Tanda Atau Ciri Ciri Kutil Kelamin Menular

Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus jenis tertentu. Kenali setiap ciri ciri kutil kelamin secara umum. Seperti dari warnanya yang merah muda dan menonjol keluar dari permukaan kulit. Biasanya menyebabkan beberapa gejala, akan tetapi terkadang bisa menyakitkan. Biasanya muncul dalam 1 bulan hingga 8 bulan setelah paparan. Kutil kelamin adalah gejala infeksi virus genital yang mudah dikenali dari ciri ciri kutil kelamin itu sendiri.

Virus tipe 6 dan tipe 11 adalah penyebab yang khas pada kulit kelamin. Penyakit ini dapat menyebar atau menular melalui kontak secara langsung seperti dari kulit ke kulit dan biasanya selama seks oral, seks genital atau seks anal dengan pasangan yang terinfeksi. Diagnosis umumnya didasarkan pada gejala dan dapat dikonfirmasikan dengan biopsi. Jenis virus yang dapat menyebabkan kanker tidak sama dengan virus yang menyebabkan kutil.

Apa Itu Kutil Kelamin?

Kutil kelamin adalah kutil yang muncul di area genital. Kemungkinan ada kutil tunggal atau kutil yang berkelompok. Seseorang yang tertular kutil terpapar dari virus seseorang yang sudah terinfeksi. Virus ini adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Kemungkinan untuk menyebarkan atau menularkan kutil pada orang lain ketika tidak disadarinya.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin?

Kutil kelamin menyebar atau menular dari seseorang yang menderita Human Papilloma Virus (HPV) ke orang lain melalui:

• Seks vaginal, seks anal dan seks oral.
• Kontak genital (sentuhan alat kelamin seseorang).
• Saat melahirkan (dari ibu yang terinfeksi ke bayinya).

Kutil kemungkinan tidak muncul hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Kenali Ciri Ciri Kutil Kelamin Secara Umum

Seperti pada kebanyakan penyakit kelamin, HPV tidak selalu memiliki tanda atau ciri cici kutil kelamin yang terlihat. Akan tetapi ketika gejalanya benar-benar muncul, kutil dapat terlihat di sekitar area genital. Pada wanita, kutil dapat berkembang di luar dan di dalam vagina, di serviks (leher rahim) atau pembukaan rahim atau disekitar anus.

Pada pria, kutil dapat dilihat di ujung penis, batang penis, pada skrotum atau disekitar anus. Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut atau di tenggorokan seseorang yang telah melakukan hubungan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi. Karena tidak ada cara untuk memprediksi kutil tumbuh atau hilang, seseorang yang telah terinfeksi harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Kutil kelamin muncul dalam berbagai ukuran dan berbagai bentuk. Beberapa orang mendapat beberapa kutil. Dan yang lainnya mendapatkan banyak kutil. Ciri ciri kutil kelamin paling umum adalah:

• Benjolan yang kecil dan tersebar dan berwarna seperti kulit atau sedikit lebih gelap.
• Sekelompok benjolan yang terlihat seperti bunga kol.
• Pertumbuhan di area genital bisa terlihat naik atau rata dan halus atau kasar.

Kutil kelamin seringkali tidak memiliki ciri ciri kutil kelamin. Terkadang kutil terasa gatal, terasa terbakar, sakit atau berdarah. Kutil kelamin dapat muncul pada area tubuh seperti pada:

1. Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Wanita
• Di vulva.
• Di vagina.
• Di serviks (leher rahim).
• Di paha.

2. Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Pria
• Di penis.
• Di skrotum.
• Di paha.

3. Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Wanita Dan Pada Pria
• Di mulut atau di tenggorokan setelah melakukan hubungan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi.
• Di dalam atau di sekitar anus setelah berhubungan seks anal dengan seseorang yang menderita HPV.

Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?

Pada kebanyakan orang merasa malu dengan pertumbuhan di area genitalnya sehingga tidak langsung melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Seorang dokter kulit dapat mendiagnosis kutil kelamin dengan memeriksa kutil selama kunjungan kantor. Terkadang seorang dokter kulit akan mengangkat kutil atau sebagian darinya dan mengirimkannya ke laboratorium. Ini dapat mengkonfirmasi bahwa pasien memiliki kutil kelamin. Dokter biasanya menyarankan tes atau pengujian seperti berikut ini untuk memeriksa kutil kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) yang terkait.

• Pemeriksaan pertumbuhan yang terlihat untuk melihat kutil kelamin.
• Pemeriksaan panggul (pelvic) secara lengkap dan pap smear (untuk wanita).
• Tes atau pengujian khusus untuk HPV risiko tinggi (risiko rendah tidak boleh diskrining), dikumpulkan dengan cara seperti pap smear.
• Biopsi jaringan serviks (leher rahim) jika pap smear abnormal atau tidak normal atau adanya kelainan yang terlihat untuk memastiakn tidak adanya sel abnormal (tidak normal) yang dapat berkembang menjadi kanker serviks (leher rahim) terkait HPV biopsi serviks (leher rahim) melibatkan pengambilan sampel jaringan yang kecil dari serviks (leher rahim) dan memeriksanya dibawah mikroskop.
• Pemeriksaan rektum.

Ciri Ciri Kutil Kelamin01

Bagaimana Cara Mengobati Kutil Kelamin?

Tidak ada pengobatan yang dapat membunuh HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Dokter dapat menghilangkan kutil dengan terapi laser atau dengan membekukannya dengan menggunakan bahan kimia. Beberapa pengobatan resep yang tersedia dapat digunakan. Pembedahan kemungkinan diperlukan untuk kutil kelamin yang besar atau kutil kelamin yang sulit diobati. Prosedur pengobatan dapat termasuk:

• Cryosurgery (membekukan kutil).
• Eksisi (menghilangkan kutil).
• Electrocautery (menghancurkan kutil dengan arus listrik).
• Laser (menghancurkan kutil dengan sinar).

Terkadang pengobatan kutil kelamin membutuhkan lebih dari 1 kali pengobatan. Karena ciri ciri kutil kelamin sangat bervariasi. Lakukan pengobatan kutil ini hanya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan menggunakan layanan medis secara online dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.