Ketentuan Dan Syarat Pap Smear

Kanker serviks atau leher rahim merupakan salah satu jenis yang sering menyerang wanita, bagaimana ketentuan syarat pap smear untuk pertama kalinya. Satu hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks sedini mungkin yakni dengan melakukan pemeriksaan pap smear. Apabila ditemukan adanya tanda kanker serviks yang berkembang dalam tubuh melalui pemeriksaan ini, maka Anda dapat mencegahnya sedini mungkin.

Sebelum menjalankan proses pap smear sebaiknya anda mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sebelum Anda menjalankan proses pap smear untuk kali pertama, pahami hal-hal berikut ini dengan baik.

konsultasi

Apa Saja Ketentuan Dan Syarat Pap Smear?

Sebelum memperoleh pemeriksaan pap smear untuk pertama kalinya, sebaiknya Anda sudah mengetahui apa yang akan dilakukan, sehingga nantinya tidak kaget. Syarat pap smear ini dijalankan untuk melihat perubahan sel dalam serviks Anda. Jadi pada prosesnya, sampel sel dalam serviks Anda akan diambil untuk diteliti lebih lanjut di Lab.

Saat proses pemeriksaan, Anda akan diminta untuk melepas baju dari pinggang sampai kebawah. Kemudian pasien akan diminta untuk berbaring di meja khusus dengan lutut ditekuk. Dokter akan memasukan alat yang disebut dengan speculum ke organ vagina Anda. Alat tersebut berfungsi untuk melebar vagina Anda, sehingga dokter akan melihat leher rahim dan mengambil sampel sel serviks dengan alat yang disebut spatula.

Sampel sel-sel serviks ini kemudian akan ditempatkan pada sebuah tempat berisikan cairan atau disebarkan pada slide kaca khusus. Selanjutnya pap smear Anda akan dibawa ke lab untuk diperiksa, tunggu hasilnya sampai 2 minggu kemudian.

konsultasi

syarat pap smear

Kapan Harus Melakukan Pemeriksaan Pap Smear?

Semua wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear pertama kalinya di usia 21 tahun, terlepas apakah Anda aktif berhubungan seksual atau sebaliknya. Namun jika usia anda lebih dari 21 tahun, tenang Anda belum terlambat untuk segera memeriksakan kondisi tersebut. Lakukan proses syarat pap smear segera untuk mencegah atau mengurangi resiko kanker serviks.

Semua kalangan disarankan untuk melakukan pap smear secara rutin setiap 2 tahun sekali, bagi wanita yang berusia 21 sampai 30 tahun. Bagi Anda yang berusia lebih dari 30 tahun, kami sarankan untuk melakukan pap smear disertai tes HPV dalam jangka waktu 5 tahun sekali.

konsultasi

Apa Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Pemeriksaan Pap Smear?

Jangan sembarangan melakukan pemeriksaan, pahami syarat pap smear, beberapa hal harus Anda persiapkan sebelum melakukan proses tersebut. Jika Anda tidak mempersiapkan dengan baik, ini akan mempengaruhi hasil tes yang berjalan.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pap smear pertama kalinya, yakni:

•Lakukan pap smear ketika Anda sedang tidak dalam siklus haid. Pahami siklus menstruasi, sehingga lebih mudah membuat janji dengan dokter untuk melakukan pap smear tersebut.

•Jangan bersihkan vagina Anda dengan produk douch tiga hari sebelum proses pemeriksaan

•Tidak menjalankan hubungan seksual beberapa hari sebelum pemeriksaan berlangsung

•Tidak menggunakan tampon selama 2 hari sebelum pemeriksaan berlangsung

•Tak mengenakan alat kontrasepsi, seperti krim, jeli, obat-obatan vagina sebelum pemeriksaan, sebab hal tersebut akan menghilangkan atau hasil tes tidak akan terlihat jelas.

•Kosongkan kandung kemih sebelum melakukan tes untuk kenyamanan diri Anda pribadi, jadi buang air kecil terlebih dahulu sebelum proses pap smear berlangsung.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua proses pap smear agar berjalan dengan lancar. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut lakukan reservasi bersama kami sekarang juga di 081233881616 . Demikian mengenai ketentuan dan syarat pap smear, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.