Mengenal Gejala Kutil Kelamin Secara Umum

Gejala kutil kelamin merupakan infeksi yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil di area kelamin atau dubur. Jadi secara umum, penyakit ini bisa terjadi kepada siapapun yang aktif secara seksual. Penyakit ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele, karena bisa memberi dampak buruk pada tubuh.

Baca juga: GEJALA DARI PENYAKIT KUTIL KELAMIN

Apa Saja Gejala Kutil Kelamin Secara Umum

Jadi pada umumnya, kutil kelamin berbeda dengan benjolan atau kutil yang tumbuh di bagian tubuh lainnya, jadi kutil kelamin merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Namun kabar buruknya, terdapat berbagai jenis kegiatan yang tanpa Anda sadari bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi kutil kelamin, diantaranya:

1.Hubungan seksual yang tidak aman

Gejala kutil kelamin merupakan penyakit yang rentan terjadi pada kalangan yang aktif berhubungan seksual. Penyebaran virus sebab penyakit ini bisa terjadi melalui hubungan intim secara anal maupun oral. Resiko penyabaran virus menjadi semakin besar pada kalangan yang melakukan hubungan seksual tidak aman, seperti sering berganti pasangan, menggunakan pengaman dan lain sebagainya.

2.Menyentuh organ intim

Jadi penularan virus pun bisa terjadi melalui sentuhan atau kontak kulit secara langsung. Penyebaran virus penyebab kutil kelamin terjadi ketika pengidapnya memegang atau menyentuh area genital sendiri menggunakan tangan, kemudian menyentuh area intim pasangan dengan tangan yang sama.

3.Berbagi alat bantu seks

Terkadang sebagian kalangan memilih untuk menggunakan alat bantu seks atau seks toys. Ini sebenarnya sah-sah saja dijalankan, namun pastikan untuk tidak sembarang menggunakannya. Pasalnya kebiasaan bertukar atau berbagai penggunaan alat bantu ini dapat meningkatkan resiko penularan gejala kutil kelamin atau infeksi menular seksual lainnya.

4.Dari ibu kepada bayi

Walaupun hal ini jarang terjadi, kutil kelamin nyatanya bisa menular dari ibu kepada bayi yang baru dilahirkan. Jadi biasanya, penularan terjadi saat persalinan dari ibu yang sudah terinfeksi virus penyebab kutil kelamin sebelumnya.

gejala kutil kelamin

Bagaimana Cara Mengatasi Kutil Kelamin

Keberadaan gejala kutil kelamin sering tidak disadari para penderitanya, sebab kutil mempunyai ukuran kecil dan warna serupa atau lebih gelap. Ini akan membuat kutil kelamin terkadang sulit terlihat secara kasat mata. Benjolan pada kutil bisa timbul secara satuan atau berkelompok serta berbentuk struktur seperti jengger ayam atau kembang kol.

Walaupun sering tidak disadari dan sulit terlihat, namun kutil kelamin terkadang menimbulkan beberapa tanda, diantaranya adanya sensasi terbakar, rasa gatal, nyeri atau tidak nyaman di area organ genital. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya pendarahan ketika berhubungan seksual.

Gejala kutil kelamin berbeda antara kalangan pria dan wanita. Pada pria, kutil kelamin bisa muncul di beberapa area, seperti ujung atau batang penis, kantung testis, paha bagian atas, atau sekitar anus. Sedangkan bagi wanita, benjolan sering ditemukan pada dinding vagina, leher rahim, vulva, atau di dalam anus.

Selain berkembang pada kelamin atau area sekitarnya, kutil juga bisa tumbuh di bibir, mulut, lidah, dan tenggorokan. Jadi kutil kelamin yang tumbuh di area tersebut pada umumnya terjadi karena menjalankan seks dengan kalangan yang terserang infeksi kelamin.

Untuk memperoleh penanganan yang tepat, Anda bisa konsultasikan masalah secepat mungkin bersama kami Klinik Apollo Jakarta, agar semua proses perawatan berjalan dengan lancar. Dokter yang bekerja sama dengan kami sudah ahli dalam bidangnya. Untuk mendapatkan informasi lengkap Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gejala kutil kelamin. Semoga bermanfaat.