Trikomoniasis Jadi Penyebab Keputihan Warna Hijau?

Jika Anda seorang wanita, kemungkinan besar akan mengalami keputihan, cairan seperti lendir yang keluar dari vagina tidak selalu putih, bagaimana dengan keputihan warna hijau?. Walaupun disebut keputihan, sekresi ini bisa menimbulkan warna bening, kuning, coklat dan kehijauan.

Tidak semua keputihan merupakan tanda dari hal yang negatif. Perlu Anda ketahui bahwa keputihan mempunyai 2 jenis yakni normal dan tidak normal. Anda sebagai wanita harus bisa membedakan kedua jenis keputihan ini, agar mengetahui kapan sekresi bisa dianggap wajar atau harus segera memperoleh penanganan.

Baca juga: APA PENYEBAB KEPUTIHAN YANG BERBAHAYA

Apakah Trikomoniasis Jadi Penyebab Keputihan Warna Hijau?

Keputihan normal mempunyai ciri dan warna bening, tidak kental atau menggumpal, tidak berbau, serta tidak akan disertai gejala lainnya seperti nyeri dan gatal. Produksi keputihan normal bervariasi, keluarnya dipengaruhi oleh perubahan hormone dalam tubuh, misalnya menjelang atau setelah menstruasi, ketika hamil, menjalankan kegiatan terlalu padat, stress, dan lain sebagainya.

Walaupun bening, sekresi normal mempunyai warna kuning ketika menempel di celana dalam. Keputihan normal pada umumnya dapat dikenali dari penampakan yang mempunyai warna tertentu sesuai dengan penyebabnya. Sekresi yang tidak normal dapat menimbulkan warna putih pekat seperti susu, kehijauan, kekuningan atau kecoklatan.

Keputihan yang abnormal bisa terjadi karena berbagai resiko dan penyakit tertentu, seperti adanya jamur, infeksi bakteri, dan parasit jenis lainnya. Selain mengalami perubahan warna, keputihan tidak normal juga sering disertai dengan berbagai gejala lainnya.

Gejala yang muncul pada umumnya berupa rasa gatal dan mengganggu, nyeri dan adanya sensasi panas pada area kewanitaan. Keputihan warna hijau yang muncul juga disertai dengan bau amis hingga busuk.

keputihan warna hijau

Keputihan Hijau Dan Cara Mengatasinya

Salah satu jenis keputihan yang perlu Anda perhatikan dengan baik yakni timbul dengan warna hijau. Ketika keputihan warna hijau, Anda harus waspada, karena bisa saja kalian mengalami infeksi trikomoniasis.

Trikomoniasis merupakan jenis infeksi yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis. Dari namanya saja, Anda bisa mengetahui bahwa parasite ini pada umumnya akan menyerang organ genital seorang wanita. Infeksi ini mudah ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, sehingga membuatnya masuk dalam salah satu penyakit menular seksual atau pms.

Keputihan berwarna hijau akibat infeksi parasit pada umumnya disertai dengan berbagai tanda lainnya, seperti timbulnya busa, menimbulkan bau tidak sedap, nyeri ketika buang air kecil atau berhubungan seksual, dan terasa gatal. Pada umumnya, tidak ada cara alami yang dianjurkan untuk mengatasi infeksi trikomoniasis tersebut.

Karena penyakit ini harus diobati dengan obat-obat yang spesifik dan dapat membunuh parasit trichomonas vaginalis. Tentunya dengan pemberian obat-obatan ini harus didahului dengan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menemukan diagnosis serta digunakan sesuai dengan ketentuan dan pengawasan dokter.

Cara alami hanya akan dianjurkan sebagai pencegahan untuk menjaga keadaan area kewanitaan agar tetap kering dan bersih. Beberapa metode yang bisa Anda jalankan untuk mencegah terjadinya infeksi dan membantu proses penyembuhan, diantaranya:

•Tidak menjalankan hubungan seksual tanpa pengaman atau berganti-ganti pasangan

•Membersihkan area genital dengan baik setelah buang air, dengan air mengalir dan membasuhkan dari depan ke belakang, agar kuman pada anus tidak terbawa ke depan.

•Jangan lupa untuk mengeringkan area kewanitaan dengan tisu kering atau handuk setelah buang air atau sebelum menggunakan pakaian dalam.

•Rajin dan rutin mengganti pakaian dalam yang bersih.

•Tidak menggunakan sabun untuk bersihkan area kewanitaan karena akan mengubah PH alami vagina

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut Anda bisa lakukan konsultasi di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai keputihan warna hijau, semoga bermanfaat.