Tanda dan faktor resiko Penyakit Orkitis

Penyakit menular seksual atau orkitis merupakan istilah yang mengambarkan berbagai macam infeksi yang menyerang area kalamin, bisa ditularkan melalui hubungan seksual tidak aman. Seseorang bisa terserang penyakit menular seksual karena terserang bakteri atau virus melalui darah, cairan vagina, sperma, atau sekresi dari tubuh lainnya.

Salah satu jenis infeksi yang terjadi pada pria akibat infeksi menular seksual adalah orkitis. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan di salah satu atau kedua testis pada skrotum. Penyakit ini akan membuat testis atau buah zakar mengalami pembengkakan karena disebabkan oleh infeksi virus gondok di bagian testis tersebut.

Infeksi ini menular kepada pria, terutama disebabkan oleh gonore dan klamidia. Bakteri penyebab orkitis kerap menimbulkan penyakit epididimitis, yakni peradagan pada struktur kantung epididymis di bagian belakang testis.

Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan pastinya akan menyebabkan gangguan kesuburan seorang pria. Namun tidak perlu cemas, karena jika diobati dengan baik, banyak pengidap orkitis sembuh secara total tanpa menimbulkan komplikasi lainnya.

Baca juga: ORCHITIS ADALAH PERADANGAN PADA TESTIS DALAM SKROTUM

Bagaimana Tanda Gejala Penyakit Orkitis

•Sakit serta bengkak di bagian testis atau skrotum. Pembengkakan tersebut berlangsung dalam kurun waktu beberapa minggu setelah masa penyembuhan

•Penderita mengalami demam

•Rasa mual

•Sakit ketika buang air kecil

Penyebab Dan Faktor Risiko Orkitis

Bakteri dan virus merupakan dua jenis mikroorganisme yang bisa menjadi penyebab utama orkitis. Namun jika Anda lihat penyebabnya, orkitis bisa dibedakan menjadi 3 jenis, diantaranya:

orkitis

•Orkitis bakteri, yakni virus yang kerap menjadi penyebab orkitis E. Coli, Staphylococcus, dan Streptococcus. Bakteri penyebab epididimitis pun bisa menimbulkan penyakit orkitis. Pada kalangan pria yang aktif berhubungan seks, bakteri penyakit menular seksual ini bisa terjadi karena orkitis.

•Orkitis jenis virus, merupakan penyebab utama dari penyakit orkitis, jenis ini paling sering didapati pada kalangan anak-anak yang berusia kurang dari 10 tahun

•Orkitis idiopatik merupakan jenis yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terserang orkitis diantaranya:

•Terlahir dengan saluran kemih yang abnormal

•Pernah menjalankan operasi yang berhubungan dengan saluran kemih atau organ kelamin

•Pernah atau tengah mengidap penyakit menular seksual.

•Sering berganti-ganti pasangan

•Sering melakukan hubungan seksual yang beresiko terserang infeksi, termasuk tanpa menggunakan pengaman

•Melakukan hubungan seksual dengan pengidap penyakit menular seksual

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Orkitis

Cara mengatasi penyakit orkitis berbeda antara satu dengan yang lain. Hal tersebut tergantung pada penyebab munculnya penyakit tersebut. Untuk orkitis idiopatik, dokter bisa memberi resep antibiotik atau anti radang. Untuk orkitis bakteri, ahli medis akan meresepkan antibiotik guna membunuh dan mencegah penyebaran bakteri.

Selain itu, jika orkitis berasal dari penyakit menular seksual, tak menutup kemungkinan bahwa pasangan pun membutuhkan pengobatan dengan obat antibiotic. Sementara untuk orkitis virus, dokter menyarankan pemberian antiinflamasi.

Metode untuk membantu meredakan gejala, pasien juga bisa kompres skrotum dengan es dan istirahatkan diri secara total. Anda tidak perlu khawatir karena pada umumnya pengidap orikitis virus akan mengalami perbaikan dalam beberapa hari setelah memperoleh penanganan yang tepat.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang menanggu segera lakukan konsultasi online dengan mudah bersama Klinik Apollo. Semua proses akan berjalan menggunakan alat canggih dan modern. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut segera lakukan reservasi dengan mudahnya di 081233881616. Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua mengenai penyakit orkitis, semoga bermanfaat.