Wanita Mengalami Keputihan Berwarna Kuning Apa Berbahaya?

Keputihan berwarna kuning biasanya sangat terang dan lebih normal. Terkadang warnanya kuning dan pucat hingga lebih kehijauan. Terjadinya keputihan berwarna kuning atau kehijauan biasanya dilihat dari pola makan atau suplemen apapun yang kemungkinan dikonsumsi. Warna ini biasanya merupakan tanda infeksi. Perubahan warna ini terjadi setiap kali mengkonsumsi vitamin baru atau makanan tertentu.

Apa Itu Keputihan?

Keputihan berwarna kuning biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan ini biasanya sejumlah kecil darah yang bercampur dengan cairan serviks (leher rahim) atau hasil dari fluktuasi yang kecil dalam keseimbangan hormon. Jika melihat adanya keputihan saat menyeka atau saat memakai pakaian dalam, kondisi itu harus diperhatikan.

Dalam beberapa kasus bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius yang kemungkinan memerlukan pengobatan medis. Konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan jika khawatir mengenai kelainan pada keputihan yang dialami. Keputihan yang tidak normal (abnormal) adalah salah 1 gejala yang paling umum dari penyakit menular seksual (PMS) dan bisa menjadi tanda atau gejala dari sejumlah kondisi berbeda.

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Berwarna Kuning?

Penyebab keputihan ini dapat meliputi:

• Sebelum menstruasi terjadi.
• Siklus menstruasi yang pendek.
• Vaginosis bakteri.
• Perubahan obat-obatan yang dikonsumsi.
• Penyakit radang panggul (PID).
• Trikomoniasis.

Keputihan Berwarna Kuning Dan Gejala Lainnya

Beberapa gejala pada keputihan dapat meliputi:

• Terasa gatal atau adanya ruam di sekitar vagina.
• Terasa nyeri atau ketidaknyamanan saat kencing.
• Perdarahan antar periode.

Nyeri panggul (pelvic) juga dapat terjadi akan tetapi tidak seperti biasanya. Meskipun trikomoniasis tidak memiliki gejala, namun akan tetapi berisiko pada kesehatan. Trikomoniasis dapat berisiko lebih tinggi tertular penyakit menular seksual (PMS) yang lebih serius seperti HIV. Wanita hamil yang terinfeksi trikomoniasis memiliki peningkatan risiko persalinan dini dan bayi yang baru lahir kemungkinan memiliki berat badan lahir yang rendah.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Keputihan Ini?

Konsultasikan dengan dokter jika mengalami ketidaknyamanan apapun disamping debit abnormal (tidak normal). Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter jika mengalami:

• Nyeri di panggul (pelvic) dan perut bagian bawah.
• Keputihan yang berbau busuk.
• Perdarahan abnormal (tidak normal) atau menstruasi yang luar biasa berat.
• Terasa nyeri atau perdarahan saat berhubungan seksual.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Demam atau menggigil.
• Riwayat mengenai hubungan seksual tanpa kondom.
• Pada ibu yang sedang hamil atau yang sedang program hamil.

Setelah mengetahui penyebab kondisi ini, maka sangat penting untuk mengobatinya dengan dokter. Jika memiliki keraguan mengenai pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter, maka dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu dan melakukan pemeriksaan serta menjalani tes atau pengujian sesuai petunjuknya. Gejala tambahannya tidak muncul, tidak berarti tidak adanya PMS. Jika mencurigai mengidap PMS, maka harus mempertimbangkan tes atau pengujian PMS karena dapat menguji jenis-jenis PMS yang paling umum.

Keputihan Berwarna Kuning01

Cara Mengobati Keputihan Berwarna Kuning

Keputihan adalah campuran dari sekresi vagina dan cairan serviks (leher rahim) yang bervariasi dalam warna dan tekstur saat kadar hormon estrogen naik dan turun sepanjang siklus menstruasi. Keputihan ini dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, beberapa normal dan yang lainnya memerlukan pengobatan medis.

Keputihan sering disebabkan oleh pencampuran darah menstruasi dengan keputihan normal sebelum atau setelah menstruasi, akan tetapi juga bisa menjadi tanda ketidakseimbangan hormon atau infeksi. Kemunculan debit bukan merupakan penyebab secara langsung. Kondisi ini adalah gejala yang menyertai indikasi terbaik dan menjadi penyebab kekhawatiran.

Untuk pengobatan keputihan ini ada baiknya lakukan di Klinik Apollo. Karena dokter di Klinik Apollo menangani keputihan dan penyakit ginekologi lainnya. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan menggunakan layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir, biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau.