BPH Adalah Pembesaran Prostat Jinak

BPH adalah pembesaran prostat pada pria. Upaya lain dengan melakukan banyak hal untuk merawat diri sendiri dan memberikan tubuh apa yang dibutuhkan. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh berubah dengan cara yang tidak selalu bisa dikendalikan. Pada kebanyakan pria, salah 1 perubahan itu adalah bahwa prostat menjadi lebih besar. BPH adalah bagian alami dari penuaan, akan tetapi pada titik tertentu dapat menyebabkan kondisi lain yang disebut hiperplasia prostat jinak.

Pengertian Umum BPH Adalah

BPH adalah pembesaran prostat atau disebut Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Ini terjadi ketika sel-sel kelenjar prostat mulai berkembang biak. Sel-sel tambahan ini menyebabkan kelenjar prostat membengkak yang meremas uretra dan membatasi aliran urine. Namun, hal itu dapat menyebabkan gejala yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. BPH umum terjadi pada pria yang berusia lebih dari 50 tahun.

konsultasi

Penyebab Utama BPH Adalah

Tidak diketahui apa yang menyebabkan BPH terjadi. Beberapa kemungkinan ada hubungannya dengan perubahan hormon normal seiring bertambahnya usia, akan tetapi itu tidak jelas. Pada awal pubertas, ukuran prostat berlipat ganda. Di kemudian hari, sekitar usia 25 tahun, maka mulai tumbuh lagi. Bagi kebanyakan pria, pertumbuhan ini terjadi selama sisa hidupnya. Bagi sebagian orang, kondisi ini dapat menyebabkan BPH.

BPH adalah kondisi yang dianggap sebagai kondisi normal penuaan pada pria dan pada kebanyakan pria yang berusia lebih dari 80 tahun memiliki gejala BPH. Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, perubahan hormon seksual pria yang muncul seiring bertambahnya usia kemungkinan menjadi faktor. Riwayat keluarga masalah prostat atau kelainan apa pun dengan testis dapat meningkatkan risiko BPH. Pria yang sudah diangkat testisnya di usia muda tidak akan mengalami BPH.

Baca Juga : Pria Dengan Penyakit BPH Apakah Bisa Sembuh?

konsultasi

Tanda-Tanda Pria Dengan BPH

Ketika prostat bertambah besar dan seperti mulai mencubit uretra. BPH adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang mempengaruhi aliran urine, seperti sulit untuk kencing, aliran yang lemah atau kencing yang tiba-tiba berhenti. Ketika uretra diperas, itu juga berarti kandung kemih harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni. Seiring waktu, otot-otot kandung kemih menjadi lemah yang membuatnya lebih sulit untuk dikosongkan.

Prostat yang membesar bukan berarti gejalanya memburuk. Ini berbeda untuk setiap orang. Bahkan, beberapa pria dengan prostat yang sangat besar memiliki sedikit masalah jika adanya masalah. Gejala-gejala BPH terlihat sangat ringan pada awalnya, akan tetapi bisa menjadi lebih serius jika tidak segera diobati. Gejala umum dapat meliputi:

• Merasa seperti masih harus kencing bahkan setelah baru saja kencing.
• Sering kencing antara 8 kali atau lebih dalam 1 hari.
• Inkontinensia (saat tidak memiliki kendali saat kencing).
• Kebutuhan mendesak untuk kencing secara tiba-tiba.
• Kencing di malam hari (nocturia).
• Pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap.
• Inkontinensia atau kebocoran urine.
• Kebutuhan untuk mengejan saat kencing.
• Aliran kemih yang lemah.
• Tiba-tiba muncul keinginan untuk kencing.
• Aliran kemih yang lambat atau tertunda.
• Kencing yang menyakitkan.
• Darah dalam urine.

Konsultasikan dengan dokter jika memiliki gejala-gejala ini. BPH dapat diobati dan seringkali mengobatinya dapat membantu mencegah komplikasi.

konsultasi

Bagaimana BPH Didiagnosis?

Saat memeriksa BPH, dokter biasanya akan memulai dengan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat medis. Pemeriksaan fisik meliputi pemeriksaan dubur yang memungkinkan dokter memperkirakan ukuran dan bentuk prostat. Tes atau pengujian lain dapat mencakup:

• Urinalisis yaitu urin diperiksa untuk darah dan bakteri.
• Biopsi prostat yaitu sejumlah kecil jaringan prostat diangkat dan diperiksa kelainannya.
• Tes atau pengujian urodinamik yaitu kandung kemih diisi dengan cairan melalui kateter untuk mengukur tekanan kandung kemih saat kencing.
• Tes atau pengujian antigen spesifik prostat (PSA) yaitu tes atau pengujian darah ini untuk memeriksa kanker prostat.
• Sisa pasca void yaitu untuk menguji jumlah urine yang tersisa di kandung kemih setelah kencing.
• Sistoskopi yaitu pemeriksaan uretra dan kandung kemih dengan lingkup kecil yang dimasukkan ke dalam uretra.
• Pielografi atau urografi intravena yaitu pemeriksaan X-ray atau CT scan yang dilakukan setelah pewarna disuntikkan ke dalam tubuh. Pewarna menyoroti seluruh sistem kemih pada gambar yang dihasilkan oleh X-ray atau CT scan.

Dokter kemungkinan juga menanyakan mengenai pengobatan yang dikonsumsi yang kemungkinan dapat mempengaruhi sistem kemih. Dokter dapat membuat penyesuaian pengobatan yang diperlukan. Konsultasikan dengan dokter jika telah melakukan tindakan pengobatan untuk gejala nya selama setidaknya 2 bulan tanpa memperhatikan adanya perbaikan.

Bph Adalah02

Cara Tepat Atasi BPH Pada Umumnya

Pengobatan BPH adalah pengobatan yang dapat dimulai dengan pengobatan pada diri sendiri. Jika gejalanya tidak mereda, maka pembedahan kemungkinan disarankan. Usia dan kesehatan secara umum juga akan memengaruhi pengobatan yang ditentukan. Konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Untuk pengobatan BPH ini biasanya dilakukan di Klinik Apollo. Karena dokter yang menangani sangat ahli dalam hal ini. Tidak hanya itu biaya pengobatannya juga sangat terjangkau. Pengobatan yang dilakukan berstandar nasional. Tidak kalah dengan melakukan pengobatan di klinik lain. Hubungi saja kami di 081233881616 atau melalui layanan hotline dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.