Kondiloma Adalah Kutil Genitalis Yang Sangat Menular

Kondiloma adalah kutil kelamin. Kutil kelamin adalah pertumbuhan yang lembut, pertumbuhan non kanker yang dapat terbentuk pada kulit di bagian luar atau di dalam vagina atau anus dan di dalam serviks (leher rahim). Serviks (leher rahim) adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Dalam beberapa kasus penyakit ini juga dapat ditemukan di bibir, dimulut, di lidah dan di tenggorokan.

Apa Itu Kondiloma?

Kondiloma genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus yang dapat menyebabkan kutil dan kondisi lainnya. Kutil kelamin cenderung sangat kecil dan sulit untuk diperhatikan. Virus ini tumbuh di penis, di sekitar dubur, di vagina atau di serviks (leher rahim) yaitu bagian antara vagina dan rahim, atau kutil ini juga dapat berkembang di tenggorokan. Jika tidak segera diobati, jenis virus tertentu dapat menyebabkan perubahan sel yang menyebabkan kanker. Kutil kelamin juga dapat ditularkan ke bayi yang lahir melalui vagina. Dokter dapat merekomendasikan operasi caesar atau pengobatan khusus untuk bayi.

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Ini?

kondiloma atau kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yaitu salah 1 infeksi menular seksual (IMS) yangpaling umum. Sementara kutil kelamin pada orang dewasa biasanya disebarkan atau ditularkan melalui kontak seksual, pada anak-anak juga dapat ditularkan melalui cara nonseksual, seperti dari ibu hamil yang terinfeksi pada bayinya atau melalui kontak secara langsung.

Namun, jika seorang anak memiliki kutil kelamin ada kemungkinan akibat dari pelecehan seksual atau dari aktifitas seksual awal dan lainnya. Penyakit ini sangat menular, bahkan jika tidak ada kutil yang terlihat. Masa inkubasi kemungkinan beberapa minggu atau beberapa bulan. Meskipun kutil kelamin disebabkan oleh HPV, pada kebanyakan orang yang terinfeksi virusnya daripada kutilnya.

HPV adalah Papilloma Virus yang mengandung DNA beruntai ganda. Ini adalah bentuk yang sama dengan virus herpes. Tampaknya tidak ditularkan melalui darah. Karena beberapa penyakit ini menghilang secara spontan, seperti halnya beberapa kutil pada tubuh yang umum. Peran besar dalam infeksi dimainkan oleh imunitas yang dimediasi sel penderita secara per orangan. Sebagian wanita yang memiliki HPV serviks (leher rahim) seperti yang didiagnosis oleh Pap smear, akan terus mengembangkan Displasia Serviks (leher rahim). Dan beberapa bentuk Displasia dan kanker serviks disebabkan oleh HPV.

Ketahui Gejala-Gejala Pada Kondiloma

Gejala kondiloma kemungkinan termasuk:

• Bercak kecil berwarna kulit atau abu-abu di area genital yang terangkat atau rata.
• Beberapa kutil saling berdekatan yang berbentuk seperti bunga kol.
• Terasa gatal atau ketidaknyamanan di area genital.
• Peningkatan keputihan.
• Pendarahan saat atau setelah berhubungan seksual.

Seseorang dapat terinfeksi HPV dan tidak memiliki kutil yang terlihat sama sekali. Salah 1 gejala kutil kelamin adalah luka yang kecil, datar atau sedikit meningkat. Kutil dapat membentuk kelompok yang berbentuk seperti bunga kol, Kutil dapat menyebabkan luka di:

• Di dalam vagina.
• Di vulva.
• Di serviks (leher rahim).
• Di ujung penis.
• Di atas skrotum.
• Di anus.
• Di tenggorokan.

Terkadang kutil disertai dengan rasa gatal atau ketidaknyamanan di area genital atau perdarahan saat berhubungan seksual. Komplikasi kutil kelamin dapat meliputi:

• Kanker serviks (leher rahim).
• Kanker dubur.
• Kanker vulva.
• Kanker penis.
• Kanker mulut dan kanker tenggorokan.
• Kesulitan kencing terutama selama kehamilan.
• Perdarahan saat persalinan.
• Kutil di tenggoroka bayi, dan terkadang membutuhkan operasi untuk membersihkan jalan napas.

Apakah Penyakit Ini Harus Didiagnosis?

Diagnosis biasanya dilakukan melalui pemeriksaan fisik pada area genital. Tes atau pengujian Pengujian tambahan dapat mencakup:

• Pemeriksaan pangul (pelvic).
• Kolposkopi atau pemeriksaan pemeriksaan menggunakan Colposcope untuk menemukan kutil yang tidak dapat dilihat dengan pandangan mata atau untuk melihat ke dalam vagina dan pada serviks (leher rahim).
• Tes atau pengujian HPV untuk mencari tipe HPV risiko tinggi yang diketahui menyebabkan kanker serviks (leher rahim).
• Sampel jaringan biopsi dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop.

Tes atau pengujian untuk infeksi manular seksual (PMS) juga harus dilakukan.

Kondiloma02

Penanganan Untuk Kondiloma Menular

Pengobatan tergantung pada masing-masing penderitanya dan gejalanya. Seringkali kutil akan hilang setelah melakukan pengobatan. Pengobatannya dapat meliputi:

• Pengobatan dengan resep.
• Cryotherapy yaitu dengan Membekukan kutil.
• Pengobaran laser.
• Elektrodeskasi yaitu untuk menghancurkan kutil.
• Operasi pengangkatan kutil.

Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinilk Apollo. Karena banyaknya rekomen dari penderitanya melalukan pengobatan di Klinik Apollo. Untuk info lanjut hubung kami di 081233881616 atau biasa juga dengan melakukan konsultasi online dengan baik. Selalu percayakan pengobatan Anda di Klinik Apollo. Selain biayanya yang sangat terjangkau, pelayanannya juga sangat baik.