Orchitis Adalah Peradangan Pada Testis Dalam Skrotum

Orchitis adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit atau berat pada 1 atau ke 2 testis. Rasa nyeri ini dapat menyebar atau menular ke perut bagian bawah. Testis lunak dan bengkak. Kulit skrotum bisa menjadi berwarna merah atau keunguan. Kemungkinan adanya darah di air mani. Gejala lain termasuk demam tinggi, mula dan muntal.

Kemungkinan juga merasakan sakit saat kencing atau berhubungan seksual. Pengobatan orchitis bakteri adalah pengobatan antibiotik selama 10 hari. Pengobatan untuk virusitis (gondong) ditujukan hanya untuk meredakan gejala. Karena pengobatan antibiotik tidak bekerja untuk virus. Biasanya butuh 1 minggu hingga 3 minggu untuk menghilangkan gondok orchitis.

Pengertian Umum Orchitis Adalah

Orchitis adalah peradangan dan pembengkakan testis akibat infeksi atau cedera fisik. Testis adalah sepasang organ yang terletak diskrotum pria yang menghasilkan sel sperma reproduksi. Terhubung ke belakang setiap testis adalah epididimis yang berfungsi sebagai saluran penyimpanan untuk sperma. Suplai darah yang kaya dan pasokan limfatik dalam testis mencegah sebagian besar infeksi dari memperoleh pijakan yang kuat di organ ini.

Infeksi dapat menyebar dari bagian lain tubuh melalui aliran darah, saluran limfatik atau saluran sperma ke epididim dan testis. Organisme yang menyebabkan peradangan dapat berupa bakteri, virus, jamur atau parasit dan peradangan dapat berasal dari cedera kimia atau fisik. Gejala orchitis yang biasa adalah demam tinggi , nyeri mendadak di testis, mual, muntah, bengkak, sesak dan kelembutan kelenjar setelah disentuh. Cairan yang menumpuk di sekitar testis kemungkinan mengandung nanah atau darah. Skrotum umumnya berwarna merah dan menebal.

Penyebab Utama Orchitis Adalah

Orchitis adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh infeksi dari berbagai jenis bakteri dan virus. Virus yang paling umum yang menyebabkan orchitis adalah gondong. Paling sering terjadi pada anak laki-laki setelah pubertas. Orchitis biasanya berkembang dalam 4 hari hingga 6 hari setelah gondok muncul.

Orchitis adalah kondisi yang juga dapat terjadi secara bersamaan dengan infeksi pada prostat atau epididimis. Orchitis juga dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore (kencing nanah) atau klamidia. Tingkat orchitis atau epididimitis yang ditularkan secara seksual lebih tinggi pada pria yang berusia 19 tahun hingga 35 tahun.

1. Faktor Risiko Untuk Orchitis Menular Seksual Meliputi:
• Perilaku seksual berisiko tinggi.
• Banyaknya pasangan seksual.
• Riwayat gonore (kencing nanah) atau PMS lainnya.
• Pasangan seksual dengan PMS yang didiagnosis.

2. Faktor Risiko Orchitis Bukan Karena PMS Meliputi:
• Berusia lebih dari 45 tahun.
• Penggunaan kateter jangka panjang.
• Tidak divaksinasi terhadap gondong.
• Masalah saluran kemih yang terjadi saat lahir (bawaan).
• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Pembedahan saluran kemih (bedah genitourianari).

Apa Saja Gejala Orchitis?

Pada anak laki-laki dengan gondong, orchitis dapat berkembang antara 4 hari hingga 7 hari setelah pembengkakan kelenjar ludah. Testis membengkak dan menyakitkan. Terkadang ke 2 testis terpengaruh juga. Demam, mual, sakit kepala dan nyeri otot juga dapat terjadi. Selain itu gejala orchitis adalah sebagai berikut:

• Adanya darah dalam air mani.
• Debit dari penis.
• Demam.
• Nyeri pangkal paha.
• Nyeri dengan hubungan seksual atau ejakulasi.
• Nyeri dengan kencing (disuria).
• Pembengkakan skrotum.
• Area selangkangan yang bengkak dan pembengkakan pada sisi yang sakit.
• Perasaan yang lembut, bengkak dan berat di testis.
• Nyeri testis yang diperburuk oleh buang air besar (BAB) atau tegang.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Orchitis?

Tes atau pengujian kemungkinan digunakan untuk mendiagnosis orchitis dan untuk menyingkirkan penyebab lain nyeri testis termasuk:

• Pemeriksaan Fisik
Pemeriksaan fisik dapat mengungkapkan pembesaran kelenjar getah bening di pangkal paha dan testis yang membesar di sisi yang sakit. Ke 2 nya kemungkinan lembut saat disentuh. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan dubur untuk memeriksa pembesaran atau kelembutan.

• Penapisan Infeksi Menular Seksual (IMS)
Melibatkan pengambilan sampel cairan dari uretra. Dokter dapat memasukkan kapas yang tipis ke ujung penis untuk mendapatkan sampel yang akan dilihat dibawah mikroskop atau dikultur untuk memeriksa gonore (kencing nanah) dan klamidia.

• Urinalisis
Sampel urine di kumpulkan dan dianalisis di laboratorium untuk kelainan penampilan.

• Ultrasonografi
Tes atau pengujian ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar yang tepat dari struktur didalam tubuh dan dapat digunakan untuk mengesampingkan sperma (torsi testis). Ultrasonografi dapat menentukan aliran darah ke testis berkurang atau meningkat yang membantu mengkonfirmasi diagnosis orchitis.

• Pemindaian Pada Testis
Digunakan untuk mengesampingkan torsi testis, tes atau pengujian ini melibatkan intravena ke dalam aliran darah. Untuk mendeteksi area di testis yang menerima sedikit aliran darah dan menunjukkan torsi atau lebih banyaknya aliran darah.

Orchitis Adalah01

Cara Mengobati Pria Dengan Orchitis

Tindakan penghilang rasa sakit, terkadang dengan menggunakan pengobatan antibiotik. Orchitis biasnaya diobati dengan pengobatan pereda nyeri dan kompres air dingin (es) yang diterapkan pada skrotum. Infeksi bakteri diobati dengan pengobatan antibiotik yang sesuai. Tindak lanjut selanjutnya dengan dokter setelah selesai menyelesaikan semua pengobatan antibiotik yang disarankan.

Usahakan gunakan kondom atau tidak berhubungan seksual hingga dinyatakan sembuh oleh dokter. Jika memiliki penyakit kelamin, maka harus segera mengobatinya. Pengobatan ini bisa Anda temui hanya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini.