Umumnya ini Penyebab Keputihan Berwarna Hijau

Sebenarnya hal yang normal, apabila organ intim mengeluarkan cairan yang berisikan campuran sel dan cairan tubuh, lalu bagaimana dengan keputihan berwarna hijau?. Ciri keputihan normal pada umumnya sangat bervariasi dari berbagai segi konsistensi maupun warna, tergantung dari tahapan siklus haid seorang wanita.

Namun terkadang muncul sekresi warna kehijauan, lalu kondisi ini bahayakah? Mari simak lebih lanjut, mengenai keputihan tidak normal yang disertai dengan aroma tidak sedap, nyeri, adanya iritasi, gatal, perih, hingga muncul bercak darah.

Kondisi ini pada umumnya menandakan adanya infeksi bakteri, peradangan bahkan penyakit menular seksual. Untuk lebih jelas mengenai penyebab serta bagaimana cara mengatasi keputihan dengan warna hijau, simak ulasan kami dibawah ini.

Baca juga: INILAH BEBERAPA OBAT KEPUTIHAN KARENA JAMUR YANG EFEKTIF

Apa Penyebab Keputihan Berwarna Hijau

1.Trikomoniasis

Penyebab paling umum keputihan berwarna hijau yakni karena penyakit menular seksual jenis trikomoniasis. Infeksi ini disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis yang mudah menular melalui hubungan seksual. Dibanding infeksi lainnya, trikomoniasis mungkin jarang terjadi, belum lagi sebagian besar pengidapnya tidak akan mengalami gejala apapun. Namun jika ada tanda yang dirasakan, maka biasanya muncul kurang lebih 28 hari.

2.Infeksi bakteri

Sistem reproduksi wanita mempunyai struktur yang terbuka melalui vagina, sehingga menjadi rawan terserang infeksi. Tidak hanya dari organisme bagian luar saja, namun dalam vagina itu sendiri. Bakteri dalam organ genital misalnya, jika jumlahnya berkembang dari jumlah normal, hal ini dapat memicu infeksi hingga keluar cairan tidak normal.

Salah satu contohnya yakni bakteri penyebab klamidia, vaginosis bakterialis, dan gonore. Berbeda dengan penyakit klamidia dan gonore, vaginosis bukan penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan karena ketidakseimbangan jumlah bakteri di area genital. Penyebabnya bukan karena minimnya kebersihan.

Sebaliknya, terlalu berlebihan bersihkan vagina justru bisa meningkatkan resiko berkembangnya bakteri. Gejala vaginosis diantaranya vagina terasa perih dan gatal, serta keluarnya sekresi tidak normal disertai bau tidak sedap atau bercak darah. Sama seperti trikomoniasis, infeksi ini bisa diatasi hanya dengan antibiotic saja.

keputihan berwarna hijau

3.Infeksi saluran kencing

Lain halnya jika keputihan berwarna hijau dialami wanita hamil, penyebab bisa jadi karena infeksi saluran kencing. Kondisi tersebut tergolong wajar dalam masa kehamilan. Alasannya karena ketika ukuran rahim membesar, maka akan halangi aliran urin. Akibatnya kandung kemih sering dipenuhi urin, sehingga menyebabkan timing buang air kecil lebih meningkat.

Nah apabila seseorang sampai menahan kencing, hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Menahan kencing akan membuat sejumlah bakteri di saluran kencing meningkat dan memicu terjadinya peradangan atau infeksi.

Ibu hamil yang mengalami keputihan berwarna hijau tentu harus periksakan kondisi ke dokter, guna memastikan bahwa penyebabnya bukan penyakit menular seksual. Perlu diketahui bahwa jika seorang ibu menderita infeksi menular seksual, maka bisa membahayakan janin.

Namun jika diagnosa dokter merupakan infeksi saluran kencing, maka bisa diatasi dengan mudah hanya dengan antibiotic. Sayangnya karena ada banyak pantangan ketika hamil, maka solusi ini mungkin harus Anda diskusikan lebih lanjut dengan dokter.

4.Infeksi jamur

Sama halnya dengan bakteri, jika jumlah jamur dalam vagina terganggu keseimbangannya, ini akan berpotensi menyebabkan infeksi disertai rasa gatal dan keluarnya cairan tidak normal, salah satunya keputihan berwarna hijau.

5.Produk tertentu

Penyebab keputihan berwarna hijau berikutnya yakni menggunakan produk yang masuk atau mengenai vagina. Salah satu contoh nyata tampon, jika dibiarkan berada dalam vagina terlalu lama, seringkali membuat cairan organ intim menjadi tidak normal.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala tidak nyaman lakukan konsultasi sekarang di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan reservasi bersama kami di 081233881616. Demikian mengenai keputihan berwarna hijau, semoga bermanfaat.