Kondiloma Akuminata Dapat Menyerang Melalui Apa Saja?

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah pertumbuhan yang lembut pada kulit dan pada selaput lendir alat kelamin. Kutil ini dapat ditemukan pada penis, pada vulva, pada uretra, pada vagina, pada serviks (leher rahim) dan disekitar anus. Kutil kelamin tersebar melalui kontak seksual. Kutil kelamin adalah pertumbuhan di area genital.

Kondiloma akuminata adalah penyakit menular seksual (PMS) atau penyakit kelamin. PMS adalah penyakit yang bisa didapatkan dari melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut. Penularan PMS bisa terjadi dari hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral. Kutil kelamin adalah pertumbuhan di area genital.

Kutil dapat terlihat seperti benjolan yang kecil berwarna seperti kulit atau seperti kelompok yang berbentuk seperti bunga kol. Kutil kelamin tidak selalu mudah dilihat. Kutil kelamin disebabkan oleh virus. Beberapa jenis virus termasuk kutil kelamin dapat meningkatkan risiko kanker serviks (leher rahim). Sebagian orang dewasa yang aktif secara seksual memiliki kutil kelamin. Pada kebanyakan orang terinfeksi kutil kelamin setiap tahunnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kondiloma Akuminata?

Kondiloma akuminata adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus. Kutil biasanya muncul sebagai benjolan yang kecil atau sekelompok benjolan di area genital. Kutil berwarna seperti daging dan bisa datar atau terlihat bergelombang seperti bunga kol. Beberapa kutil kelamin sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat.

Pada wanita, kutil biasanya muncul di dalam atau di sekitar vagina, di servik (leher rahim) atau di sekitar anus. Pada pria, kutil kelamin tidak umum terjadi. Seorang pria kemungkinan memiliki kutil di ujung penis, di sekitar anus atau di skrotum, di paha atau di selangkangannya. Penularan kutil kelamin terjadi pada saat melakukan seks oral, seks vaginal atau seks anal dengan pasangan seksual yang terinfeksi.

Penggunaan kondom lateks yang benar dapat mengurangi penularan, akan tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan infeksinya, berisiko terkena atau menyebarkan dan menularkan virus. Cara yang paling dapat diandalkan untuk menghindari infeksi adalah tidak melakukan seks anal, seks vaginal, atau seks oral.

Vaksin untuk virus dapat membantu mencegah beberapa infeksi virus yang menyebabkan kutil kelamin. Dokter biasanya mendiagnosis kutil kelamin dengan cara melihatnya. Kutil kemungkinan hilang dengan sendirinya. Jika tidak hilang, dokter dapat mengobati dan menghilangkannya. Namun virus akan tetap berada di tubuh bahkan setelah pengobatan, sehingga kutil kambuh atau muncul kembali.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Kondiloma akuminata merupakan PMS yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). HPV juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker. Akan tetapi jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin biasanya tidak menyebabkan kanker. HPV memiliki lebih dari 100 jenis berbeda. Tipe 6 dan tipe 11 dapat menyebabkan kutil kelamin dan dianggap berisiko rendah karena sangat jarang menyebabkan kanker genital atau kanker anal.

Di sisi lain, tipe 16 dan tipe 18 dianggap berisiko tinggi karena menyebabkan kutil kelamin, tipe-tipe ini dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) atau kanker dubur. HPV disebarkan atau ditularkan melalui kontak kulit ke kulit selama aktifitas seksual. Tidak hanya dari melakukan hubungan seks vaginal atau seks anal untuk menyebarkan atau menularkan infeksinya. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak memiliki gejala. Seseorang yang mengembangkan kutil kelamin, ada banyak pemilihan pengobatan yang diterap pada kutil yang terlihat. Namun tidak ada pengobatan untuk virusnya.

Tanda-Tanda Kondiloma Akuminata Secara Umum

Kondiloma akuminata muncul sebagai benjolan yang bundar berwarna kulit dengan berbagai ukuran. Kutil ini bisa halus dan rata atau seperti bunga kol. Kutil dapat dilihat pada labia, vagina, penis, skrotum, anus, kulit di sekitar anus dan uretra. Kutil biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, kutil dapat berdarah dan menjadi menyakitkan saat berhubungan seksual jika terletak di dalam vagina.

Jika kutil berkembang, biasanya muncul dalam beberapa bulan. Akan tetapi terkadang muncul selama bertahun-tahun kemudian. Kutil dapat berada didekat vulva, vagina, serviks (leher rahim) atau anus pada wanita. Dan pada penis, skrotum atau anus pada pria. Kutil dapat terlihat bergelombang atau datar, kecil atau besar. Terkadang dikelompokkan bersama dalam bentuk seperti bung kol. Beberapa kutil bisa sangat kecil dan rata sehingga tidak diketahui keberadaannya. Sebagian besar, kutil kelamin tidak menyakitkan. Namun, beberapa orang kemungkinan merasa gatal, berdarah, terbakar, atau sakit.

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Dokter biasanya dapat mendiagnosis kondiloma akuminata dengan melihatnya. Terkadang dengan mengambil sampel kecil kutil untuk dianalisis ke laboratorium untuk dilakukan tes atau pengujian. Dan ini tidak menyakitkan. Pemeriksaan fisik akan dilakukan untuk menentukan diagnosis kutil kelamin. Kutil atau luka pada alat kelamin berbentuk seperti unga kol dan umumnya berjejer mulai dari arah anus.

Ukuran luka beragam, mulai dari yang hampir tak terlihat hingga dengan ukuran yang besar seperti bunga kol. Luka yang muncul dapat berjumlah tunggal maupun berkelompok. Selain pemeriksaan fisik dilakukan juga anoskopi dan Proctosigmoidoscopy karena sebagian besar kasus kutil kelamin menyebar atau menular ke arah dalam. Warna luka umumnya merah muda atau putih. Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan mikroskopis untuk melihat karakteristik luka.

Kondiloma Akuminata01

Cara Tepat Mengatasi Kondiloma Akuminata

Pengobatan untuk menghilangkan kutil kelamin dapat meliputi:

• Pengobatan yang diletakkan ke dalam kutil.
• Kutil kelamin yang di laser, dibekukan atau dibakar.
• Operasi atau pembedahan.

Terkadang, kutil muncul atau kambuh kembali setelah pengobatan. Ini karena pengobatan tidak dapat menghilangkan semua HPV dalam tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir, kini pengobatan kutil kelamin bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik yang sangat ampuh dalam menangani permasalahan kutil kelamin. Dengan cara menghubungi di kontak nomor 081233881616 atau dibawah ini.