Cegah Dan Pahami Gejala Pada Penyakit Sipilis

Sipilis merupakan sebuah infeksi bakteri yang pada umumnya menyebar melalui hubungan seksual. Infeksi ini diawali dengan timbulnya luka yang tidak menyebabkan rasa nyeri. Pada umumnya akan hadir di area kelamin, mulut, dan rektum. Sifilis menular melalui kulit atau membrane mukosa pada luka sipilis.

Setelah infeksi awal, bakteri sipilis tidak aktif dalam tubuh dalam beberapa decade sebelum pada akhirnya menjadi aktif kembali. Penanganan sipilis sejak dini bisa Anda lakukan, terkadang dengan suntikan atau antibiotic.

Apabila tidak segera ditangani, sipilis bisa berakibat fatal dan merusak organ pada tubuh, seperti otak, jantung, dan berbagai organ lainnya, hingga mengancam jiwa penderitanya. Selain itu, penyakit ini mudah menularkan dari ibu kepada janin yang sedang dikandungnya.

Baca juga: GEJALA SIPILIS SANGAT BERBAHAYA JIKA HANYA DIBIARKAN

Pencegahan Pada Penyakit Sipilis

•Jangan melakukan hubungan seksual dengan kalangan pengidap sipilis, pendekatan terbaik yakni berhubungan seks dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi sama sekali.

•Gunakan kondom jenis lateks, pengaman ini bisa kurangi resiko tertularnya sipilis, namun jika kondom menutupi luka sipilis yang bersifat tertular

•Hindari menggunakan obat terlarang atau alkohol yang berlebihan untuk hindari kehilangan kendali pada perilaku seksual yang tidak aman

•Mengingat seseorang mungkin tak menyadari sedang terinfeksi sipilis, maka penting untuk menjalankan skrining pada wanita hamil, untuk mencegah penularan pada janin dan efek berbahaya janin lainnya.

sipilis

Bagaimana Gejala Pada Penyakit Sipilis

Sipilis akan berkembang secara bertahap dengan tanda yang cukup bervariasi pada setiap tahapannya. Namun, tiap tahapan sipilis dapat tumpang tindih dengan fase lainnya, begitu juga dengan tanda dan gejala yang muncul. Pada beberapa kasus, seseorang yang terinfeksi sipilis tak akan menunjukan tanda-tanda sama dalam jangka panjang.

Sipilis primer merupakan tahapan pertama yakni munculnya nyeri pada tempat bakteri yang masuk dan menyebarkan infeksi atau biasa disebut chancre. Mayoritas kalangan yang terinfeksi sipilis hanya akan menimbulkan luka saja. Namun pada beberapa kasus, ditemukan lebih dari satu luka. Luka ini pada umumnya akan berkembang kurang lebih 3 minggu setelah terpapar.

Sifilis sekunder, beberapa minggu setelah luka sembuh, kemungkinan besar ruam di beberapa bagian akhirnya menutupi seluruh tubuh, bahkan di bagian telapak kaki dan tangan. Ruam ini pada umumnya tidak akan disertai dengan gatal namun menimbulkan luka seperti di kulit, mulut, dan area vital. Beberapa kalangan bahkan akan alami nyeri otot, sakit di tenggorokan dan membengkaknya kelenjar getah bening.

Sipilis laten, jika tidak segera diobati, infeksi ini akan berpindah dari tahap sekunder ke laten yang tidak mempunyai gejala sama sekali. Tahapan ini akan berlangsung selama bertahun-tahun. Tanda dan gejala mungkin tidak akan pernah hadir kembali atau bisa berlanjut pada tersier.

Sipilis tersier, beberapa kalangan yang terinfeksi dikarenakan tidak memperoleh pengobatan dan pada akhirnya mengalami komplikasi yang dikenal dengan tersier atau fase akhir. Pada tahapan ini, sifilis akan merusak mata, jantung, saraf, pembuluh darah, dan persendian. Gejala ini kemungkinan akan terjadi bertahun-tahun setelah infeksi awal dan tidak memperoleh penanganan sama sekali.

Sifilis kongenital, bayi yang dilahirkan dari seorang wanita yang menderita sipilis bisa terserang melalui plasenta selama proses persalinan. Sebagian besar bayi yang baru dilahirkan dengan kondisi ini tidak mempunyai gejala sama sekali, walaupun beberapa memperoleh ruam di telapak tangan dan kaki.

Bagi Anda kalangan yang merasakan tanda dan gejala diatas, bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk memperoleh penanganan terjamin. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai sipilis, semoga bermanfaat.