Pinggang Kanan Sakit, Apa Penyebabnya?

Pada umumnya, pinggang kanan sakit disebabkan oleh kebiasaan tubuh membawa beban berat di bagian kanan. Faktanya masih banyak jenis penyebab pinggang kanan Anda menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Mari simak ulasan selengkapnya bersama kami.

Baca juga: PENGOBATAN UNTUK WANITA DENGAN PENYAKIT RADANG PANGGUL

Apa Saja Penyebab Pinggang Kanan Sakit

Terdapat banyak kemungkinan sumber sakit pinggang di sebelah kanan, salah satunya masalah pada organ area pinggang, abdomen, atau pelvis, sakit dan rasa nyeri tersebut bisa disebabkan oleh adanya peradangan pada organ dalam atau mengkin terkena infeksi. Berikut hal yang menyebabkan pinggang kanan sakit:

1.Gejala sakit ginjal

Gejala batu ginjal, infeksi saluran kencing, sakit ginjal, dan komplikasi ginjal mempunyai ciri-ciri yang sama. Kedua kondisi ini bisa menyebabkan nyeri pada bagian pinggang bawah, bisa terjadi di sebelah kanan atau kiri.

Gejala sakit ginjal ini biasanya akan disertai rasa nyeri ketika kencing atau muntah. Sakit saat buang air kecil pada umumnya terjadi akibat batu kristal atau ginjal yang bergerak melalui ureter dan pada akhirnya masuk ke dalam saluran kencing manusia. Dampak dari sakit ginjal ini tidak jarang menyebabkan nyeri pinggang sebelah kanan, dimana salah satu ginjal berada pada area tersebut.

pinggang kanan sakit

2.Otot tegang

Penyebab paling sering dari timbulnya pinggang kanan sakit yakni akibat otot yang menegang. Otot tegang bisa disebabkan oleh beberapa hal berbeda. Contohnya, ketika Anda mengangkat sesuatu tidak dalam posisi tubuh yang benar, salah dalam bergerak, atau salah melakukan gerakan ketika olahraga. Beberapa contoh tersebut dapat memungkinkan Anda untuk mengalami nyeri atau sakit pinggang, khususnya di bagian sebelah kanan.

3.Lumbar disc syndrome

Pinggang kanan sakit ini sering disebabkan oleh postur tubuh yang tidak tepat ketika mengangkat beban. Akibatnya, dapat mengurangi fungsi diskus tulang rawan yang ada pada bagian belakang tubuh.

Ketika celah diskus tulang rawan Anda menyempit, lalu tulang akan terdorong, sehingga menyebabkan tekanan pada saraf punggung bagian kanan atau kiri. Jika satu saraf terganggu, maka punggung dan pinggang akan kesemutan, mudah sakit atau mati rasa.

4.Penyakit degeneratif tulang belakang

Penyakit yang terjadi pada tulang bagian belakang manusia ini pada umumnya terjadi ketika tulang area tersebut mulai keropos. Mungkin Anda lebih mengenalnya dengan nama pengapuran tulang. Pada umumnya banyak terjadi pada kalangan dengan lanjut usia atau terkadang disebabkan karena obesitas. Untuk obesitas, pengapuran tersebut terjadi ketika semakin besar tekanan pada sendi, semakin mudah pula bagi sendi untuk lebih rapuh.

5.Penyakit radang panggul

PID atau pelvic inflammatory diseases disebut juga dengan penyakit radang panggul yakni sebuah peradangan yang terjadi pada sistem reproduksi dan saluran kemih wanita, termasuk saluran tuba, uretra rahim, dan ovarium.

Penyakit radang panggul penyebab umumnya yakni nyeri dibagian kanan dan perut bawah wanita. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual. Pada umumnya gejala radang panggul paling awal yakni munculnya keputihan tidak normal dan merasa nyeri ketika buang air kecil.

6.Radang usus buntu

Apabila Anda mempunyai rasa sakit pada sisi kanan pinggang yang berlangsung beberapa hari disertai hilangnya nafsu makan, muntah, mual, dan demam, bisa jadi masalah tersebut sebagai tanda radang usus buntu atau dalam bahasa medis disebut dengan apendisitis.

Bagi Anda yang merasa tidak nyaman dengan nyeri tersebut, lakukan konsultasi dan pengobatan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai pinggang kanan sakit, semoga bermanfaat.