Gatal Pada Vagina, Indikasi Penyakit Kelamin Pada Wanita?

Gatal pada kemaluan merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang terjadi pada siapapun, apakah ada indikasi penyakit kelamin pada wanita?. Kondisi tentunya tidak boleh disepelekan, sebab bisa jadi ini menjadi kondisi medis yang serius dan mengancam nyawa penderitanya.

Baca juga: PENYAKIT MENULAR SEKSUAL ADALAH INFEKSI BAKTERI DAN VIRUS

Bagaimana Tanda Dan Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita?

Perlu Anda pahami dengan baik, gatal pada kemaluan bukan hanya keluhan, namun ada sebab yang mendasarinya. Dengan istilah lain, terjadinya gatal di area kemaluan disebabkan oleh adanya penyakit kelamin pada wanita serta kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi yang terbukti berhubungan dengan gatal pada kemaluan, diantaranya:

1.Infeksi

Infeksi jamur dan bakteri yang terjadi di kemaluan bisa menyebabkan rasa gatal di area kelamin. Kondisi ini dapat diatasi dengan minum obat jenis antibiotik yang harus dikonsumsi dibawah pengawasan dokter tentunya.

2.Kutu kemaluan

Infeksi yang disebabkan oleh kutu merupakan serangga parasit yang dapat menyebabkan gatal pada area genital. Ini karena mereka akan tinggal di area tersebut, khususnya pada rambut. Kondisi ini mudah ditularkan dari hubungan seksual dengan kalangan yang sudah terinfeksi terlebih dahulu.

Jika Anda menemukan bintik hitam di pakaian dalam, kemungkinan besar Anda mengalai masalah satu ini. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan terjamin.

penyakit kelamin pada wanita

3.Iritasi atau reaksi alergi

Menggunakan bahan-bahan tertentu di area kemaluan yang bisa menyebabkan iritasi atau reaksi berlebih yang menimbulkan rasa gatal pada area genital. Contohnya bahan yang menyebabkan iritasi dan alergi, pelembab kain, pemutih, sabun, kain sintetik, tisu toilet, pembalut, produk pelumas seks, dan detergen.

Jika gatal di kemaluan terjadi karena kondisi tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan menghentikan bahan atau produk yang sedang digunakan. Pilihlah jenis yang aman dan ramah untuk area kelamin Anda.

4.Kudis

Scabies atau lebih dikenal dengan kubis merupakan jenis penyakit yang sangat mudah menular, kondisi ini disebabkan oleh tungau kecil. Infeksi dapat berpindah dari satu kalangan ke kalangan lain melalui kontak kulit dengan penderita secara langsung.

5.Infeksi menular seksual

Gatal di area kemaluan merupakan salah satu gejala yang bisa terjadi karena penderita terserang penyakit kelamin pada wanita. Kondisi ini tentunya mudah menular, salah satunya melalui kegiatan seks yang beresiko.

6.Diabetes

Gatal di kemaluan yang tidak kunjung usai bisa menjadi tanda dari adanya penyakit diabetes mellitus tipe 2. Kondisi ini pada umumnya disertai dengan kadar gula darah yang tinggi dan badan penderita menjadi mudah lemas berkepanjangan.

7.Menopause

Seiring bertambahnya usia, wanita akan mengalami penurunan kadar hormone estrogen hingga pada akhirnya habis dan mengalami masa menopause. Kurangnya kadar hormone tersebut berhubungan erat dengan kondisi kulit yang kering dan tipis, sehingga sensasi gatal di area genital kemungkinan besar terjadi.

8.Kanker

Walau bukan hal pasti, beberapa sumber pernah mengatakan bahwa gatal pada kemaluan dapat menjadi salah satu gejala terjadi kanker penis pada seorang pria dan vulva pada kalangan wanita.

Jika gatal pada kemaluan tidak kunjung membaik dan terjadi secara berulang-ulang, terasa sangat berat atau disertai dengan keluarnya sekresi tidak normal pada alat kelamin, Anda bisa segera konsultasikan kondisi tersebut pada dokter yang ahli dalam bidangnya untuk mencari tahu penyebab dan cara paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Jangan berdiam diri, karena gatal di kemaluan yang tidak segera ditangani akan mengganggu rutinitas Anda, bahkan kualitas hidup Anda akan mengalami penurunan. Pasangan Anda juga beresiko tertular penyakit kelamin pada wanita tersebut.

Jika tanda dan gejala sudah semakin mengganggu lakukan konsultasi sekarang juga di Klinik Apollo Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai penyakit kelamin pada wanita, semoga bermanfaat.