Memahami lebih jauh Fungsi Epididymis

Pada sistem reproduksi pria selain ada testis juga terdapat epididymis, lalu apa saja fungsi epididimis sendiri?. Jadi epididimis merupakan saluran yang berliku panjang dan menghubungkan antara testis dan vas deferens. Semua kalangan manusia mempunyai sepasang testis dan epididimis yang berbeda.

Epididimis mempunyai fungsi untuk tempat mematangkan sperma dan menyimpan, sehingga munculnya ejakulasi ketika berhubungan seksual. Untuk informasi secara detail mari kita simak ulasan mengenai fungsi epididimis secara menyeluruh.

Baca juga: PERBEDAAN JENIS-JENIS ORCHITIS PADA DEWASA

konsultasi

Apa Saja Fungsi Epididimis Secara Umum?

1.Fungsi epididimis

Fungsi dari bagian sistem reproduksi pria ini yakni sebagai tempat menyimpan sperma sementara dan memprosesnya hingga matang, sehingga siap berejakulasi. Jadi fungsi epididimis membantu proses transportasi sperma hingga pasangan mencapai puncak klimaks ketika berhubungan seksual.

2.Prostatitis

Penyakit peradangan epididimis ini bukan kondisi kronis yang membutuhkan penanganan secara khusus, namun jenis epididymis yang kronis akan menimbulkan rasa nyeri dan bengkak pada pria. Namun jarang sekali muncul pembengkakan pada organ skrotum pria.

Epididimis mayoritas tidak akan menimbulkan gejala, sehingga penderita tidak menyadari akan adanya kelainan. Pada umumnya, penderita mulai merasakan tanda dan gejala di minggu ke 6 dari terserangnya penyakit epididimitis pada organ kelamin pria. Terlebih penyakit ini merupakan kondisi yang jarang ditemui.

Walaupun jarang terjadi, tidak ada salahnya jika Anda meminta pasangan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Terlebih jika ditemukan tanda yang mencurigakan dan mengharuskan Anda harus segera berdiskusi dengan dokter.

konsultasi
fungsi epididimis

Sebaiknya Anda Pahami Fungsi Nefron

Sperma yang masuk ke epididimis akan diteruskan ke vas deferens dalam waktu kurang lebih seminggu. Saat waktu berjalan, fungsi epididimis akan membantu proses pematangan sperma. Secara singkat epididymis mempunyai banyak fungsi diantaranya:

•Tempat transportasi

•Tempat menyimpan sperma

•Mematangkan sperma untuk ejakulasi

Epididimis mempunyai bagian-bagian antara lain:

Kepala Epididimis

Yakni sebuah lapisan paling luar pada epididimis, pada bagian ini berfungsi sebagai penerima sperma dari testis. Pada bagian kepala ada mioepitel konsentrasi sperma yang masuk tersebut masih cair.

konsultasi

Badan Epididimis

Badan epididymis yakni lapisan yang berada di kepala dan mempunyai fungsi sebagai tempat proses terjadi pematangan sperma.

Ekor Epididimis

Sedangkan epididimis merupakan bagian myoepithelium yang lebih tebal jika dibandingkan kepala. Mempunyai fungsi penting yakni untuk proses menyerap cairan dan menjadikan sperma menjadi lebih kental.

Struktur Epididimis

Selain bagian-bagian tersebut, epididymis mempunyai beberapa struktur. Epididymis memiliki panjang kurang lebih sekitar 4 cm. Di bagian saluran epididimis dibungkus dengan epitel yang dikelilingi dengan jaringan ikat dan otot polos.

Epididymis mempunyai struktur yang microvilli atau biasa disebut dengan stereocilia. Jadi stereocilia mempunyai fungsi menyerap cairan dari ronga dalam tubuh epididymis. Otot-otot polos akan melakukan kontraksi dan melakukan gerakan yang mengangkut sperma dari testis ke vas deferens.

Pada proses ini sperma akan diberi nutrisi dan sel yang sudah rusak serta komponen yang tidak pakai atau akan dipisahkan dari sperma jenis utama. Komponen yang tidak dibutuhkan tersebut akan tinggal di epididimis sampai satu bulan lamanya, lalu sesudahnya mereka akan diserap oleh stereocilia.

Diatas merupakan penjelasan mengenai epididimis mengenai pengertian dan bagian-bagiannya yang bisa Anda pahami dengan baik. Semoga dapat menambah wawasan yang bermanfaat. Jika Anda mempunyai masalah dengan epididimis atau infeksi kelamin lainnya, bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan reservasi bersama kami di 081233881616. Demikian mengenai fungsi epididimis, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.