Gejala Sipilis Sangat Berbahaya Jika Hanya Dibiarkan

Sipilis adalah infeksi bakteri yang masuk ke tubuh melalui kulit yang rusak di area sekitar alat kelamin. Gejala sipilis terdapat beberapa tahapan yang berbeda. Sipilis biasanya menyerang vagina, penis atau anus. Penyakit ini dapat menyebar atau menular melalui kontak dengan luka sipilis dan ditularkan berciuman atau melakukan hubungan seksual tanpa kondom. Tingkat tertinggi sipilis didiagnosis pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi dan pria juga dianjurkan untuk melakukan skrining rutin 3 kali hingga 6 kali setiap bulannya.

Sipilis Secara Umum

Sipilis adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan dapat dikenali dengan munculnya luka ulseratif terbuka yang dikenal sebagai chancre pada alat kelamin, mulut, anus atau dubur. Pengobatan antibiotik dapat mengobati sipilis , akan tetapi penularannya tergantung pada tahapan infeksi. Setiap tahap memiliki tanda dan gejala sipilis yang khas dan kemungkinan komplikasi.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis?

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri berbentuk spiral yang disebut Treponema Pallidum. Penularan infeksi didapat dengan bersentuhan dengan luka sipilis saat berhubungan seksual. Itu juga dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan. Infeksi sipilis terjadi ketika kulit atau jaringan mukosa bersentuhan dengan luka ulseratif terbuka yang dikenal sebagai chancre. Bakteri memungkinkan untuk masuk ke dalam selaput lendir mulut, vagina atau dubur untuk memasuki celah mikroskopis di kulit.

Tanda Dan Gejala Sipilis Menular

Beberapa orang dengan sipilis tidak memiliki gejala sipilis sama sekali, oleh karena itu tidak mengetahui saat mengidapnya kecuali melakukan tes atau pengujian. Ada beberapa tahap infeksi sipilis, tanda dan gejala sipilis tergantung pada tahapan penyakitnya seperti:

1. Tahap Primer
Terjadi dalam 3 minggu hingga 4 minggu setelah infeksi meskipun bisa memakan waktu hingga 90 hari saat rasa sakitnya muncul. Gejala sipilis kemungkinan termasuk rasa sakit yang biasanya muncul di area infeksi memasuki tubuh seperti pada penis, vagina, servis (leher rahim), mulut atau anus. Kemungkinan juga adanya kelenjar getah bening yang bengkak.

Gejala sipilis seperti luka atau terkadang beberapa luka dapat luput dari pandangan karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat bersembunyi dari pandangan di area-area seperti bagian belakang tenggorokan, vagina atau anus. Luka ini biasanya hilang dengan sendirinya setelah 3 minggu hingga 6 minggu, bahkan tanpa pengobatan. Akan tetapi, meskipun sakitnya sembuh, jika belum melakukan pengobatan, maka masih dapat menularkannya kepada orang lain.

2. Tahap Sekunder
Dapat terjadi dalam 7 minggu hingga 10 minggu setelah infeksi awal. Gejala sipilis dapat berlangsung selama 6 bulan atau lebih dan ini termasuk:

• Ruam berwarna merah pada telapak tangan, telapak kaki, dada atau punggung.
• Demam.
• Kelenjar membesar di ketiak dan di selangkangan.
• Sakit tenggorokan.
• Rambut rontok.
• Penurunan berat badan.
• Sakit kepala.
• Rasa sakit di tulang, di otot dan di sendi.
• Kelelahan.
• Bisul di mulut, di rongga hidung atau di alat kelamin.
• Gejala neurologis.

3. Tahap Laten
Umumnya tidak memiliki gejala dan hanya diketahui saat tes atau pengujian darah. Jika sipilis tidak diobati pada tahap ini, maka dapat tetap laten atau berkembang menjadi tahap tersier.

4. Tahap Tersier
Dapat muncul mulai dalam 5 tahun hingga 20 tahun setelah tahap primer. Pada tahap ini, bakteri dapat merusak hampir semua bagian tubuh termasuk jantung, otak, sumsum tulang belakang, mata dan tulang dan mengakibatkan penyakit jantung, penyakit mental, kebutaan, tuli dan masalah neurologis.

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?

Karena bakteri Terponema Pallidum terlalu rapuh untuk di kultur, penyakit ini memerlukan diagnosis dengan salah 1 tes atau pengujian untuk mendeteksi tidak langsung infeksi atau mendeteksi langsung organisme. Metode tidak langsung dengan menggunakan kombinasi tes atau pengujian darah yang dilakukan oleh dokter adalah metode tes atau pengujian yang paling digunakan. Ini melibatkan tes atau pengujian yang berbeda.

Hasil tes atau pengujian treponemal antara reaktif atau non reaktif. Reaktivitas terhadap tes atau pengujian treponemal untuk mengetahui infeksinya akan tetapi tidak dapat mengungkapkan infeksinya terjadi. Untuk menentukan tes atau pengujian di laboratorium ini maka harus dibandingkan dengan hasil dari tes atau pengujian darah termasuk tingkat antibodi yang ditemukan dalam darah untuk menentukan tahap infeksi dan cara pengobatan yang tepat.

Gejala Sipilis02

Cara Tepat Obati Sipilis Sejak Dini

Pengobatan sipilis seringkali membutuhkan pengobatan intravena tunggal. Terapi sebagian besar diarahkan untuk tahap infeksi dan faktor-faktor lain yang berkontribusi. Seseorang yang memiliki alergi dapat direkomendasikan dengan pengobatan lain sesuai resep dokter. Neurosifilis adalah komplikasi tahap akhir yang mempengaruhi otak dan sistem saraf pusat atau sipilis kongenital dimana infeksi ditularkan dari ibu ke anaknya selama kehamilan.

Dalam kebanyakan kasus, pengobatan akan diberikan dengan pengobatan intravena biasanya di otot gluteal (bokong). Pada kasus yang parah, pengobatan dapat diberikan secara intravena juga. Seseorang dengan gejala sipilis harus menjalani tes atau pengujian lanjutan untuk memastiakn infeksinya telah sembuh.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik kelamin yang ampuh dalam menangani sipilis. Selain itu peralatan medis yang digunakan sangat canggih dan modern. Itulah sebabnya sudah banyak orang yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Karena pengobatan di Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya.

Hubungi kami untuk melakukan pengobatan lebih lanjut di 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi melalui layanan hotline kami seperti dibawah ini. Layanan online ini dapat membantu Anda guna menghemat waktu Anda dan bisa melakukan reservasi dengan cepat tanpa harus antri terlebih dahulu.