Gejala Dari Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin yakni munculnya benjolan daging kecil di area vagina dan anus akibat infeksi menular seksual. Pada umumnya hal tersebut dikarenakan oleh bakteri jenis Human papillomavirus. Hpv merupakan penyebab paling umum dari semua jenis infeksi menular seksual. Kalangan wanita dan pria yang aktif secara seksual memang rentan terhadap komplikasi HPV, termasuk kutil kelamin.

Jadi kutil kelamin bisa menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin jika kutil kelamin menjadi pemicu kanker serviks atau vulva. Perawatan yang intensif merupakan metode terbaik untuk mengatasi masalah infeksi pada kelamin jenis ini.

Baca juga: PENYEBAB DAN FAKTOR KUTIL KELAMIN PADA WANITA

Bagaimana Gejala Dari Penyakit Kutil Kelamin

Gejala kutil kelamin terkadang tidak bisa Anda rasakan secara langsung. Bisa jadi bentuk kutil kelamin muncul sangat kecil dengan warna senada dengan kulit atau berwarna lebih gelap. Bagian atas dari kutil berbentuk seperti kembang kol atau bergelombang ketika disentuh. Munculnya kutil kelamin bisa tumbuh satu persatu atau bergerombol.

Kutil kelamin bisa ditularkan melalui hubungan seksual seperti anal, vaginal, dan oral. Kutil kelamin bisa muncul di bagian paha, selangkangan, skrotum, anus, penis, bibir, dan tenggorokan. Bahkan saat Anda tidak bisa melihat kutil kelamin secara langsung, akan ada sensasi seperti rasa panas, pendarahan, dan timbulnya keputihan berlebihan.

Semua kalangan yang aktif berhubungan seksual berkemungkinan mengidap kutil kelamin, namun ada beberapa spesifikasi tertentu yang akan membuat Anda lebih mudah terserang infeksi kutil kelamin seperti kalangan dengan usia dibawah 30 tahun, mengidap penyakit kelamin sebelumnya, berbagai pakaian atau handuk bersama, anak dengan ibu yang mempunyai virus yang sama.

kutil kelamin

Skema organ genital kalangan wanita memungkinkan kutil kelamin timbul di bagian vagina, sehingga sulit untuk melihatnya secara kasat mata. Jika Anda merasakan benjolan kecil yang mengganjal pada area vital, tidak ada tindakan lebih membantu selain melakukan pemeriksaan secepatnya.

Tindakan yang biasanya dilakukan dokter yakni pemeriksaan panggul melalui larutan asam ringan yang akan membuat kutil bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan menggunakan pap smear yang melibatkan sel-sel yang ada, dari leher untuk di uji, apakah terdapat virus HPV atau sebaliknya.

Bagaimana Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin

Wanita yang sudah didiagnosa mengidap penyakit kutil kelamin disarankan untuk melakukan pap smear sampai 6 bulan sekali selama perawatan tersebut berlangsung. Pemeriksaan intens tersebut memungkinkan dokter membantu setiap perubahan pada serviks, sehingga bisa mencegah berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi setiap waktu.

Selain berhubungan seksual secara sehat, cara mencegah Hpv yakni dengan pemberian vaksin Hpv. Selain itu, untuk mengurangi penyebaran kutil kelamin yang semakin luas, jangan mencukur pubis saat Anda mengidap penyakit kutil tersebut.

Walaupun penyakit ini berisiko menyerang kalangan wanita, bukan berarti minim terjadi pada pria. Penyebaran kutil kelamin bisa berakibat fatal jika pria tidak peduli dengan kondisi penisnya. Bagian bawah penis merupakan area yang jarang diperhatikan untuk kemunculan kutil kelamin.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai kutil kelamin serta penyebab yang mendasarinya, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik dan memuaskan. Kami merupakan sebuah klinik yang mengatasi berbagai masalah seperti ginekologi, infeksi menular seksual, dan andrologi. Dokter yang bekerjasama dengan kami sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Lakukan reservasi dengan mudah melalui 081233881616. Sekian kami ulas artikel mengenai kutil kelamin, semoga bermanfaat.