Penyebab Keputihan Gatal Dan Berbau

Hal yang lumrah jika wanita mengalami keputihan, lalu bagaimana dengan keputihan gatal?. Yang tidak normal yakni ketika produksi keputihan berlebihan sehingga akan menimbulkan gatal dan bau tidak sedap. Pastinya masalah ini akan membuat penderita tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Lalu bagaimana cara atasi keputihan yang alami? Simak ulasan selengkapnya bersama kami.

Baca juga: PERBEDAAN KEPUTIHAN NORMAL DAN ABNORMAL

konsultasi

Apa Saja Penyebab Keputihan Gatal Dan Berbau?

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami oleh kaum wanita. Nanum harus Anda ketahui terdapat sekresi yang tidak normal. Keputihan abnormal ini jika terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan bau dan gatal di area vagina.

Hal ini tentunya akan menyebabkan kepercayaan diri berkurang. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini. Adapun beberapa cara mengatasi keputihan secara alami yang bisa Anda lakukan untuk proses pencegahan.

Seperti mencuci vagina dengan lembut dan menggunakan air hangat. Gosok atau usap vagina Anda dengan lembut. Selain itu, basuh vagina dari arah depan ke belakang untuk mencegah masuk bakteri ke dalam vagina.

Lalu hindari pemakaian antiseptic, sabun yang mengandung pewangi, gel dan lain sebagainya yang bersifat mempengaruhi keseimbangan ph dan bakteri dalam vagina. Maka adapun beberapa cara alami yang bisa Anda jalankan, diantaranya:

Menggunakan daun sirih, ini menjadi salah satu metode terkenal yang banyak digunakan. Zat dalam urin mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Cara membuatnya sangat mudah, yakni rebus beberapa lembar daun sirih tersebut. Setelah itu penderita bisa minum air rebusan daun sirih setiap waktunya.

Mengkonsumsi kunyit, kandungan zat antibakteri pada kunyit bisa membantu hilangkan sekresi berbahaya pada vagina. Anda hanya perlu minum perasan kunyit yang sudah diparut setiap hari secara rutin.

konsultasi
keputihan gatal

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Rasa gatal menjadi salah satu ciri dari sekresi yang abnormal. Pastikan untuk tidak menggaruk vagina ketika mengalami sekresi, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit. Bahkan menggunakan air panas sekalipun tidak disarankan, sebab akan menambah parah pada area vagina Anda.

Agar tidak menimbulkan rasa gatal, Anda harus menjaga kebersihan vagina dengan cara mencuci tangan ketika ingin bersentuhan dengan vagina, baik sebelum dan sesudah buang air kecil atau besar.

Lalu jangan lupa mengganti pembalut yang digunakan ketika haid. Sebisa mungkin beberapa jam seharinya, agar tidak menimbulkan iritasi. Lalu jaga kelembaban atau PH vagina dengan tidak menggunakan cairan antiseptic, sabun, dan bahan lainnya. Gunakan juga celana dalam dengan bahan katun yang bisa menyerap keringat.

konsultasi

Jika vagina menimbulkan bau, sebenarnya ini merupakan hal normal. Namun apabila timbul sekresi yang disertai bau amis atau tidak sedap, ini menjadi gejala kesehatan lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Tindakan pertama pastikan kebersihan area vagina sebaik mungkin.

Dengan menjaga kelembabannya dan jangan gunakan cairan yang menimbulkan iritasi. Adapun beberapa cara lain yakni dengan konsumsi bawang putih, rutin makan bawang putih akan menghilangkan keputihan sekaligus. Ada pula beberapa penderita yang mengkonsumsi pisang untuk mengurangi keputihan secara alami.

Pisang akan membantu tubuh mengatasi berbagai gangguan reproduksi dengan cara menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Anda bisa konsumsi daun sirih yang sudah terkenal dengan berbagai cara di dalamnya. Salah satunya dengan merebus beberapa lembar daunnya dan diminum airnya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai keputihan gatal, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.