Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Cepat?

Penyakit jengger ayam bisa sembuh jika diobati sejak dini. Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah kondisi yang umum disebabakn oleh virus tertentu. Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin bisa menjadi suatu kondisi yang sangat menyebalkan akan tetapi bisa diobati dan tidak terlalu berbahaya.

Fakta Tentang Penyakit Jengger Ayam

Apakah penyakit jengger ayam bisa sembuh dengan sendirinya? Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah salah 1 jenis infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi oleh jenis virusnya. Virus yang menyebabkan penyakit jengger ayam. Pada beberapa titik dalam hidupnya. Wanita rentan terkena kutil kelamin daripada pria.

Apakah penyakit jengger ayam bisa sembuh? Penyakit jengger ayam kemungkinan terlihat seperti benjolan yang kecil berwarna seperti daging atau memiliki penampilan seperti bunga kol. Dalam kebanyakan kasus, kutil terlalu kecil untuk dapat dilihat. Seperti kutil yang muncul di area lain ditubuh, kutil kelamin disebabkan oleh virus. Beberapa jenis virus genital dapat menyebabkan kutil kelamin, sementara yang lainnya dapat menyebabkan kanker. Pengobatan dengan vaksin dapat membantu melindungi terhadap jenis virus genital tertentu.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Jengger Ayam?

Human Papilloma Virus (HPV) adalah yang menyebabkan penyakit jengger ayam atau kutil kelamin. Ada lebih dari 40 jenis HPV yang berbeda yang secara spesifik mempengaruhi area genital. HPV genital menyebar atau menular melalui kontak seksual. Dalam kebanyakan kasus, sistem kekebalan membunuh HPV genital dan tidak pernah mengalami tanda dan gejala infeksi.

Gejala Umum Pada Penyakit Jengger Ayam

Apakah penyakit jengger ayam bisa sembuh? Pada wanita, penyakit jengger ayam dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, area antara alat kelamin eksternal dan anus, saluran anal dan serviks (leher rahim). Pada pria, dapat muncul pada ujung atau batang penis, skrotum atau anus. Penyakit jengger ayam juga dapat berkembang di mulut atau di tenggorokan seseorang yang melakukan kontak seksual oral (seks oral) dengan seseorang yang terinfeksi. Gejala-gejala penyakit jengger ayam dapat meliputi :

• Pembengkakan yang kecil dan berwarna seperti daging atau berwarna abu-abu di area genital.
• Beberapa kutil saling berdekatan yang berbentuk seperti bunga kol.
• Terasa gatal atau ketidaknyamanan di area genital.
• Perdarahan saat hubungan intim.

Kutil kelamin kemungkinan sangat kecil dan datar sehingga tidak dapat dilihat dengan pandangan. Namun terkadang kutil kelamin dapat berkembang biak menjadi suatu kelompok yang besar.

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Jengger Ayam?

Apakah penyakit jengger ayam bisa sembuh jika didiagnosis dengan cepat? Karena seringkaki sulit untuk mendeteksi kutil kelamin. Biasanya dengan kolposkopi. Berikut ini beberapa cara untuk mendiagnosis penyakit jengger ayam diantaranya :

• Tes Atau Pengujian Pap Smear

Pada wanita, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) dan tes pap secara teratur yang dapat membantu mendeteksi perubahan vagina dan serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh kutil kelamin atau tanda-tanda awal kanker serviks (leher rahim) atau kemungkinan komplikasi infeksi HPV genital. Selama tes atau pengujian pap, dengan menggunakan spekulum untuk membuka vagina. Kemudian mengumpulkan sampel kecil sel dari serviks (leher rahim) atau jalan antara vagina dan rahim. Sel-sel dilakukan pemeriksaan dengan mikroskop untuk mengetahui adanya kelainan.

• Tes Atau Pengujian HPV

Jenis HPV genital dikaitkan dengan kanker serviks (leher rahim). Sampel sel serviks (leher rahim) yang diambil selama tes pap dapat dilakukan pengujian untuk jenis HPV penyebab kanker. Tes atau pengujian ini khusus dilakukan pada wanita dengan usia 30 tahun ke atas. Dan tidak berguna pada wanita remaja karena sistem kekebalannya masih bisa dapat membunuh varietas HPV genital penyebab kanker tanpa pengobatan.

Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh

Apakah Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Jika Diobati?

Apakah penyakit jengger ayam bisa sembuh jika ditangani? Jika kutil tidak menyebabkan rasa ketidaknyamanan kemungkinan bisa ditangani dengan mudah. Akan tetapi jika gejalanya termasuk gatal, terasa terbakar dan sakit atau jika kutilnya terlihat menyebabkan tekanan emosional, konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Dokter akan membersihkan gejalanya dengan pengobatan atau pembedahan. Namun lukanya cenderung kembali (kambuh) setelah pengobatan selesai. Karena tidak ada pengobatan untuk virus tersebut. Kemungkinan memerlukan pembedahan untuk menghilangkan kutil yang lebih besar. Kutil yang tidak dapat menanggapi pengobatan atau jika sedang hamil, kutilnya dapat terpapar ke bayinya selama persalinan. Beberapa cara operasi atau pembedahan untuk mengobati kutil yang terlihat diantaranya :

• Pembekuan Kutil (Cryotherapy)

Pembekuan bekerja dengan menyebabkan luka terbentuk di sekitar kutil. Saat kulit sembuh, luka akan mengelupas dan memungkinkan kulit baru muncul. Maka harus dilakukan Cryotherapy berulang. Efek samping utamanya termasuk rasa sakit dan bengkak.

• Electrocautery

Prosedur ini untuk membakar kutil. Kemungkinan terasa sakit dan bengkak setelah prosedur ini.

• Eksisi Bedah

Dengan menggunakan alat khusus untuk memotong kutil. Dengan anestesi lokal atau umum dan kemungkinan terasa sakit setelahnya.

• Laser

Dengan laser yang intens untuk jenis kutil yang sulit diobati. Efek sampingnya dapat termasuk jaringan parut dan terasa nyeri.

Penyakit jengger ayam bisa sembuh dengan melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Untuk pengobatan dilakukan secara langsung dengan dokter dan dibantu dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Info lebih lanjut hubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan konsultasi online dibawah ini.