Perbedaan Keputihan Normal Dan Abnormal

Keputihan normal atau vaginal discharge merupakan keluarnya cairan dari vagina. Keputihan secara alami akan terjadi pada seorang wanita yang mengalami perubahan hormone sesuai dengan siklus dalam tubuh. Pada umumnya cairan yang keluar mempunyai bentuk lengket dan kental untuk seluruh siklus, namun lebih bening dan cair ketika masuk siklus haid.

Baca juga: SANGAT BERBAHAYA JIKA WANITA ALAMI KEPUTIHAN BERBAU AMIS

Bagaimana Perbedaan Keputihan Normal Dan Abnormal?

Terdapat beberapa faktor yang dianggap wajar dan aman jika seorang wanita mengalami keputihan normal. Sekresi lebih banyak terjadi ketika Anda stress, melakukan kegiatan seksual, dan sedang hamil.

Namun waspada jika keputihan yang terjadi merupakan sekresi patologis atau abnormal. Tanda dari sekresi ini cukup mudah, keputihan patologis bisa dilihat dari volume, warna, bau yang tidak seperti umumnya. Selain itu, terdapat gejala yang dialami sebelum atau setelah keluarnya sekresi tidak normal tersebut.

Keputihan tidak normal disebabkan oleh infeksi atau non infeksi. Penyebab dari non infeksi berhubungan dengan adanya benda asing seperti menggunakan alat kontrasepsi atau menderita penyakit lainnya seperti kanker. Sedangkan penyebab infeksi diantaranya karena disinggahi jamur, parasit, dan bakteri.

Keputihan normal

Penyebab Utama Keputihan Abnormal Pada Wanita

Keputihan merupakan salah satu masalah kesehatan yang pada umumnya membuat wanita khawatir. Namun yang harus Anda ingat, keputihan bukan penyakit, melainkan suatu gejala dari penyakit. Keputihan abnormal yang disebabkan infeksi pada umumnya berasal dari peradangan vagina atau biasa disebut dengan vaginitis.

Penyebab dari infeksi cukup bervariasi, mulai dari golongan virus, jamur, bakteri dan parasit. Berikut merupakan penyebab radang vagina yang akan menyebabkan timbulnya keputihan.

1.Golongan bakteri

Gardnerella vaginalis merupakan jenis bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Jumlah kasus akibat infeksi bakteri ini cukup banyak.

2.Golongan jamur

Candida albicans merupakan jamur yang pada umumnya akan menyerang organ tubuh yang sudah dilapisi kulit dan dinding. Jumlah kasus keputihan yang diakibatkan jamur ini cukup tinggi dibandingkan infeksi lainnya. Peradangan semakin meningkat ketika wanita sedang mengandung.

3.Golongan parasit

Trikomoniasis vaginalis merupakan parasit yang menyebabkan timbulnya bakteri jenis ini.

Bagaimana Mengetahui Apakah Keputihan Normal Atau Tidak?

Jadi keputihan patologis akan menunjukan beberapa perubahan seperti bau, warna dan tekstur untuk menunjukan mikroorganisme penyebabnya. Begitu juga dengan berbagai keluhan seperti nyeri ketika berkemih, nyeri ketika berhubungan seksual, terdapat sensasi panas pada vagina, gatal, dan gejala keputihan abnormal pada umumnya.

Perhatikan kondisi keputihan

Kondisi cairan keputihan normal menjadi kunci penting yang bisa Anda bedakan penyebabnya. Pada infeksi bakteri, cairan ini berwarna putih sampai abu-abu. Jumlahnya sangat banyak dan lengket, sehingga mudah menempel pada pakaian dalam penderitanya.

Dinding vagina pun akan dipenuhi oleh lapisan sekresi tersebut. Sedangkan infeksi jamur akan menunjukan kekentalan seperti gumpalan susu atau keju. Berwarna putih, kekuningan, akan bertambah parah dan jumlahnya meningkat drastis. Pada infeksi parasit, gejala keputihan akan terlihat berbeda.

Perhatikan bau keputihan

Keputihan normal dan tidak menimbulkan bau, sedangkan sekresi tidak normal akan muncul dengan bau yang khas. Sekresi akibat infeksi bakteri biasanya berbau amis, sedangkan sekresi akibat infeksi jamur kadangkala tidak memberi bau.

Bau yang paling khas yakni keputihan yang diakibatkan parasite. Keputihan ini mempunyai bau busuk dan semakin parah ketika berhubungan seksual. Biasanya pasangan Anda akan mengeluhkan bau tersebut.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai keputihan normal, semoga bermanfaat.