Mengapa kutil kemaluan wanita kembali lagi?

Banyak kasus yang mengatakan bahwa pasien yang sudah menjalankan pengobatan kutil kemaluan wanita melaporkan kembalinya infeksi tersebut. Pada umumnya, penyakit kembali setelah dua sampai tiga bulan pengobatan atau dalam beberapa masalah akan kembali setelah satu tahun pengobatan. Mengapa bisa demikian?

Baca juga: KENALI PENYEBAB KUTIL KELAMIN DENGAN JELAS

Apa Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kemaluan wanita merupakan penyakit infeksi menular seksual yang menimbulkan benjolan kecil berwarna seperti kulit atau kemerahan yang tumbuh disekitar kelamin. Biasanya penyakit ini muncul akibat sebuah infeksi bakteri jenis human papillomavirus atau HPV tipe 6 dan 11. HPV sendiri merupakan sebuah virus yang menyebabkan penyakit kutil kemaluan wanita dan beberapa jenis kanker.

Pada umumnya virus ini ditularkan melalui hubungan seksual seperti vagina, oral atau anal. Terkadang, HPV akan menular ketika seorang ibu yang terinfeksi HPV melahirkan bayinya. Virus ini pada umumnya akan menyebabkan infeksi kelamin atau sistem pernafasan pada bayi.

Pencegahan HPV bisa dijalankan dengan vaksin sebelum seseorang aktif berhubungan seksual. Hal ini dikarenakan HPV sendiri ditularkan melalui kontak seksual. Maka dari itu, dokter akan menganjurkan imunisasi yang akan diberikan sejak seorang anak berusia 10 tahun.

kutil kemaluan wanita

Mengapa Kutil Kemaluan Wanita Kembali Lagi Setelah Diobati?

Pertanyaan umum yang disampaikan banyak kalangan yakni mengapa kutil kelamin akan muncul kembali setelah diobati? Jawabanya karena penanganan penyakit ini hanya menghilangkan kutil saja, bukan membasmi virus HPV yang menjadi penyebab munculnya virus tersebut. Kutil kelamin hanya satu jenis dari berbagai infeksi HPV yang masuk dalam infeksi kronis dan akan menetap seumur hidup.

Seperti yang sudah kami jelaskan, kutil kemaluan wanita memang bisa diatasi, namun infeksi HPV tidak bisa disembuhkan. Setelah pengobatan, Anda kemungkinan akan terbebas dari infeksi ini. Namun HPV akan tetap berada dalam tubuh dan bisa hidup kembali, sehingga menyebabkan penyakit kambuh.

Penanganan penyakit dalam istilah asing disebut dengan genital warts, yakni untuk menghilangkan HPV yang bersarang dalam tubuh Anda. Sehingga kemungkinan besar tetap bisa menyebabkan infeksi. Kutil yang muncul kembali setelah ditangani pada umumnya tidak diobati lagi, kecuali Anda ingin menjalankan penanganan kembali. Untuk pengobatan selanjutnya, dokter akan memilih jenis yang berbeda dari sebelumnya.

Kutil kelamin memang tidak membutuhkan pengobatan dan bisa hilang secara mandiri. Namun kutil kelamin yang tidak segera ditangani juga mempunyai beberapa kemungkinan akan kembali, bahkan bertambah ukuran dan jumlahnya. Maka dari itu, pengobatan memang perlu untuk mencegah virus kembali.

•Mengurangi tanda dan gejala yang muncul seperti gatal, iritasi dan rasa nyeri

•Membersihkan area kelamin dari kutil

•Mempercepat proses untuk segera sembuh

•Mengurangi berbagai kemungkinan terjadi komplikasi yang lebih parah

•Menurunkan berbagai resiko penyebaran virus

Maka dari itu, jika Anda mengidap penyakit ini, ada baiknya untuk menjalankan proses pengobatan, walaupun resiko kembalinya tetap ada. Setidaknya Anda sudah berusaha untuk menghilangkan sementara waktu dan mengurangi berbagai resiko pada jangka panjang.

Anda harus berbicara kepada pasangan mengenai resiko penyakit yang mungkin akan kembali. Selain itu, Anda harus konsultasikan bersama dokter untuk memperoleh perawatan yang lebih baik dari penyakit kutil kelamin tersebut.

Jika Anda mendapatkan tanda dan gejala yang semakin parah, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo demi kesembuhan secara maksimal. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian mengenai kutil kemaluan wanita, semoga bermanfaat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinik gonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.