Gejala Prostat Membengkak Pengaruhi Kegiatan Seksual?

Gejala prostat membengkak yang terjadi bukan karena kanker, namun disebut dengan benign prostatic hyperplasia atau Bph. Kondisi tersebut pada umumnya sering terjadi seiring bertambahnya usia.

Gejalanya antara lain sering buang air kecil tidak tuntas. Selain itu, pembengkakan prostat juga berpengaruh pada kehidupan seksual soerang pria. Lalu apa saja efek yang harus Anda waspadai? Bisakah masalah ini dikendalikan? Simak ulasan kami selengkapnya diabawah ini.

Baca juga: PRIA DENGAN PENYAKIT BPH APAKAH BISA SEMBUH?

Apakah Gejala Prostat Membengkak Pengaruhi Kegiatan Seksual?

Efek dari gejala prostat bengkak pada kegiatan seksual setiap pria berbeda-beda. Ini tergantung dari seberapa parah kondisi penderita, penanganan yang diberikan dokter dan pertahanan tubuh masing-masing. Namun hal ini dapat menimbulkan efek samping dari gejala prostat bengkak.

1.Impotensi atau disfungsi ereksi

Efek dari gejala prostat membesar yakni impotensi, jadi impotensi atau disfungsi ereksi merupakan kesulitan atau mempertahankan ereksi yang menyebabkan penis menjadi keras ketika terangsang.

Meskipun kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, jantung, kadar testosterone yang rendah, dan berbagai masalah psikis tertentu. Nah perlu Anda ketahui, pembesaran prostat juga bisa memicu impotensi pada pria.

gejala prostat

2.Ejakulasi retrograde

Tidak hanya itu, prosedur penanganan turp juga bisa menyebabkan ejakulasi retrograde atau disebut dengan orgasme kering. Hal ini membuat sperma yang seharusnya keluar ketika orgasme malah masuk ke kandung kemih, tidak keluar melalui penis seperti pada umumnya.

Menurut beberapa sumber, beberapa kalangan pria yang menjalankan turp akan mengalami ejakulasi retrograde. Kondisi tersebut memang tidak berbahaya, namun bisa membuat pria tidak subur. Selain itu, hal tersebut juga akan mengurangi kepuasan seksual ketika berhubungan intim pasangan Anda.

3.Gairah seksual menurun

Selain itu beberapa jenis obat yang sering diresepkan dokter untuk pasien pembengkakan prostat mempunyai efek samping menyebabkan penurunan gairah seks pada pria. Pria yang konsumsi obat-obat ini bisa mengalami jumlah sperma yang rendah, volume sperma yang berkurang, dan gerakan sperma menjadi lambat.

Bagaimana Cara Mencegah Gangguan Prostat Membengkak

Menerapkan gaya hidup sehat

Sebuah ahli medis menyatakan beberapa faktor penyebab pembengkakan prostat dan impotensi sama dengan penyakit jantung serta diabetes. Maka dari itu, Anda harus ubah gaya hidup dengan menerapkan pola makan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari diri dari berbagai masalah seksual.

Disarankan bagi pria untuk menghindari makanan kemasan yang telah di proses berulang kali. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang masih segar, seperti ikan salmon.

Jadi salmon merupakan makanan anti radang yang kaya akan asam lemak omega 3, kandungan tersebut baik untuk kesehatan prostat Anda. Selain itu sayuran seperti bayam, brokoli, dan kembang kol juga baik untuk kesehatan prostat Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menjaga berat badan agar selalu ideal dan sehat. Maka dari itu lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Anda dapat meminta saran kepada dokter mengenai kegiatan olahraga yang baik untuk masalah prostat membengkak tersebut.

Minum obat untuk impotensi

Obat untuk impotensi bisa membantu meringankan prostat membengkak. Namun, jenis obat ini tidak bisa digunakan untuk semua kalangan dengan kasus yang sama. Kalangan pengidap Bph yang mempunyai riwayat jantung, hipertensi, dan stroke tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini. Lebih jelasnya, Anda bisa tanyakan secara langsung mengenai kondisi tersebut kepada dokter.

Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami sekarang juga di Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan yang tepat. Untuk reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gejala prostat, semoga bermanfaat.