Simak Dan Fahami Tanda-Tanda Penyakit Keputihan Pada Wanita

Penyakit keputihan pada wanita yang normal selama kehamilan disebut Leucorea. Teksturnya tipis, berwarna putih seperti susu dan berbau ringan. Leucorea adalah penyakit keputihan yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini adalah kombinasi sekresi dari serviks (leher rahim) dan vagina, sel-sel kulit mati dan flora bakteri yang normal. Leucorea mirip dengan penyakit keputihan yang dialami diantara siklus menstruasi akan tetapi hanya lebih berat.

Penyakit Keputihan Itu Apa?

Jika penyakit keputihan pada wanita berwarna hijau atau kekuningan, berbau kuat dan disertai kemerahan atau terasa gatal kemungkinan mengalami infeksi vagina. Salah 1 infeksi vagina yang paling umum selama kehamilan adalah kandidiasis juga dikenal sebagai infeksi jamur. Penyebab lain keluarnya cairan yang tidak normal (abnormal) juga bisa menjadi penyakit menular seksual (PMS).

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Keputihan?

Penyakit keputihan pada wanita disebabkan selama kehamilan adalah generasi hormon termasuk hormon estrogen. Produksi hormon estrogen yang signifikan dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul (pelvic) dan merangsang selaput lendir pada tubuh. Adapun beberapa penyebab penyakit keputihan diantaranya:

• Keputihan yang tidak kasar tidak ofensif.
• Infeksi dimana debit berwarna kuning purulen atau berbusa sesuai dengan jenis organisme yang terlibat atau servisitis (lendir berlendir).
• Neoplastik.
• Penyisipan tampon tidak higienis atau iritasi mekanis dimana terlihat ofensif, berlebihan, bernanah dan bernoda darah yang terlihat.

Apa Saja Gejala Utama Penyakit Keputihan Pada Wanita?

Gejala penyakit keputihan pada wanita dapat meliputi:

• Terasa gatal di area genital dengan bau busuk.
• Pakaian dalam terdapat noda selama siklus menstruasi keluar.
• Menstruasi yang tidak teratur.
• Nyeri punggung bagian bawah.
• Kehilangan berat badan dengan gangguan pencernaan.

Tanda dan gejala penyakit keputihan berbeda. Tingkat keparahan debit, warna, tekstur dan konsistensi tidak sama diantara semua wanita. Namun beberapa gejala penyakit keputihan yang paling umum dapat termasuk:

• Cairan yang lengket dan tebal atau tipis dari vagina yang berwarna putih adalah salah 1 gejala keputihan yang paling jelas.
• Bau busuk dan berwarna kuning dalam kasus keputihan yang disebabkan oleh infeksi.
• Adanya rasa sakit, bengkak dan terasa gatal berlebihan di vagina bersamaan dengan keputihan.
• Kencing dengan sensasi terbakar dapat dikaitkan dengan keputihan pada remaja.
• Munculnya bercak berwarna putih di bagian dalam pakaian dalam dapat terlihat pada aliran penyakit keputihan yang berat.

Seiring dengan gejala lain seperti ruam, rasa sakit pada otot betis yang merasakan kelemahan juga dapat terjadi pada wanita yang menderita penyakit keputihan.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Keputihan?

Tes atau pengujian sederhana dapat dilakukan dan melakukan pemeriksaan dapat memberikan hasil yang cepat untuk mengidentifikasi penyebabnya. Tes atau pengujian tambahan yang dilakukan untuk mengkonfirmasi atau mengindetifikasi penyebabnya. Penyebab yang jelas seperti benda asing atau reaksi alergi, dengan menggunakan kapas untuk mengambil sampel cairan dari vagian atau serviks (leher rahim).

Lalu melakukan pemeriksaan sampel dibawah mikroskop untuk memeriksa mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi jamur, Bacterial Vaginosis dan Trichomoniasis Vaginitis. Selain itu juga biasanya menganalisa sampel di laboratorium untuk menguji infeksi gonore (kencing nanah) dan klamidia (yang ditularkan secara seksual).

Penyakit Keputihan Pada Wanita01

Cara Menangani Penyakit Keputihan Pada Wanita

Dalam sebagian besar kasus, Leucorea tidak berbahaya dan tidak menunjukkan masalah. Kondisi ini terjadi pada wanita yang tidak hamil selama ovulasi. Kemungkinan juga adanya keputihan sebelum menstruasi pertama. Ketika cairannya keluar, usahakan tidak mengenakan pakaian yang ketat dan selalu menjaga kebersihan dan selalu mengeringkan area vagina.

Jika mengalami jenis keputihan yang tidak biasa selama kehamilan atau diwaktu lain, maka harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk melakukan pengobatan yang tepat. Pengobatan penyakit keputihan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.