Pahami Hubungan Selaput Darah Dan Keperawanan

Keutuhan selaput darah identik dengan keperawanan seorang wanita. Selain itu, masyarakat juga mendeskripsikan keperawanan wanita dengan kehormatan dalam keluarga. Jadi selaput dara atau biasa disebut hymen merupakan sebuah simbol moral seorang wanita dapat menjaga diri, keluar, agama, dan budaya. Keperawanan merupakan sebuah istilah yang kerap dihubung-hubungkan dengan berbagai macam mitos. Tidak jarang, kedua tema ini masih dianggap tabu untuk dibicarakan bagi sebagian kalangan.

Baca juga: PROSES OPERASI SELAPUT DARA, TREN MASA KINI

konsultasi

Apa Arti Dari Keperawanan?

Perawan sering diartikan sebagai wanita yang belum pernah berhubungan seksual sama sekali. Seks sendiri mempunyai arti yang luas. Banyak kalangan yang mengartikan seks sebagai kegiatan penetrasi penis dalam vagina. Definisi ini benar-benar sempit, sebab mengesampingkan berbagai tipe seks jenis lainnya

Beberapa kalangan yang belum pernah berhubungan seksual penetrasi vagina, namun tidak menganggap diri mereka sebagai perawan, sebab sudah pernah menjalankan seks tipe lainnya seperti oral dan anal. Definisi ini bahkan membatasi lingkup beberapa komunitas yang mungkin tidak pernah menjalankan seks secara penetrasi yakni penis dan vagina, namun mereka tidak menyatakan bahwa dirinya termasuk golongan perawan.

Sebagian kalangan mempercayai bahwa keperawanan didasari oleh kesepakatan kedua belah pihak, yakni keinginan dan setuju untuk terlibat dalam hubungan seksual. Jadi banyak yang beranggapan bahwa hubungan sesual tersebut berdasarkan paksaan dan menjadikan seorang wanita tidak perawan lagi.

konsultasi

selaput darah

Apa Pengertian Dari Selaput Darah?

Selaput merupakan jaringan kulit tipis yang melapisi bukaan pada vagina. Banyak asumsi yang menyatakan bahwa selaput ini berbentuk lebar menutupi keseluruhan vagina. Padahal, hymen mempunyai berbagai macam tingkat ketebalan dan elastisitasnya bukaan yang berbeda-beda, antara satu kalangan dengan lainnya. Untuk memungkinkan darah menstruasi dan cairan tubuh mengalir keluar.

Pada umumnya, selaput darah mempunyai bukaan yang lebar seperti jari atau tampon kecil. Namun bukaan tersebut tidak selalu dalam bentuk lubang. Bagi beberapa kalangan wanita, bukaan selaput mempunyai bentuk seperti tangan dan ada yang berbentuk seperti lubang kecil di seluruh permukaan hymen.

Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, bukaan dapat terlihat kecil sehingga penis, jari atau tampon mungkin tidak dapat menembus lapisan tersebut dengan mudah. Bahkan ada beberapa kalangan wanita yang terlahir tanpa memiliki selaput dara dalam vaginanya.

Ketika seorang wanita masuk masa puber dan mulai produksi hormone estrogen, hal tersebut dapat menyebabkan hymen berubah teksturnya, yakni menyediakan halangan semu untuk menikmati hubungan seks tanpa ada rasa sakit. Fungsi dari selaput darah sendiri belum diketahui, namun beberapa sumber mengatakan bahwa hymen ada untuk melindungi bibir atau bukaan vagina dari daerah sekitarnya selama masa pertumbuhan seseorang.

konsultasi

Selaput Darah Robek, Tidak Perawan?

Keutuhan selaput dara sampai sekarang masih menjadi tolak ukur keperawanan dan moralitas seseorang. Padahal keperawanan tak bisa hanya diukur atau dibuktikan dengan berbagai pemeriksaan vagina saja. Banyak faktor penentu yang mungkin memainkan faktor pada cedera di selaput dara seorang wanita. Beberapa wanita bahkan tidak menyadari ketika selaput dara mereka robek, terutama jika hal tersebut terjadi saat berhubungan seksual, karena robeknya hymen bisa terjadi tanpa mengakibatkan pendarahan atau luka sama sekali.

Jadi, utuh atau tidaknya selaput darah tidak bisa dijadikan untuk penentu keperawanan seseorang, sebab keperawanan tidak selalu dilakukan dengan penetrasi. Jika Anda mempunyai berbagai keluhan mengenai hymen, bisa konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan terjamin. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai selaput darah, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.