Mengulik Fungsi Serviks Pada Organ Reproduksi Wanita

Fungsi serviks tidak berpengaruh besar, kecuali wanita sedang berada di masa kehamilan atau timbul beberapa masalah. Serviks merupakan bagian ketiga rahim paling bawah. Serviks membentuk leher dan membuka kedalam vagina, hal ini bisa disebut dengan kanal endoserviks.

Panjang dan lebarnya kurang lebih 1 inchi, sebagian besar terdiri dari jaringan otot. Karena lokasinya antara uterus dan vagina, serviks jarang terlihat. Untuk bisa melihat serviks sendiri dibutuhkan cermin dan cahaya yang terang.

Baca juga: CARA MENGATASI WANITA DENGAN SERVISITIS

konsultasi

Pengertian Mengenai Serviks Atau Leher Rahim

Pembukaan sempit serviks biasa disebut dengan OS, kemungkinan darah menstruasi mengalir keluar dari vagina selama menstruasi tersebut. Serviks ditutupi oleh epitel yang terbuat dari lapisan yang tipis. Sel ini merupakan skuamosa atau kelenjar. Sel-sel ini datar dan bersisik, sedangkan sel kolumnar muncul seperti namanya, yakni tidak jauh berbeda dengan kolom.

Apa Saja Tiga Bagian Serviks?

•Bagian dalam yang hanya bisa Anda lihat dari dalam vagina, biasa disebut ektoserviks. Pusatnya bisa terbuka dan menciptakan jalan antara rahim dan vagina

•Endoserviks juga disebut dengan kanal endoserviks, yakni jalur antara ektoserviks dan uterus.

•Titik dimana endoserviks dan ektoserviks bertemu biasanya disebut dengan zona transformasi.

konsultasi

fungsi serviks

Apa Saja Fungsi Serviks Atau Leher Rahim?

Fungsi serviks akan menghasilkan lendir serviks, lendir tersebut berubah dalam konsistensinya selama siklus menstruasi. Pada titik kesuburan terbesar, leher rahim akan menghasilkan banyak lendir bening yang membantu tingkatkan kehamilan.

Selama masa kehamilan, lendir yang diproduksi oleh serviks mengental untuk menciptakan sumber serviks. Lendir ini mempunyai fungsi embrio yang tumbuh dari infeksi. Sumbat serviks akan menipis dan dikeluarkan ketika masa persalinan sudah dekat.

Selama menstruasi, serviks membuka sedikit untuk jalur aliran menstruasi. Selama masa kehamilan, OS serviks menutup untuk membantu menjaga janin dalam rahim sampai kelahiran. Fungsi serviks yang penting yakni pada masa persalinan, ketika serviks membesar, untuk memungkinkan perjalan janin dari uterus ke vagina.

konsultasi

1.Kesuburan

Fungsi serviks lainnya yang berhubungan dengan wanita, kanal serviks merupakan akses masuknya sperma ke rahim setelah berhubungan seksual dan beberapa bentuk inseminasi buatan. Beberapa sperma tetap berada di ruang bawah serviks, lipatan endoserviks, yang bertindak sebagai reservoir, mereka bisa lepaskan sperma selama beberapa jam dan memaksimalkan peluang pembuahan.

Beberapa metode kesadaran dan kesuburan seperti Creighton dan billings yang akan melibatkan periode kesuburan dan infertilitas wanita dengan mengamati perubahan fisiologis dalam tubuhnya. Diantara perubahan-perubahan ini terdapat beberapa yang melibatkan kualitas lendir serviks seperti sensasi yang ditimbulkannya pada vulva, elastisitasnya, keberadaan pakis, dan transparansi.

2.Persalinan

Serviks berperan dalam persalinan, ketika janin turun ke dalam rahim untuk persiapkan kelahiran, bagian presentasi, biasanya kepala bersandar dan didukung oleh serviks. Ketika persalinan berlangsung, serviks menjadi lebih lembut dan pendek, mulai melebar, dan berpotensi untuk menghadap ke depan.

Jumlah persalinan vagina menjadi faktor kuat yang mempengaruhi seberapa cepat serviks dapat melebar ketika persalinan. Waktu yang diperlukan serviks untuk memperbesar dan menghilang adalah salah satu faktor yang digunakan dalam sistem pelaporan skor bishop, ini akan digunakan untuk merekomendasikan apakah intervensi seperti induksi, forcep, atau operasi Caesar harus dilakukan dalam masa persalinan.

Tidak Mampunya serviks merupakan sebuah kondisi dimana pemendekan serviks karna penipisan dan pelebaran terjadi, sebelum kehamilan panjang. Panjang serviks adalah predictor terkuat selama persalinan prematur. Ini dia beberapa fungsi serviks, jika Anda mengalami masalah, dapat segera konsultasi di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan secara cepat. Lakukan reservasi dengan mudah di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai fungsi serviks, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.