Proses Operasi Selaput Dara, Tren Masa Kini

Sekarang keperawanan masih identik dengan selaput dara, banyak budaya yang menggunakan selaput dara sebagai ukuran keperawanan, lalu bagaimana operasi selaput dara?. Koyaknya selaput dara sering disebut sebagai tanda sudah tidak perawanan seseorang. Apakah hal tersebut bisa diukur dan apa sebenarnya selaput dara?.

Baca juga: TES DAN OPERASI MENGEMBALIKAN KEPERAWANAN

konsultasi

Bagaimana Proses Operasi Selaput Dara?

Selaput dara dikenal dengan istilah hymen yakni jaringan kulit yang tipis dan melapisi bukaan vagina. Selaput dara menutupi bagian atau seluruh bibir vagina. Jadi sebenarnya fungsi selaput dara tersebut untuk melindungi area bibir vagina dan daerah sekitarnya selama masa pertumbuhan seseorang.

Selaput dara mempunyai ketebalan, tingkat elastis, dan bukaan yang berbeda pada setiap wanita. Bukaan ini yang memungkinkan darah menstruasi atau cairan dalam tubuh Anda keluar. Selaput dara mempunyai bentuk yang berbeda antara satu kalangan wanita dengan lainnya. Bentuk yang umum yakni seperti bulan sabit dan bisa berubah karena dipengaruhi oleh kadar dari kegiatan hormone Anda.

Ketika seorang wanita menginjak usia masa puber dan mulai memproduksi hormone estrogen, hal tersebut bisa menyebabkan hymen berubah teksturnya, menyediakan halangan semu untuk menikmati hubungan seksual tanpa ada rasa sakit. Bentuk selaput dara bisa berubah akibat kegiatan seksual yakni penetrasi penis ke vagina, mastrubasi, cedera, proses persalinan, atau olahraga berlebihan.

konsultasi

operasi selaput dara

Apakah Selaput Dara Yang Robek Berarti Sudah Tidak Perawan?

Pada umumnya selaput dara akan robek ketika pertama kali melakukan hubungan seksual berupa penetrasi penis kedalam vagina. Hal tersebut akan menyebabkan sedikit pendarahan dan rasa nyeri tidak nyaman, walaupun tak semua kalangan akan mengalaminya. Jadi memang semua akan bergantung pada elastisitas masing masing wanita.

Namun tak selamanya selaput dara robek disebabkan oleh seks berupa penetrasi. Ada banyak kegiatan lain yang bisa menyebabkan hal tersebut seperti olahraga, menggunakan tampon, menstruasi, melakukan pemeriksaan pada vagina dan kegiatan jenis lainnya. Hal yang perlu Anda ketahui, tidak semua kalangan wanita terlahir dengan selaput dara. Jadi sebenarnya selaput dara tidak bisa digunakan untuk mengukur keperawanan seorang wanita.

konsultasi

Selaput Dara Tidak Pernah Hilang

Satu hal unik dari selaput dara yakni ia tidak akan hilang dari tubuh Anda, bahkan setelah robek sekalipun. Beberapa jaringan selaput dara akan selalu menetap di dalam vagina. Residu tersebut akan tetap ada bahkan setelah proses persalinan. Kini banyak fasilitas kesehatan yang memberi layanan meremajakan atau operasi selaput dara, menggunakan perkembangkan teknologi dan prosedur yang biasa dilakukan, yakni:

Operasi selaput dara, proses ini memungkinkan dokter untuk menjahit kembali sisa-sisa jaringan selaput dara. Operasi tersebut bukan kegiatan medis yang serius, melainkan hanya sebuah prosedur yang dilakukan atas masalah pribadi, seperti operasi plastic.

Selaput dara buatan, benda ini tidak beracun dan aman untuk digunakan. Hymen buatan tersebut bisa dimasukan kedalam vagina, sehingga melepaskan darah palsu atau cairan buatan dengan tekstur yang mirip dengan darah, ketika penetrasi terjadi.

Keperawanan merupakan hal yang berharga dan sangat sakral bagi kaum wanita. Namun apa jadinya jika mahkota tersebut hilang sebelum masanya. Namun operasi selaput dara ini biasa dijalankan oleh sejumlah kalangan yang mengalami kekerasan seksual atau kecelakaan yang menyebabkan selaput robek. Kami Klinik Apollo akan membantu semua permasalahan Anda dengan maksimal, lakukan reservasi sekarang di 081233881616. Sekian mengenai operasi selaput dara, semoga memberi banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.