Penyebab Prostat Bikin Seks Tidak Maksimal?

Penyebab prostat membengkak yang terjadi bukan disebabkan kanker disebut dengan benign prostatic hyperplasia. Kondisi ini pada umumnya terjadi seiring dengan pertambahan usia. Gejalanya yakni sering buang air kecil serta kencing yang tidak tuntas.

Selain itu, pembengkakan prostat ternyata dapat berpengaruh pada kehidupan seksual para pria. Lalu apa efek samping yang harus diwaspadai? Bisakah kondisi tersebut dikendalikan? Berikut akan kami uraikan ulasan mengenai penyebab prostat membengkak.

Baca juga: GEJALA PROSTAT MEMBENGKAK PENGARUHI KEGIATAN SEKSUAL?

konsultasi

Apakah Penyebab Prostat Bikin Seks Tidak Maksimal?

Dampak dari pembengkakan prostat dalam kehidupan seksual pria berbeda-beda. Tergantung seberapa parahkan kondisi tersebut, daya tahan tubuh penderita, dan jenis pengobatan yang diberikan dokter. Namun, hal ini mungkin terjadi sebagai efek samping pembengkakan prostat.

1.Ejakulasi retrograde

Tidak hanya itu saja, sebuah prosedur turp bisa menyebabkan ejakulasi tetrogade atau orgamse kering. Hal tersebut membuat sperma yang seharusnya keluar ketika orgasme terjadi justru masuk kembali ke kandung kemih, tidak keluar melalui penis seperti proses pada umumnya.

2.Gairah seksual menurun

Beberapa jenis obat yang diberikan dokter untuk pasien yang menderita prostat membengkak mempunyai efek samping yang buruk. Obat ini dapat menyebabkan penurunan gairah seksual pada kalangan pria. Pria yang mengkonsumsi obat-obatan jenis ini bahkan memproduksi sperma yang rendah, jumlahnya berkurang dan pergerakan berjalan lambat.

konsultasi

penyebab prostat

3.Impotensi

Efek samping dari penyebab prostat membengkak yakni impotensi, disfungsi ereksi merupakan sebuah kondisi dimana penderita kesulitan mencapai atau mempertahankan ereksi.

Walaupun kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh kesehatan lain seperti adanya penyakit diabetes, jantung dan kadar testosterone yang rendah, namun masalah psikis bisa menjadi penentunya. Membengkaknya prostat dapat menjadi salah satu pemicunya.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyebab Prostat?

Untuk menghindari berbagai efek negatif dari penyebab prostat membengkak pada kehidupan seksual, lakukan beberapa langkah dibawah ini untuk mencegah dan mengatasi permasalah yang Anda alami.

Sebuah sumber mengatakan beberapa faktor resiko prostat membengkak dan impotensi sama dengan penyakit jantung serta diabetes. Maka dari itu, Anda harus mengubah gaya hidup dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat untuk menjaga tubuh. Dengan begitu Anda akan terhindar dari berbagai masalah penyakit seksual.

Kami menyarankan seorang pria untuk menghindari makanan kalengan yang sudah melalui proses berulang kali. Usahakan untuk memilih jenis makanan yang segar dan bersih. Satu jenis makanan yang baik untuk penderita prostat yakni ikan salmon, makanan jenis satu ini mempunyai kandungan anti radang yang kaya lemak omega 3 untuk kesehatan prostat Anda.

konsultasi

Selain itu, sayuran seperti kembang kol, bayam, dan brokoli sangat baik untuk kesehatan prostat pria. Tidak hanya itu, penderita harus menjaga berat badan agar tetap sehat dan ideal. Maka dari itu, lakukan olahraga secara teratur dan rutin. Anda bisa konsultasikan dengan dokter mengenai jenis olahraga yang baik untuk prostat membengkak.

Obat untuk impotensi juga akan membantu meringankan membengkaknya buah zakar pada prostat. Namun, obat ini tidak dapat digunakan sembarang orang. Kalangan dengan kondisi BPH mempunyai riwayat serangan jantung, hipertensi, dan stroke tidak disarankan untuk konsumsi obat ini. Lebih jelasnya, Anda bisa tanyakan secara langsung ke dokter.

Jika obat tidak membawa pengaruh baik, dokter akan menganjurkan operasi. Apabila merasakan tanda dan gejala tidak nyaman pada prostat segera konsultasikan bersama Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan terbaik. Segera lakukan reservasi di nomor 081233881616. Demikian mengenai penyebab prostat membengkak, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.