Inilah Beberapa Tanda Dan Ciri Ciri Sipilis Menular

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang jika tidak segera diobati dapat berlanjut ke ciri ciri sipilis tahap lanjut dan menyebabkan masalah kesehatan serius. Infeksi berganti dengan tahap yang aktif dan tahap yang tidak aktif. Ketika infeksinya aktif, gejalanya dapat muncul. Akan tetapi ketika infeksinya tidak aktif, kemungkinan tidak ada gejala yang muncul meskipun masih menderita sipilis. Sipilis dikenal sebagai penyakit peniru yang hebat karena tampaknya seperti kebanyakan penyakit lainnya dan sulit untuk didiagnosis.

Apa Yang Menjadi Pengertain Sipilis?

Sipilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi sipilis terjadi secara bertahap dengan setiap tahap terkait dengan ciri ciri sipilis yang berbeda. Sipilis bergantian setiap waktu ketika aktif dan ketika tidak aktif. Pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan sipilis, meskipun tidak akan mengembalikkan kerusakan yang telah disebabkan oleh sipilis tahap selanjutnya.

Sipilis dapat disembuhkan. Sipilis yang terjadi dalam 2 tahun pertama dapat muncul dengan ciri ciri sipilis atau tanpa ciri ciri sipilis. Sipilis yang terjadi dalam 2 tahun lebih biasanya tanpa ciri ciri sipilis. Semua tahap ini menular dan sipilis dapat ditularkan ke pasangan seksual hingga 2 tahun jika seseorang tersebut tidak melakukan pengobatan. Tidak semua orang yang menderita sipilis memiliki tanda-tanda infeksi, sehingga seseorang dapat memilikinya dan menularkannya tanpa sepengetahuan.

Penyebab Umum Sipilis

Sipilis disebabkan oleh jenis bakteri Treponema pallidum yang biasanya masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir. Seseorang yang terinfeksi dapat menularkan penyakitnya kepada orang lain setiap kali adanya luka atau ruam. Siapa pun yang melakukan kontak kulit dengan kulit dengan sipilis dapat mengembangkan sipilis. Tidak harus melakukan hubungan seksual untuk tertular sipilis. Namun dari paparan dapat terjadi penularan karena kontak dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinfeksi jika adanya luka.

Tanda-Tanda Dan Ciri Ciri Sipilis

Ciri ciri sipilis kemungkinan tidak diperhatikan atau kemungkinan menyerupai ciri ciri sipilis pada kebanyakan penyakit lainnya. Ini dapat menyebabkan seseorang yang terinfeksi menunda mencari pengobatan medis dan dapat membuat diagnosis menjadi sulit. Beberapa tahap sipilis memiliki ciri ciri sipilis yang berbeda.

• Tahap Primer
Selama tahap sipilis ini, chancre dapat berkembang. Karena sipilis biasanya melewati aktifitas seksual, luka sering ditemukan di area genital, anus atau mulut, akan tetapi tidak dapat ditemukan di mana pun bakteri memasuki tubuh. Tahap ini biasanya muncul dalam 3 minggu hingga 4 minggu setelah infeksi awal meskipun kemungkinan paling awal dalam 9 hari.

• Tahap Sekunder
Ruam kulit dan gejala lainnya terjadi selama tahap sekunder yang muncul dalam 4 minggu hingga 10 minggu setelah infeksi awal. Tahap sekunder sangat menular melalui kontak langsung dengan selaput lendir atau ruam ke area genital.

• Tahap Laten
Tahap ini sering disebut tahap tersembunyi karena biasanya tidak ada gejala. Tahap laten didefinisikan setelah seseorang terinfeksi. Seseorang pada tahap laten awal kemungkinan masih menular. Seringkali, tahap laten terdeteksi pada wanita saat melahirkan anak yang terinfeksi sipilis (sipilis bawaan).

• Tahap Tersier
Jika sipilis tidak terdeteksi dan tidak diobati pada tahap awal, masalah dapat berkembang karena kerusakan yang disebabkan memiliki bakteri sipilis dalam tubuh selama bertahun-tahun. Ini mungkin termasuk gangguan jantung, gangguan mental, kebutaan, masalah lain yang terkait dengan sistem saraf dan bahkan kematian.

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?

Langkah pertama dalam mendiagnosis sipilis adalah dengan mengkonsultasikan mengenai riwayat gejala dan aktifitas seksual dengan dokter dan menjalani pemeriksaan fisik. Diagnosis sipilis biasanya dikonfirmasi dengan beberapa tes atau pengujian darah. Jika adanya luka, dokter dapat memeriksa cairan dari salah 1 luka tersebut dengan mikroskop untuk melihat adanya bakteri sipilis.

Ciri Ciri Sipilis02

Pengobatan Umum Untuk Sipilis

Pengobatan diperlukan untuk menyembuhkan infeksi sipilis, mencegah komplikasi dan mencegah penyebaran atau penularan infeksi ke orang lain. Sangat penting untuk mengobati wanita hamil yang menderita sipilis. Tanpa adanya pengobatan, sipilis dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati atau menyebabkan bayi terlahir dengan penyakit tersebut (sifilis bawaan).

Jika terdeteksi, sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan antibiotik tidak dapat membalikkan kerusakan yang telah disebabkan oleh komplikasi sipilis tahap akhir, akan tetapi dapat mencegah komplikasi lebih lanjut. Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Dokter masih dapat mengobati sipilis dengan merekomendasikan pengobatan lain. Dengan melakukan tes atau pengujian darah lanjutan untuk memastikan bahwa pengobatan antibiotik telah efektif. Setiap pasangan seksual, pria atau wanita yang telah berhubungan seksual juga perlu dilakukan pemeriksaan, tes atau pengujian dan pengobatan untuk sipilis.

Pengobatan sipilis adalah pengobatan yang harus dilakukan secara rutin dan efektif. Selain itu juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Anda bisa melakukan pengobatan sipilis di Klinik Apollo. Klinik yang paling merekomen pengobatan sipilis dibandingkan dengan klinik lain. Klinik yang terletak di Jakarta Indonesia.

Sudah banyak orang yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya memuaskan dan sembuh. Karena pengobatannya berstandar nasional ditangani secara langsung oleh dokter ahli yang sudah banyak berpengalaman didalam bidangnya. Serta dibantu dengan peralatan medis yang canggih dan modern.

Anda tidak perlu khawatir, melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangatlah terjangkau. Jangan pernah menunda-nunda pengobatan. Semakin cepat melakukan pengobatan maka penyembuhan akan semakin cepat juga. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 untuk info pengobatan lebih lanjut atau melalui layanan hotline dibawah ini.