Prostatitis Adalah Penyakit Yang Disebabkan Bakteri

Prostatitis adalah penyakit yang dibagi menjadi 4 jenis yakni akut, prostat bakteri kronis, asymptomatic inflammatory, pelvic pain syndrome. Memang penting untuk mengetahui jenis prostat ini, karena penyebab dan gejalanya memang berbeda-beda, sehingga semua proses pengobatan berbeda antara satu dengan lainnya.

Penyebab Prostatitis Adalah

Prostatitis adalah bakteri akut, merupakan kondisi infeksi bakteri yang menyebar atau naik. Beberapa jenis bakteri yang memicu terjadinya prostat akut diantaranya E. Coli. Bakteri tersebut menular seperti Neisseria gonorrhoeae, dan akan menyebabkan penyakit gonore. Klamidia merupakan salah satu penyebab infeksi, bakteri akut pada umumnya terjadi pada kalangan dengan usia 35 tahun.

Prostat bakteri kronis, berbeda dengan akut, sebab virus ini penyebabnya karena penyebaran infeksi serta saluran kemih, sehingga jenis bakteri tersebut sama dengan penyebab prostatitis bakteri akut. Prostatitis bakteri kronis bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti ginjal, HIV, atau tuberkulosis.

Chronic prostatitis adalah jenis prostat yang sering terjadi dan belum diketahui secara pasti mengenai penyebabnya. Gejala yang muncul hampir sama dengan prostatitis bakteri kronis, namun yang berbeda ketika pemeriksaan tak akan ditemukan bakteri yang tumbuh.

Asymptomatic inflammatory prostatitis merupakan sebuah kondisi ketika prostat meradang, namun tak menimbulkan banyak gejala. Virus tersebut terdeteksi ketika dokter melakukan pemeriksaan kesehatan kelenjar prostat. Penyebab dari jenis prostatitis ini sama halnya dengan bakteri kronis.

Penyebab Prostatitis Adalah

Terdapat 2 jenis prostat, yakni kronik atau biasa disebut nyeri panggul kronis dan prostat bacterial, yang menyebabkan prostat kronik belum diketahui secara pasti. Diduga karena paparan zat kimia, gangguan sistem imun, serta saraf di area panggul menjadi salah satu faktor yang berperan sebagai penyebab timbulnya gangguan tersebut. Sedangkan prostatitis adalah bakteri disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Bakteri biasanya berasal dari lubang kencing yang masuk ke saluran hingga prostat.

Prostatitis Adalah

Diagnosis Prostatitis Adalah

Di tahap awal pemeriksaan pada prostat prostat, dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan secara fisik. Jika gejala yang dialami mengarah pada prostat, dokter akan memeriksa kelenjar prostat melalui beberapa pemeriksaan seperti colok dubur.

Proses pemeriksaan ini dilakukan dengan cara memasukan jari tangan dokter yang sudah dilapisi sarung tangan kedalam anus penderita. Melalui anus, dokter bisa meraba prostat. Biasanya pada prostatitis, kondisi ini akan teraba hangat dan ditemukan sebuah benjolan. Setelah itu, akan dilakukan beberapa pemeriksaan lainnya, diantaranya :

● Pemeriksaan urin.
● Pemeriksaan uroflowmetri untuk melihat pancaran air seni yang dimiliki penderita.
● Sistoskopi yakni pemeriksaan teropong saluran kencing sampai ke buli.
● Di lakukan USG.
● Biopsi prostat.
● Menjalankan biopsy prostate.

Gejala awal prostat kronik yakni nyeri atau timbul rasa tidak nyaman dalam jangka panjang, setidaknya selama 3 bulan atau lebih dan tak menunjukan adanya tanda-tanda kesembuhan. Nyeri tersebut terjadi di area sekitar buah zakar, anus, perut bagian bawah, anus, dan bagian punggung.

Selain itu, dapat pula muncul gejala :

● Terasa nyeri ketika ejakulasi.
● Sakit di bagian lubang penis ketika buang air kecil.
● Penderita lebih sering buang air kecil dalam jumlah banyak.
● Tak bisa menahan air kencing.

Tanda dan gejala prostat bakteri memang sedikit berbeda, pada penyakit jenis ini biasanya gejala timbul secara mendadak, yakni menggigil, buang air kecil sangat sering, penderita merasakan demam, muncul sensasi terbakar ketika buang air kecil, muntah, hingga nyeri di bagian sendi.

Bagi Anda yang memperoleh tanda dan gejala prostat bisa segera lakukan pemeriksaan bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan pertama. Anda bisa melakukan registrasi atau reservasi dengan mudah di nomor 081233881616 ini. Sekian mengenai prostat adalah, semoga bermanfaat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.