Kenali Penyebab Kutil Kelamin Dengan Jelas

Kutil kelamin adalah pertumbuhan yang kecil atau benjolan yang muncul di sekitar area genital atau area anal. Penyebab kutil kelamin adalah virus. Kutil kelamin adalah jenis ke 2 yang paling umum dari infeksi menular seksual (IMS) setelah klamidia dan sangat rentan pada seseorang dengan usia dibawah 25 tahun.

Kutil kelamin tampak tumbuh seperti berkelompok atau sebagai beberapa luka yang kecil yang terangkat, akan tetapi penampilannya sangat bervariasi. Kutil bisa berwarna seperti daging, terlihat terang seperti mutiara atau berwarna ungu tua, abu-abu atau coklat. Kemungkinan pertumbuhannya ada banyak atau hanya pertumbuhan tunggal.

Apa Itu Kutil Kelamin?

Kutil kelamin muncul sebagai pertumbuhan atau benjolan. Kutil kelamin dapat terlihat terangkat atau terlihat rata, tumbuh secara tunggal atau ganda, berukuran kecil atau besar. Kutil kelamin cenderung berwarna seperti daging atau berwarna putih dalam penampilannya. Rasa gatal, terasa seperti terbakar atau rasa sakit bukan penyebab kutil kelamin.

Namun, sebagian besar infeksi virus tidak akan menjadi penyebab kutil kelamin yang terlihat dan pada kebanyakan orang tidak akan mengetahui saat memiliki virusnya. Kutil kelamin adalah salah 1 IMS yang paling umum dan disebabkan oleh beberapa jenis virus. Kutil kelamin juga dikenal sebagai Condyloma Acuminata yaitu luka yang mucul pada kulit dan selaput lendir setelah infeksi dengan beberapa jenis virus yang ditularkan melalui kontak selama aktifitas seksual.

Kutil kelamin kemungkinan sangat kecil dan sulit dilihat. Kutil kelamin bisa berupa benjolan yang bulat. Bisa juga terasa halus atau kasar. Kutil dapat bersembunyi di rambut atau di lipatan kulit. Kutil kelamin umumnya tidak menimbulkan rasa sakit akan tetapi kemungkinan mengalamirasa gatal atau iritasi.

Penyebab Kutil Kelamin Secara Jelas

Penyebab kutil kelamin adalah virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV) yaitu salah 1 virus yang paling umum. Penyebab kutil kelamin ada lebih dari 100 jenis HPV. Penyebab kutil kelamin lebih dari 40 jenis dapat menginfeksi area genital, mulut atau tenggorokan. Cara paling umum untuk HPV menular adalah melalui kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki virus.

Dan yang paling umum, kontak tubuh yang dekat adalah bagian dari aktifitas seksual seperti seks vaginal atau seks anal, kontak genital ke genital non penetrasi, berbagi mainan seks (seks toys) dan seks oral (namun jarang). HPV tidak ditularkan melalui berciuman, berpelukan atau berbagi handuk dan pakaian atau melalui peralatan makan atau kursi toilet. Kondom dapat membantu melindungi dari penularan HPV akan tetapi virus kemungkinan masih ditularkan oleh area genital di sekitarnya yang bersentuhan.

Tanda Gejala Kutil Kelamin Secara Umum

Pada kebanyakan orang dengan HPV tidak memiliki tanda-tanda atau gejala infeksi. Ketika seseorang memiliki tanda-tanda infeksi, maka dapat termasuk:

• Benjolan muncul dalam 1 bulan hingga 3 bulan setelah seseorang terpapar, akan tetapi kemungkinan membutuhkan waktu yang lebih lama.
• Muncul sebagai benjolan berwarna merah yang kecil dan kemungkinan tumbuh lebih besar.
• Dapat muncul di area tubuh yang lembab termasuk vagina atau vulva, penis dan anus.
• Tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi jika kutil terluka, kemungkinan terasa sakit atau lunak saat disentuh.

Terkadang virus adalah penyebab kutil kelamkn dengan cairan yang tidak biasa (keputihan) dari vagina atau vulva yang terasa gatal. Vulva adalah bagian luar alat kelamin wanita. Sebagian besar seseorang yang memiliki infeksi HPV tidak memiliki gejala yang terlihat dan bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum kutil kelamin muncul. Jika kutil muncul, biasanya muncul secara tunggal atau dalam kelompok seperti bunga kol. Kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit akan tetapi pada beberapa orang bisa merasa gatal dan dapat meradang yang mana penyebab kutil kelamin dengan sedikit perdarahan. Area paling umum untuk muncul, meliputi:

• Di sekitar pembukaan vagina (vulva).
• Di sekitar serviks (leher rahim).
• Di dalam vagina.
• Di sekitar atau dalam anus.
• Di paha atas.
• Di mana saja di penis.
• Di atas skrotum.
• Di dalam uretra pada pria.

Kutil Kelamin Dan Cara Mendiagnosisnya

Jika mencuriga memiliki kutil kelamin atau jika pasangan seksual memilikinya, maka harus mengkonsultasikan dan melakukan pemeriksaan dengan dokter. Tidak ada tes atau pengujian untuk kutil kelamin akan tetapi mudah untuk mendiagnosis dengan memeriksa area tersebut. Dalam beberapa kasus, dokter kemungkinan melakukan pemeriksaan yang lebih rinci untuk melihat adanya kutil di dalam vagina atau di anus.

Penyebab Kutil Kelamin02

Cara Tepat Melakukan Pengobatan Untuk Kutil Kelamin

Pengobatan dilakukan pada kutil yang terlihat. Pengobatan utama untuk kutil kelamin dengan menghancurkan jaringan kutil dengan membekukan, memanaskan atau menghilangkannya. Jenis pengobatan tergantung pada kutil. Pada sebagian orang membutuhkan waktu berbulan-bulan agar pengobatannya berhasil dan kutilnya menghilang.

Konsultasikan dengan dokter jika sedang hamil atau jika adanya risiko kehamilan karena pengobatan dapat berpengaruh. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual hingga kutilnya telah sembuh sepenuhnya. Pengobatan tidak hanya membantu memastikan penyebarannya atau penularannya pada orang lain akan tetapi juga dapat membantu pemilihan lebih cepat.

Seiring waktu, kutil kelamin akan hilang tanpa pengobatan akan tetapi jika tidak diobati, kutil juga dapat tumbuh lebih besar atau berlipat ganda. Kutil tidak berbahaya bagi kesehatan akan tetapi kutil kelamin dapat terlihat tidak menyenangkan dan dapat menjadi peneybab kutil kelamin seperti ketidaknyamanan. Kutil kelamin dapat menghilang dengan sendirinya, akan tetapi beberapa kasus memerlukan pengobatan.

Ada beberapa opsi pengobatan. Pengobatan topikal yang diterapkan membutuhkan aplikasi berulang. Pemilihan pengobatan lain termasuk pembekuan, pembakaran, laser atau memotong kutil. Kutil terkadang muncul kembali setelah pengobatan dan perlu diobati lagi. Menghilangkan kutil tidak akan membasmi infeksi HPV. Penderita kutil kelamin juga harus diskrining untuk IMS lain dan tes pap smear.

Pengobatan kutil kelamin berdasarkan penyebab kutil kelamin itu sendiri. Pengobatannya bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor kontak 081233881616 atau seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Tidak hanya itu biayanya juga sangat terjangkau.