang cukup serius yakni kanker serviks.

Untuk atasi keluarnya sekresi berdarah ini, Anda perlu menunggu beberapa hari untuk melihat apakah keputihan tersebut sudah berhenti atau sebaliknya. Jika sekresi tidak kunjung berhenti keluar dan mulai menunjukan gejala seperti bau tidak sedap, gatal, nyeri, atau terdapat sensasi panas, maka segera periksakan diri Anda ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Penanganan nantinya akan ditentukan berdasarkan penyebab keluarnya sekresi tersebut.

Apabila penyebabnya adalah penyakit menular seksual, maka Anda harus mengkonsumsi antibiotic, Namun jika penyebabnya karena Anda masuk masa menopause, maka keputihan ada bercak darah tersebut biasa diobati secara khusus. Jika polip urin menjadi salah satu timbulnya masalah, maka diperlukan obat hormonal untuk membantu kecilkan ukuran polip dan meredakan gejala yang muncul.

Jika Anda mendapati tanda dan gejala diatas, segera kunjungi kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik. Lakukan reservasi dahulu di 081233881616 untuk memperoleh proses yang lebih mudah. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan ada bercak darah, semoga bermanfaat.