Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jengger Ayam Wanita

Penyakit jengger ayam wanita atau kutil kelamin adalah penyakit umum yang disebabkan oleh tipe virus tertentu. Penyakit jengger ayam wanita bisa sangat menyebalkan, akan tetapi bisa diobati dan tidak berbahaya. Virus ini ditularkan melalui kontak kulit dan biasanya kutil kelamin ke kontak kulit. Tidak hanya berupa seks penetrasi (seperti seks vaginal, seks anal atau seks oral), akan tetapi bisa merupakan kontak genital yang dekat. Kondisi ini sangat umum pada orang-orang yang aktif secara seksual untuk melakukan kontak dengan virus.

Apa Itu Penyakit Jengger Ayam?

Penyakit jengger ayam wanita adalah kutil di area genital yang disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11 adalah tipe yang biasanya dapat menyebabkan kutil kelamin. Penyakit jengger ayam wanita mirip dengan kutil yang bisa didapat pada bagian lain dari tubuh. Kutil ini biasanya tidak menyakitkan dan tidak berbahaya.

Penyakit jengger ayam terkadang bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan akan tetapi dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan kanker terutama kanker dubur, kanker tenggorokan dan kanker serviks (leher rahim). Jenis-jenis virus yang menyebabkan penyakit jengger ayam tidak dapat menyebabkan kanker. Jika memiliki penyakit jengger ayam, biasanya dokter menyarankan untuk melakukan tes atau pengujian secara rutin untuk semua infeksi menular seksual (IMS) termasuk klamidia, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan HIV.

Ketahui Penyebab Utama Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam wanita muncul pada kulit di sekitar alat kelamin dan anus. Biasanya disebabkan oleh beberapa jenis Human Papilloma Virus (HPV). Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker, akan tetapi bukan jenis yang sama yang menyebabkan kutil kelamin. HPV bisa menjadi penyakit kelamin yang sangat rumit untuk dipahami.

Penyakit ini adalah PMS yang paling umum akan tetapi sebagian besar dapat hilang dengan sendirinya. Terkadang beberapa jenis berisiko tinggi. HPV dapat berkembang menjadi kanker jika tidak segera ditangani. Jenis HPV berisiko rendah lainnya dapat menyebabkan kutil pada vulva, vagina, serviks (leher rahim), dubur dan anus. Penyakit jengger ayam sangat umum dan pada kebanyakan orang tertular setiap tahunnya.

Tanda-Tanda Penyakit Jengger Ayam Wanita

Sebagian besar orang dengan HPV tidak memiliki gejala apapun dan tidak mengetahui saat terinfeksi. Jika terinfeksi kutil kelamin, biasanya berupa benjolan berwarna seperti kulit pada kulit di area mana saja pada genital atau anal. Kemungkinan juga muncul selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah kontak dengan virus. Beberapa tanda-tandanya meliputi:

• Kutil kelamin muncul seperti terangkat, benjolan berwarna daging.
• Kutil kemungkinan memiliki penampilan bergelombang (seperti bunga kol).
• Pada kebanyakan wanita dengan kutil kelamin tidak memiliki gejala, akan tetapi terkadang dapat terjadi di area kutil termasuk rasa gatal dan seperti terbakar.
• Ukuran kutil dapat bervariasi dan beberapa kutil dapat muncul pada saat yang sama.
• Kutil dapat muncul dimana saja pada permukaan tubuh yang terpapar dalam kontak seksual termasuk vulva, vagina, serviks (leher rahim) atau selangkangan pada wanita.

Wanita yang memiliki kutil kelamin di dalam vagina kemungkinan mengalami gejala seperti perdarahan setelah berhubungan seksual atau adanya keputihan yang tidak normal (abnormal). Perdarahan atau obstruksi urine dapat terjadi jika kutil melibatkan pembukaan uretra.

Penyakit Jengger Ayam Dan Cara Mendiagnosisnya

Kutil kelamin didiagnosis oleh dokter dengan melakukan pemeriksaan area yang terkena. Dokter mendiagnosis penyakit jengger ayam ini dengan melihatnya dan menanyakan mengenai gejala yang dialami serta pasangan seksualnya. Selain itu melihat bejolan di sekitar alat kelamin dan anus. Kemungkinan di dalam vagina juga, anus atau uretra (aliran kencing) tergantung kutil berada.

Penyakit Jengger Ayam Wanita02

Bagaimana Mengobati Penyakit Jengger Ayam?

Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit jengger ayam wanita atau infeksi HPV ini. Salah 1 pengobatannya adalah dengan menghilangkan luka yang disebabkan oleh virus. Terkadang kutil kelamin hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan akan tetapi pada kebanyakan orang lebih memilih melakukan pengobatan. Pengobatan kemungkinan membutuhkan beberapa minggu atau beberapa bulan efektif. Terkadang kutil dapat kambuh kembali jika tidak bisa mencegahnya. Pengobatannya termasuk:

• Cryotherapy (pembekuan kutil).
• Pembedahan jika kutilnya parah dan tidak menanggapi pada pengobatan lain.

Pengobatan penyakit jengger ayam ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik yang menangani permasalahan penyakit menular lainnya. Ditangani langsung oleh dokter dan dibantu peralatan medis yang canggih dan modern. Biaya yang dikeluarkan juga sangat terjangkau. Hubungi kami di 081233881616 untuk info lebih jelas.