Cegah Berbagai Infeksi Mengenai Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri. Setelah klamidia dan gonore (kencing nanah), ke 2 penyakit ini adalah penyakit menular seksual (PMS) ke 3 yang paling umum. Infeksi dapat mempengaruhi pria dan wanita dan biasanya muncul sebagai chancre. Penyakit sipilis menyebar atau menular dari orang ke orang melalui kontak lansgung dengan luka penyakitnya.

Luka penyakitnya dapat ditemukan pada penis, vagina atau anus dan dapat ditemukan pada dubur, di dalam mulut atau di bibir. Seseorang dapat terinfeksi saat melakukan kontak langsung dengan luka penyakitnya selama hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral yang tidak terlindungi. Penyakit ini juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kehamilan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang dapat disembuhkan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir atau kulit yang terkelupas. Begitu masuk ke dalam tubuh, penyakit ini memasuki aliran darah dan menempel pada sel, serta merusak organ seiring waktu.

Ada beberapa tahapan melalui mana penyakit yang tidak segera diobati berkembang, masing-masing tahapannya dengan tanda dan gejala yang unik. Penyakit yang tidak segera diobati dari tahap awal hingga tahap akhir dapat mengalami gejala dari 17 hari hingga 30 tahun. Sementara dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik, komplikasi yang dapat berkembang pada tahap selanjutnya tidak dapat diatasi dengan pengobatan.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum atau Spirochete. Beberapa faktor risikonya meliputi berhubungan seksual dengan banyak pasangan seksual, terlibat dalam hubungan seksual tanpa kondom, terinfeksi HIV atau virus penyebab AIDS, pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi. Dari faktor risiko ini yang dapat menyebabkan terinfeksi penyakit ini.

Kenali Setiap Gejala Pada Penyakit Sipilis?

Berikut beberapa tahapan dan gejala penyakit sipilis, diantaranya:

• Tahap Primer
Tahap utama penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya luka tunggal atau chancre. Dalam waktu 10 hari hingga 90 hari setelah kontak dengan bakteri di area infeksi. Biasanya muncul secara tunggal dan terlihat datar atau seperti terangkat tanpa rasa sakit. Chancre dapat ditemukan di luar alat kelamin.

Termasuk penis, skrotum dan vagina, di dalam vagina atau dubur, di sekitar anus, di bibir atua di mulut meskipun tidak biasa. Rasa sakitnya bisa berlangsung dari 3 minggu hingga 6 minggu. Chancre akan hilang dengan atau tanpa pengobatan. Jika tanpa adanya pengobatan, seseorang tersebut masih akan menderita penyakit ini dan dapat menularkannya pada orang lain.

• Tahap Sekunder
Berkembang dari 17 hari hingga 6 ½ bulan setelah infeksi. Gejalanya dapat berlansung dari 2 minggu hingga 6 minggu. Gejalanya dapat termasuk ruam yang kasar, berwarna cokelat kemerahan yang muncul di telapak tangan atau ditelapak kaki yang biasanya tidak terasa gatal. Ruam pada bagian tubuh yang lainnya termasuk leher, kepala dan dada.

Condyloma Lata atau kutil penyakit ini, luka kulit yang lembab dan terangkat dapat ditemukan di anus atau area genital. Bercak lendir, luka yang datar, berbentuk bulan, berwarna putih ke abu-abuan juga dapat muncul di mulut, tenggorokan dan serviks (leher rahim). Kerontokan rambut di kepala dan bagian tubuh lainnya atau kesehatan yang buruk. Gejala tahap ini akan hilang dengan atau tanpa adanya pengobatan. Akan tetapi jika tidak diobati akan tetap berada didalam tubuh, kemudian memasuki tahap laten yang tidak memiliki gejala.

• Tahap Laten
Tahap ini didefinisikan sebagai waktu dimana tidak adanya gejela sama sekali. Berkembang dari 2 tahun hingga 30 tahun setelah infeksi. Karena tidak adanya gejala, salah 1 cara untuk menguji infeksi ini selama periode tahap laten adalah dengan melakukan tes atau pengujian darah. Kekambuhan tahap sekudner dapat terjadi setelah penyakit ini memasuki tahap laten dan biasanya akan terjadi selama 2 tahun pertama latensi.

• Tahap Tersier
Gejala tahap tersier dapat terjadi dalam 2 tahun hingga 30 tahun setelah infeksi. Komplikasi selama tahap ini dapat meliputi gumma (benjolan yang kecil atau tumor yang dapat berkembang pada kulit, tulang, hati dan organ lain), masalah dengan jantung dan pembuluh darah atau gangguan sistem saraf kronis seperti kebutaan, kegilaan dan kelumpuhan.

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Tes atau pengujian darah yang diambil dari vena di lengan biasanya digunakan untuk menguji penyakit sipilis. Jika adanya chancre, gesekan dari luka penyakit ini atau cairan dari luka diambil dari area yang terkena. Tes atau pengujian ini akan menyaring keberadaan antibodi dalam darah yang diproduksi sebagai respons terhadap infeksi bakteri yang menyebabkannya. Orang-orang yang telah didiagnosis dengan penyakit ini harus mengkonsultasikan pasangan seksualnya sehingga juga dapat dilakukan tes atau pengujian untuk infeksi dan diobati jika perlu.

Penyakit Sipilis02

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Sipilis?

Jika adanya alergi terhadap pengobatan, dokter dapat menyarankan dengan pengobatan antibiotik lain. Jika memiliki HIV, konsultasikan dengan dokter. Pengobatan antibiotik kemungkinan tidak efektif. Pengobatan untuk wanita hamil biasanya disarankan oleh dokter. Jika sedang hamil dan alergi terhadap pengobatan tersebut, maka konsultasikan selalu dengan dokter.

Dokter dapat menggunakan proses desentisasi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pengobatan tersebut. Bayi harus dilakukan pemeriksaan dengan cermat saat lahir. Pengobatan dapat bervariasi karena berbagai tingkat keparahan. Untuk info lebih lanjut mengenai pengujian, lakukan konsultasi dengan dokter.

Penyakit sipilis biasanya diobati dengan pengobatan intravena, akan tetapi ada juga dengan pengobatan antibiotik lain yang dapat digunakan ketika seseorang tersebut memiliki alergi terhadap pengobatan tersebut. Infeksi yang baru dialami dapat diatasi dengan cepat dengan pengobatan. Akan tetapi pengobatan akan lebih lama jika penderitanya sudah mengalami penyakit ini lebih dari 1 tahun.

Pengobatan efektif dalam mengobati dan menyembuhkan penyakit ini. Namun bisa juga mengembangkan penyakitnya kembali (kambuh) jika seseorang melakukan kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Untuk info pengobatan bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Dengan menghubungi di kontak 081233881616 atau dengan layanan diabawah ini.