Atasi Segera Prostat Membesar Pada Kalangan Pria

Penyebab dari gangguan prostat membesar memang harus diperhatikan dengan baik. Sebab dengan mengetahui informasi tersebut, akan membuat Anda lebih peka menjaga kesehatan, sehingga dengan sendirinya risiko dapat dihindari. Fungsi proses memang cukup vital dalam tubuh, yakni membantu hasilkan sperma. Dimana ukuran prostat pada seorang pria berukuran sebiji kenari yang perlahan-lahan membesar seiring bertambahnya usia.

Baca juga: PROSTATITIS ADALAH PENYAKIT YANG DISEBABKAN BAKTERI

konsultasi

Mudahnya Atasi Prostat Membesar Bagi Pria

Kemudian ketika ukuran prostat terlalu besar, maka akan menyebabkan masalah pada gangguan prostat, entah infeksi, terlalu sering buang air kecil, bahkan hingga terparah yakni kanker prostat. Prostat membesar sendiri bisa terjadi karena adanya sumbatan aliran urin melalui uretra atau saluran pembuangan urin.

Sehingga ketika sel-sel prostat menjadi semakin mudah berkembang biak, lalu menciptakan sebuah pembesaran prostat karena memperoleh tekanan dari uretra melalui urin dan air sperma dalam tubuh. Pada kondisi tersebut saluran akan menyempit dan kantung kemih harus berkontraksi lebih kuat jika ingin mendorong urin keluar dari dalam tubuh.

Seiring perjalanan waktu, otot kandung kemih secara bertahap menjadi semakin kuat, lebih tebal, terlalu sensitif dan mulai berkontraksi. Sehingga membuat fungsi prostat terganggu, bahkan jika saat itu seseorang mengandung jumlah urin yang sedikit, namun tetap membuat kalangan sering buang kecil.

konsultasi

prostat membesar

Benign Prostatic Hyperplasia atau sering disebut pembesaran prostat merupakan sebuah kondisi ketika ukurannya menjadi lebih besar dari pada biasanya. Hal tersebut akan membuat pria kesulitan buang air kecil. Selain itu prostat membesar juga akan mengakibatkan aliran seni keluar semakin lemah. Pembesaran ini bisa memicu terjadinya kanker prostat.

Seiring bertambahnya usia pada kalangan pria, maka ukuran kelenjar prostat memang menjadi lebih besar. Pembesaran tersebut sama halnya ketika rambut memutih pada kalangan yang telah berusian diatas 40 tahun atau paruh baya. Ini mengapa pembesaran prostat paling sering menyerang kalangan pria paruh baya atau usia lanjut.

Jadi prostat terletak di dekat kandung kemih dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau mensekresikan sperma. Peningkatan jumlah sel bagian tersebut menyebabkan ukuran prostat menjadi semakin besar. Akibatnya saluran kencing mudah tertutupi, sehingga membuat proses buang air kecil menjadi semakin sulit serta aliran kencing akan melemah.

konsultasi

Penyebab dan Gejala Pembesaran Prostat

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab ukuran prostat membesar. Namun beberapa ahli mengatakan bahwa proses penuaan yang diikuti dengan perubahan hormon yang menjadi pemicu kuat pembesaran prostat. Jadi pembesaran prostat sendiri terbagi menjadi beberapa gejala yakni iritatif dan pembuntutan.

Gejala yang sering terjadi pada pembesaran prostat pembuntutan yakni melemahnya aliran kencing, rasa ingin kencing secara terus menerus, urin yang masih bersisa ketika kencing. Sementara itu, pembesaran proses iritatif ditandai dengan sering terbungun tengah malam karena ingin buang air kecil, muncul rasa sakit ketika kencing, kesulitan menahan kencing, dan timing kencing yang tidak normal. Bahkan terkadang menimbulkan kencing nanah.

Apabila tidak segera ditangani, gejala-gejala tersebut akan memicu terjadi masalah baru di bagian prostat, seperti kanker. Namun, pengobatan medis bukan menjadi salah satu jalan untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Biasanya pembesaran prostat akan sembuh dengan sendirinya apabila keluhan yang Anda alami tidak terlalu berat.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai prostat membesar, semoga bermanfaat.

Baca juga: APA TANDA BUAH ZAKAR BESAR SEBELAH?

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.