Perbedaan Jenis-Jenis Orchitis Pada Dewasa

Penyakit orchitis pada dewasa mungkin terdengar sedikit asing di telinga Anda, jadi sebenarnya kondisi tersebut merupakan peradangan yang terjadi pada salah satu atau kedua testis. Gangguan kesehatan tersebut berhubungan dengan infeksi virus atau bakteri. Kontaminasi bakteri terjadi karena penyakit menular seksual, sementara kontaminasi virus bisa terjadi karena adanya penyakit gondong.

Tak hanya itu saja. Epididymitis juga berhubungan dengan peradangan testis yang terjadi disebabkan oleh bakteri. Epididimis merupakan gangguan yang terjadi pada testis atau tempat penyimpanan atau penyaluran sperma. Orchitis pada dewasa akan menimbulkan rasa nyeri dan beresiko pada kesuburan, peradangan tersebut akan berlangsung selama beberapa minggu.

Baca juga: PROSTATITIS ADALAH PENYAKIT YANG DISEBABKAN BAKTERI

Perbedaan Orchitis Virus Dan Orchitis Bakteri

Sebenarnya apa yang membedakan peradangan testis karena infeksi virus dan bakteri? Jadi pada umumnya, bakteri yang menyebabkan orchitis yakni E. Coli, Staphylococcus, dan Streptococcus. Dalam beberapa kondisi, orchitis sering terjadi bersama dengan infeksi prostat, begitu juga dengan epididymitis.

Bakteri jenis lain yang bisa menyebabkan terjadinya sebuah peradangan testis yakni virus yang berperan dalam penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, dan sifilis. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kalangan pria berusia 35 tahun yang aktif berhubungan seksual. Terlebih mereka cenderung sering bergantung pasangan dan tak mengenakan pengaman.

Sementara itu peradangan pada testis yang diakibatkan virus, bisa terjadi karena adanya bakteri gondongan yang sering terjadi pada kalangan berusia 10 tahun. Gejala pertama yang biasanya akan timbul yakni selama 6 hari dan setelah penyakit gondok terjadi. Ini menjadi salah satu penyebab anak laki-laki penting memperoleh imunisasi gondok ketika menginjak usia 10 tahun.

Vaksin yang tidak dijalankan seorang pria dewasa akan meningkatkan risiko terjadinya orchitis yang tak menular secara seksual. Begitu juga jika Anda kalangan yang menginjak usia 45 tahun dan sedang mengalami infeksi saluran kemih atau terlalu sering mengenakan kateter.

Tidak hanya mengakibatkan terjadinya infertilitas pada kalangan pria, radang testis yang tidak segera ditangani bisa memicu terjadinya abses skrotum atau atrofi testis. Atrofi testi merupakan sebuah kondisi menyusutnya ukuran testis, sementara abses skrotum merupakan sebuah kondisi dimana jaringan yang terkena infeksi sudah dipenuhi oleh nanah.

orchitis pada dewasa

Tindakan Penanganan Orchitis Pada Dewasa

Sebenarnya sampai sekarang belum ada obat yang bisa mengatasi masalah orchitis pada dewasa. Namun penyakit ini bisa berkurang atau mereda dengan sendirinya. Agar gejalanya tidak semakin buruk, gunakan obat penghilang rasa nyeri atau kompres menggunakan es. Namun tetap sabar, sebab percobaan tersebut akan memakan waktu yang cukup panjang.

Anda harus berdiskusi dengan dokter apabila mengidap penyakit orchitis, sebab pasangan Anda pun harus memperoleh perawatan yang sama. Ketika Anda mengalami pengobatan, hindari berhubungan seksual terlebih dahulu atau jangan mengangkat barang-barang yang terlalu berat. Hindari berhubungan seksual dengan berganti pasangan.

Ini dia perbedaan singkat antara orchitis pada dewasa jenis bakteri dan virus. Jangan pernah abaikan jika Anda mengalami nyeri pada bagian testis, bisa jadi organ reproduksi Anda mengalami peradangan dan membutuhkan banyak perhatian. Jangan menunda tanyakan kondisi Anda ke dokter, untuk menghindari risiko yang lebih berbahaya.

Kami Klinik Apollo akan membantu menangani semua masalah atau tanda gejala yang Anda peroleh. Bersama kami semua jenis penanganan akan berjalan dengan tepat dan aman. Kami sudah menghadirkan dokter yang berpengalaman dalam bidangnya, jadi lakukan reservasi dengan mudah di nomor 081233881616 ini. Sekian kami sampaikan mengenai orchitis pada dewasa, semoga bermanfaat.