Faktor Penyebab Radang Panggul Pada Remaja

Radang panggul pada remaja merupakan sebuah tanda dan gejala pada bagian pinggul yang bisa dialami kalangan pria ataupun wanita. Meski banyak kasus wanita yang sering merasakan nyeri di area tersebut. Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya rasa sakit di area panggul. Simak beberapa penyebab utama nyeri panggul yang akan kami ulas dibawah.

Baca juga: KENALI BEBERAPA GEJALA RADANG PANGGUL WANITA

Apa Saja Penyebab Utama Radang Panggul Pada Remaja?

1.Menstruasi

Sebab utama dari rasa nyeri radang panggul pada remaja yakni karena kram ketika menstruasi. Produksi hormone tertentu ketika haid akan menyebabkan kontraksi yang membuat area sekitar panggul menjadi lebih sensitif. Terdapat beberapa gejala diantaranya muntah, mual, diare, dan pada umumnya dialami seiring adanya kontraksi. Terdapat beberapa jenis obat yang meringankan rasa kram tersebut, namun apabila sakit berlanjut, Anda bisa konsultasikan masalah tersebut kepada dokter.

2.Infeksi panggul

Infeksi pada panggul pada umumnya disebabkan karena tumbuhnya kista ketika masa ovulasi tersebut terjadi. Kista yang menjadi penyebab utama terjadinya rasa nyeri di area panggul. Cara terbaik untuk mengatasinya yakni konsumsi pil KB dibawah pengawasan dokter.

radang panggul pada remaja

3.Fibromyalgia

Anda mungkin terserang fibromyalgia apabila mengalami nyeri panggul secara terus menerus dan disertai dengan rasa gelisah atau tidak nyaman. Penyakit ini identic dengan masa menstruasi wanita, dimana rasa nyeri yang maksimal akan terjadi pada vagina, adanya iritasi kandung kemih, dan insomnia. Beberapa gejala diatas merupakan tanda dari penyakit fibromyalgia. Anda harus mengubah gaya hidup untuk mencegah penyakit tersebut, selain itu obat penghilang rasa sakit atau antidepresan merupakan salah satu solusi mengobati fibromyalgia.

4.Endometriosis

Setelah melahirkan, ligament yang membantu bayi keluar dari rahim dan menyebabkan ketidakstabilan di bagian sendi pada panggul wanita. Hal tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan jaringan endometriosis diluar rahim, sehingga nyeri panggul sering dialami ketika siklus haid atau berhubungan seksual. Beberapa jenis kasus bahkan membuat wanita mandul akibat penyakit tersebut.

5.Irritable bowel syndrome

Irritable bowel syndrome mempunyai nama lain yakni sindrom iritasi usus besar yang mengakibatkan rasa sakit atau kembung di area panggul wanita. Sindrom tersebut muncul setelah makan atau setelah buang air besar. Sembelit atau diare merupakan gejala dari adanya sindrom tersebut.

Anda sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung serat dan kadar air yang tinggi, selain itu batasi alkohol dan kafein. Apabila sakit masih berlanjut, maka Anda harus hubungi dokter setempat. Mengenai informasi selengkapnya tentang sindrom bisa Anda konsultasikan bersama dokter.

6.Aktivitas kehidupan seksual

Kehidupan seks atau hubungan suami istri dengan penyakit radang panggul pada remaja memang mempunyai ikatan yang cukup intens, sebab selain adanya infesksi secara primer, ternyata penyakit tersebut bisa disebabkan oleh kegiatan seksual yang aktif atau berlebihan.

Faktor Penyebab Penyakit Radang Panggul

Jadi yang paling penting Anda harus mengetahui bahwa setiap sperma yang dikeluarkan pria mengandung bakteri, dan virus tersebut bisa menjadi penyebab utama dari peradangan yang biasanya terjadi di area panggul.

Tak semua radang panggul pada remaja berhubungan dengan organ reproduksi, maka dari itu jangan simpulkan penyakit tertentu, apabila Anda mengalami nyeri di area panggul. Hal terbaik sebelum mengobati nyeri panggul yakni dengan hindari penyebabnya, namun jika sudah terlanjur sakit, jangan ragu untuk segera hubungi dokter.

Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan terbaik kepada semua pasien yang sudah percayakan kinkerja dan kualitas kami. Lakukan reservasi bersama kami dengan mudahnya melalui nomor 081233881616 . Sekian mengenai penyakit radang panggul pada remaja, semoga bermanfaat.