Begini Tanda Dan Ciri Orkitis Bagi Penderita

Ciri orkitis merupakan sebuah peradangan di satu atau kedua testis yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang belum diketahui penyebabnya dengan jelas. Jadi orkitis paling sering disebabkan oleh timbulnya bakteri, seperti halnya penyakit seksual menular. Dalam beberapa kasus, virus bisa menyebabkan penyakit ini terjadi. Orkitis akan mempengaruhi kesuburan dan menyebabkan rasa sakit itu timbul.

Jenis obat-obatan bisa digunakan untuk menangani orkitis yang disebabkan oleh bakteri dan bisa meredakan beberapa gejala dan tanda dari orkitis yang disebabkan oleh virus, namun butuh beberapa minggu untuk mengatasi nyeri pada skrotum untuk menghilang.

Apa Saja Tanda Ciri Orkitis Secara Umum

Rasa nyeri pada testis dan selangkangan merupakan gejala utama dari orkitis.

•Penderita akan memperoleh demam

•Pembesaran pada bagian prostat

•Darah keluar dari air mani

•Adanya pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan

•Adanya pembengkakan di area skrotum

•Nyeri ketika ejakulasi

•Nyeri ketika disentuh pada skrotum

•Terasa nyeri ketika buang air kecil

ciri orkitis

Penyebab Dan Ciri Orkitis

Seringkali ciri orkitis bakteri dihubungkan dengan penyakit epididimitis, namun sebenarnya peradangan sering disebabkan oleh infeksi pada uretra atau kandung kemih yang menyebar ke area epididymis. Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual. Penyebab infeksi jenis lainnya yakni karena adanya kelainan pada saluran kemih, kateter, atau alat medis yang masuk kebagian penis.

Orkitis Yang Disebabkan Oleh Virus

Penyebab umum dari ciri orkitis yang disebabkan oleh virus yakni mumps atau gondongan biasanya dialami oleh beberapa kalangan ketika melalui masa pubertas. Virus tersebut pada umumnya menjadi penyakit orkitis selama 7 hari. Faktor risiko bukan dari penyakit menular seksual:

•Tidak mendapatkan vaksin untuk gondongan atau mumps

•Memperoleh infeksi saluran kemih berulang

•Pernah melakukan pembedahan yang melibatkan area genital atau saluran kemih

•Lahir dengan kelainan pada saluran kencing yang melibatkan uretra atau saluran kemih itu sendiri

Pengobatan Timbulnya Ciri Orkitis

Untuk mengobati masalah ciri orkitis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari orchitis sendiri. Untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa hal dibawah ini:

•Menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, konsumsi menurut dosis yang dianjurkan walau gejala sudah hilang

•Kompres bagian skrotum dengan minum obat atau es pereda nyeri yang akan membantu meredakan ketidaknyamanan

•Tidak menjalankan hubungan seksual dengan mengangkat benda berat pada masa pengobatan. Apabila Anda terinfeksi orchitis bakteri, maka pasangan pun memerlukan sebuah pengobatan lainnya.

Untuk mengobati orkitis yang disebabkan oleh virus, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti:

•Kompres menggunakan air dingin

•Minum obat antiinflamasi non steroid

•Banyak istirahat dan angkatlah skrotum anda

Dalam beberapa kasus, penyakit ini tidak bisa dicegah, seperti orkitis yang disebabkan oleh kelainan kongenital di bagian saluran kemih. Namun Anda bisa menjalankan beberapa hal untuk mencegah penyakit ini, seperti terapkan vaksinasi virus gondongan, menjalankan kegiatan seksual yang aman dengan menggunakan kondom, serta tanyakan riwayat seksual kepada pasangan.

Kapan Melakukan Konsultasi Bersama Kami?

Anda bisa konsultasikan masalah dengan dokter apabila Anda merasa sakit atau bengkak di area skrotum terutama ketika terasa sakit secara tiba-tiba. Penyakit orkitis mempunyai gejala yang mirip dengan torsio testis, maka Anda harus segera lakukan konsultasi dengan dokter apabila merasa sakit di area skrotum. Dokter akan membantu memberi diagnosa dengan proses yang cepat. Lakukan reservasi bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan yang tepat di 081233881616. Demikian mengenai ciri orkitis, semoga bermanfaat.