Penyebab Dan Faktor Kutil Kelamin Pada Wanita

Kutil kelamin pada wanita merupakan pertumbuhan virus yang muncul di area kemaluan. Kutil mempunyai bentuk benjolan dengan warna kulit atau abu-abu, dengan ukuran kecil sampai besar, dan bisa berdiri sendiri atau bergerombol. Kutil kelamin bisa terjadi kepada kalangan wanita maupun pria.

Selain ditemukannya benjolan kulit dengan permukaan yang kasar, kutil pada umumnya tak menimbulkan tanda dan gejala, pada kasus tertentu kutil datang disertai rasa gatal dan nyeri serta adanya sensasi terbakar. Kutil yang tumbuh di bibir vagina bisa menyebabkan pendarahan serta keputihan.

Baca juga: PENYAKIT JENGGER AYAM BISA SEMBUH CEPAT?

Penyebab Dan Faktor Kutil Kelamin Pada Wanita

HPV merupakan jenis virus yang sangat mudah memberi penularan. Bisa menular melalui kontak kulit. Kebanyakan kasus penularan HPV disebabkan oleh kontak seksual yang dilakukan pengidapnya. Faktanya beberapa fakta mengatakan bahwa setengah dari kalangan yang berhubungan seksual mempunyai jenis infeksi dalam tubuhnya.

Faktor dan resiko yang meliputi individu dengan kalangan usia 17-33 tahun dengan status seksual aktif, terutama mereka yang berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Walaupun pengaman bisa melindungi seseorang dari virus hpv 100 persen.

kutil kelamin pada wanita

Diagnosis Kutil Kelamin Pada Kalangan Wanita

Diagnosa akan didapatkan melalui sebuah konsultasi bersama dokter, mereka akan menanyakan mengenai riwayat seksual Anda. Dokter pun akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang lainnya. Jadi pada umumnya, lapisan atas kutil akan dikikis untuk melihat adanya titik gelap yang menunjukan sumbatan di pembuluh darah, yang umumnya terjadi pada kutil.

Tidak hanya itu, dokter akan melakukan proses biopsy yakni prosedur pengangkatan bagian kecil kutil. Serpihan kecil ini akan dikirim ke lab untuk mengetahui status kutil, jenis obat, pencegahan, serta penanganan yang tepat bagi penderita.

Pengobatan jenis laser pada umumnya digunakan jika banyak kutil kelamin pada wanita yang muncul atau kembali hadir secara terus-menerus. Sebelum menjalankan pengobatan laser, dokter akan memberi krim mati rasa untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Krioterapi yakni jenis pengobatan yang melibatkan pembekuan kutil dengan nitrogen cair atau cryoprobe. Tingkat responnya memang cukup tinggi dan tindakan tersebut mempunyai efek samping yang minim.

Electrodesiccation merupakan sebuah metode dimana kutil kelamin akan dihancurkan menggunakan aliran arus listrik. Namun gumpalan asam dari pengobatan bisa menyebabkan sebuah infeksi. Sebelum pengobatan, dokter akan memberi bius lokal kepada pasien.

Konsumsi obat, jadi Kutil kelamin pada wanita merupakan penyakit yang bisa diobati dengan mengkonsumsi antibiotic. Anda bisa memperolehnya setelah melakukan konsultasi bersama dokter.

Melakukan pembedahan untuk hilangkan kutil, tindakan bedah akan meliputi pemotongan kutil tentunya. Jenis pengobatan ini biasanya akan disarankan kepada pasien yang kutilnya kecil dan dalam jumlah sedikit. Tindakan ini sangat efektif seperti penanganan lainnya, namun tidak akan ada jaminan kutil akan muncul kembali.

Pencegahan Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada wanita bisa dicegah dengan cara hindari hubungan seksual dengan kalangan yang mempunyai virus tersebut. Atau Anda bisa menggunakan kondom untuk meminimalisir resiko terjadinya penularan. Maka virus yang menyebabkan kutil kulit kelamin bisa menyerang mukosa mulut, sebaiknya Anda hindari kegiatan seksual dengan kalangan yang terserang virus tersebut.

Penderita harus segera hubungi dokter jika merasakan tanda dan gejala diatas. Penanganan yang tepat bisa meringankan akibat, sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilihkan dokter di Klinik Apollo karena kami akan memberi penanganan yang tepat sesuai kebutuhan. Lakukan reservasi sekarang juga bersama kami di 081233881616 ini. Sekian mengenai Kutil kelamin pada wanita, semoga bermanfaat.