Faktor Dan Penyebab Penyakit Reproduksi Wanita

Beragam jenis penyakit reproduksi bisa menyerang sistem genital wanita, sebagian infeksi bahkan beresiko mempersulit kehamilan di kemudian hari. Untuk itu penting bagi kalangan wanita, agar mewaspadai kondisi yang dapat mengganggu rencana mendapatkan keturunan tersebut.

Beberapa jenis penyakit reproduksi wanita yang bisa mempersulit kehamilan yakni miom, endometriosis, dan sindrom ovarium. Selain itu, infeksi menular seksual dan radang panggul diketahui bisa memicu gangguan kesuburan.

Baca juga: FAKTOR PENYEBAB RADANG PANGGUL PADA REMAJA

Beberapa Faktor Dan Penyebab Penyakit Reproduksi Wanita

Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai beberapa penyakit reproduksi wanita yang mempersulit kehamilan, diantaranya:

1.Endometriosis

Endometriosis terjadi saat jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim justru tumbuh di bagian luar rahim seperti vagina, ovarium, tuba falopi, bahkan dapat menjangkau beberapa organ lain dalam tubuh. Jika tak segera ditangai, lama kelamaan akan menyebabkan peradangan, membentuk jaringan parut, kista, dan kemandulan.

Sampai sekarang, belum ada pengobatan khusus untuk atasi kondisi ini. Pengobatan endometriosis pada umumnya ditujukan untuk meringankan gejala yang dialami, memperlambat pertumbuhan jaringan tidak normal, dan meningkatkan kesuburan. Jika metode pengobatan tidak berjalan efektif, kemungkinan dokter akan sarankan Anda untuk melakukan prosedur operasi.

2.Miom

Miom merupakan pertumbuhan jaringan non kanker yang ada dalam rahim. Pertumbuhan jaringan ini pada umumnya tidak akan pengaruhi proses kehamilan. Hanya saja, ada sebagian kasus yang lokasi pertumbuhannya bisa menyebabkan kemandulan atau keguguran. Jika pertumbuhan miom diketahui berisiko mempersulit kehamilan pada masa yang akan datang, dokter akan sarankan untuk mengangkatnya.

penyakit reproduksi

3.Sindrom ovarium polikistik

Pcos atau sindrom ovarium merupakan sebuah kelainan hormonal pada wanita yang bisa mempersulit kehamilan. Sindrom ini dikenali dari siklus haid yang tidak teratur, munculnya jerawat dan pertumbuhan rambut dalam jumlah berlebihan.

Sampai sekarang, metode pengobatan yang efektif untuk atasi sindrom ovarium belum ditemukan. Pengobatan yang ada mempunyai tujuan untuk mengendalikan gejala yang hadir akibat sindrom tersebut. Untuk memperbesar peluang kehamilan, penderita pcos perlu menjalankan pengobatan secara teratur, di bawah pantauan dokter.

4.Radang panggul

Penyakit radang panggul menyerang sebab saluran reproduksi bagian atas seperti leher rahim, indung telur, rahim dan tuba falopi, masalah ini terjadi karena ditemukan peradangan akibat infeksi bakteri pada organ genital. Apabila tidak segera ditangani, penyakit radang panggul bisa sebabkan komplikasi serius yang akan mempersulit kehamilan, yakni munculnya jaringan parut pada sistem reproduksi.

Infeksi bakteri ini bisa diatasi dengan obat jenis antibiotik, pasien akan kami anjurkan untuk menyelesaikan masa pengobatan sampai tuntas, guna kurangi resiko terjadinya komplikasi lain yang semakin serius.

5.Infeksi menular seksual

Gonore dan klamidia merupakan infeksi menular seksual yang mempunyai hubungan dengan kemandulan, khususnya kalangan wanita. Pasalnya, wanita sering tidak memperoleh tanda dan gejala yang jelas ketika menderita infeksi tersebut, sehingga terlambat memperoleh penanganan.

Tanpa penanganan yang tepat, gonore dan klamidia akan berkembang dari vagina menuju rahim pada kondisi yang semakin berat, infeksi ini akan menyerang menjadi radang panggul dan wanita akan kesulitan untuk hamil.

Penyakit reproduksi wanita tidak bisa anda anggap remeh dan harus segera ditangani. Jika Anda mempunyai tanda dan gejala penyakit tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang dibutuhkan, terutama untuk mempertahankan fungsi reproduksi agar bisa mempunyai keturunan nantinya.

Bagi Anda yang mengalami tanda diatas, segera lakukan konsultasi sekarang juga bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan terbaik. Lakukan reservasi sekarang juga di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit reproduksi wanita, semoga bermanfaat.