Apa Tanda Buah Zakar Besar Sebelah?

Ukuran buah zakar besar sebelah seringkali membuat kalangan pria khawatir. Ukuran tersebut sedikit berbeda antara kanan dan kiri, sebenarnya hal tersebut normal asal tidak disertai rasa sakit. Namun jika perbedaanya ukuran sangat besar, Anda harus mewaspadai hal tersebut.

Testis atau testikel merupakan organ berbentuk oval yang menggantung dalam skrotum di belakang penis. Testis pria dewasa mempunyai ukuran kurang lebih 15 ml hingga 45 ml. Fungsi utamanya yakni untuk menyimpan dam memproduksi sperma dan testosterone. Jadi testosterone merupakan hormone yang bertanggung jawab pada perubahan fisik ketika pubertas.

Baca juga: PERBEDAAN JENIS-JENIS ORCHITIS PADA DEWASA

konsultasi

Buah Zakar Besar Sebelah, Apakah Berbahaya?

Pubertas pada kalangan pria mulai terjadi ketika Anda berusia antara 14 tahun dan berlangsung hingga 12 tahun. Ketika Anda sudah pubertas, seorang anak akan mengalami perubahan yang pesat ketika dewasa. Perubahan yang terjadi, antara lain suara menjadi berat, tumbuh bulu disekitar bagian intim, dan membesarnya organ reproduksi.

Jadi secara fisik, ketika masuk pubertas ukuran penis dan testis menjadi kian besar. Hal tersebut diikuti kulit pembungkus testis menjadi lebih gelap dan mulai dipenuhi rambut. Pada fase ini testis merupakan bagian organ reproduksi pria yang menghasilkan sperma. Sperma dikeluarkan dalam air mani, cairan berwarna putih, melalui proses ejakulasi. Ini artinya seorang pria sudah bisa membuahi sel telur wanita dan menghasilkan keturunan.

Kantong buah zakar besar sebelah sebenarnya hal yang normal. Jadi pada umumnya, testis sebelah kanan bahkan cenderung lebih besar dibandingkan sebelah kiri. Selain itu, salah satu testis cenderung menggantung lebih rendah pada bagian skrotum dibandingkan testis satunya.

konsultasi

buah zakar besar sebelah

Walaupun normal, buah zakar besar sebelah seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit. Dalam kondisi normal, Anda tidak akan merasa nyeri testis ketika bergerak, berdiri, dan duduk. Selain itu, perbedaan keduanya memang tidak terlalu jauh, begitu juga dengan bentuk yang tak jauh berbeda. Perbedaan ukuran testis pada umumnya tidak lebih dari setengah sendok teh. Untuk mengecek apakah testis Anda sehat atau tidak, gunakan cara berikut:

•Posisikan tubuh Anda ketika berdiri, raba testis sebelah kanan dengan lembut menggunakan ibu jari dan telunjuk. Bila disentuh testis akan terasa seperti telur

•Periksakan kondisi apakah Anda benjolan dan terasa nyeri

•Anda bisa raba bagian bawah skrotum untuk periksakan epididymis. Jadi epididimis merupakan saluran yang menempel pada testis. Fungsinya hanya untuk menyimpan sperma, menyalurkan sperma keluar dari testis ketika ejakulasi dan membantu berikan nutrisi pada testis.

Proses pemeriksaan testis secara mandiri disarankan untuk semua kalangan pria, setidaknya satu kali dalam sebulan, hal tersebut penting dijalankan oleh semua pria yang mempunyai riwayat testis, mempunyai keluarga yang pernah terserang kanker testis, dan testis tidak turun skrotum.

konsultasi

Bagaimana Jika Testis Besar Sebelah Disertai Rasa Sakit?

Epididimitis

Epididymitis yakni sebuah radang di bagian epididymis, yakni saluran yang menyimpan sperma. Peradangan tersebut biasanya terjadi ketika bagian tersebut mengalami infeksi. Penyebabnya bisa karena penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia.

Orkitis

Orkitis merupakan peradangan pada testis yang disebabkan oleh infeksi virus. Orkitis bisa menyebabkan kerusakan pada testis. Segera konsultasikan ke dokter apabila buah zakar besar sebelah disertai gejala lain yang kami uraikan diatas. Anda bisa lakukan pemeriksaan bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan reservasi bersama kami sekarang juga di 081233881616, demikian mengenai buah zakar besar sebelah, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.