Penularan Dan Penyebab Tumbuhnya Kutil Kemaluan

Semua jenis gangguan kesehatan yang muncul di area tubuh paling intim tentu akan menimbulkan keresahan, salah satunya kutil kemaluan. Sebagian akan merasa malu jika harus berobat ke dokter, sehingga mencoba pengobatan sendiri dirumah. Salah satu jenis penyakit yang mengganggu dan muncul di organ intim atau kelamin yakni kutil kemaluan.

Baca juga: TANDA ATAU CIRI CIRI KUTIL KELAMIN MENULAR

Apa Penyebab Tumbuhnya Kutil Kemaluan

Kutil kelamin atau kemaluan merupakan salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual, ditandai dengan pertumbuhan jaringan abnormal di permukaan kulit dan organ genital. Misalnya di sekitar lubang anus atau vagina.

Kutil kelamin disebabkan oleh jenis infeksi HPV atau human papilloma virus. Anda tentunya sudah memahami bahwa ada sebagian tipe Hpv yang bersifat onkogenik atau menyebabkan kanker serviks, namun sebagian tipe lainnya tidak akan menyebabkan kanker, namun bisa menimbulkan kutil kemaluan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa pasien yang terserang kutil kelamin, pada umumnya tidak akan memperoleh keluhan sama sekali atau tidak akan timbulkan gejala. Tanda klinis yang terlihat hanya berupa benjolan pada kulit seperti kutil, yang mempunyai bentuk rata atau sering menyerupai kembang kol.

Kutil kemaluan ini bersifat tunggal atau bisa tumbuh banyak dalam waktu yang singkat. Kutil kelamin memang tidak berbahaya dan mengganggu kesehatan secara umum, namun bisa pengaruhi sisi psikologis penderita, seperti mudah marah, cemas, hingga mengalami stress.

kutil kemaluan

Penularan Hpv Penyebab Kutil Kelamin

Ahli medis menambahkan bahwa siapapun yang aktif secara seksual beresiko tertular penyakit HIV. Bahkan jika berhubungan seks hanya dengan satu kalangan saja. HPV merupakan penyakit yang menimbuulkan tanda beberapa tahun sejak berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Seseorang bisa tertular Hpv melalui hubungan seksual melalui oral, anal, atau vaginal dengan kalangan yang sudah terinfeksi virus.

Perkembangan paling umum yakni melalui hubungan seks anal dan vaginal. Ini membuat Anda sulit memahami kapan seseorang pertama kali terinfeksi. Untuk mencegah agar penyebaran tidak terjadi, pasien yang terserang wajib menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual bersama beberapa kalangan atau dengan pasangan. Selain itu, suntik vaksin Hpv juga bisa dilakukan untuk menurunkan resiko penularan yang bisa terjadi.

Pengobatan Kutil Kemaluan Secara Efektif

Untuk jenis pengobatan kutil kelamin, ada beberapa metode atau serangkaian yang tepat, mulai dari cara operasi sampai non operasi. Pemilihan perawatan kutil kelamin pada umumnya tergantung pada luas serta lokasi timbulnya kutil kelamin sendiri.

Pengobatan dengan obat seperti jenis salep atau krim berbahan tertentu bertujuan merusak jaringan kutil sampai mati. Jika tidak bisa diatasi dengan krim, maka dokter akan membuang kutil menggunakan prosedur operasi. Ada beberapa jenis metode operasi kelamin untuk menghilangkan kutil dengan metode beku, pembedahan, atau menggunakan laser.

Berhasilnya pengobatan kutil kelamin akan bergantung pada deteksi dini, diagnosis, dan pemilihan obat yang tepat dan benar oleh dokter ahli dalam bidangnya. Pengalaman seorang dokter kulit dan kelamin akan menentukan keberhasilan dan mencegah agar kutil tidak tumbuh kembali.

Jadi jangan pernah ragu berobat dengan dokter jika Anda merasakan tanda dan gejala kutil kelamin hadir. Jangan obati secara mandiri, karena belum tentu mampu menyelesaikan masalah. Cegah kambuhnya kutil kelamin dengan vaksin Hpv yang terdiri dari berbagai jenis tipe, karena selain efektif mencegah kanker serviks, sekaligus mencegah kutil kelamin.

Lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan penanganan terbaik. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian mengenai penyakit kutil kemaluan, semoga bermanfaat.