Inilah Ciri Ciri Penyakit Sipilis Yang Sangat Menular

Kenali beberapa ciri ciri penyakit sipilis dengan benar. Penyakit sipilis adalah salah 1 penyakit yang sangat menular, baik di kalangan wanita maupun di kalangan pria. Penularan penyakit sipilis bisa melalui hubungan seksual yang tidak dilindungi oleh kondom atau pengaman. Penyakit sipilis umumnya terjadi pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi.

Fakta Umum Mengenai Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS) atau penyakit menular seksual (PMS). Tingkat keparahan penyakit sipiis diketahui tergantung dari tahapan dari ciri ciri penyakit sipilis itu sendiri. Jika tidak segera diobati, penyakit sipilis dapat merusak organ seksual dan organ reproduksi lainnya. Umumnya sipilis banyak menyerang remaja yang aktif secara seksual.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum atau Spirochete. Bakteri ini dapat masuk ke dalam celah luka penyakit sipilis. Saat terinfeksi penyakit sipilis ada baiknya segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk membatasi setiap ciri ciri penyakit sipilis yang ada. Tingkat penularan penyakit sipilis terjadi karena tidak dilakukan pengobatan sejak awal dan hanya dibiarkan saja.

Tanda Umum Dan Ciri Ciri Penyakit Sipilis

Ciri ciri penyakit sipilis tergantung pada tahapan penyakitnya, tahap pertama biasanya diawali dengan adanya luka atau chancre, jika tidak segera diobati di tahap pertama, maka penyakitnya akan berpindah ke tahap yang ke 2, ditahap ke 2 ini biasanya ditandai dengan adanya ruam, baik itu ruam di telapak tangan atau di telapak kaki.

Ruam ini jika tidak segera diobati dan hanya dibiarkan saja akan bertambah berpindah ke tahap ke 3, dimana penyakitnya dapat menjadi laten dengan tidak adanya ciri ciri penyakit sipilis. Pada kebanyakan orang tidak mengetahui terinfeksi penyakit sipilis dan berada di tahap ke 3. Jika hanya dibiarkan saja maka dapat berpindah ke tahap yang ke 4, dimana penyakit sipilis dapat menjadi sangat parah dan dapat merusak semua organ reproduksi.

Pengobatan tidak dapat mengembalikan kerusakan yang telah terjadi. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi penyakit sipilis tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun, namun tetap berisiko untuk komplikasi yang terlambat jika tidak segera diobati. Meskipun penularan terjadi dari orang dengan luka yang berada pada tahap pertama atau tahap ke 2, pada kebanyakan dari luka ini tidak dikenali. Dengan demikian, penularan dapat terjadi dari seseorang yang tidak mengetahui infeksinya. Berikut ciri ciri penyakit sipilis diantaranya:

• Tahap Primer
Seseorang dengan tahap primer biasanya memiliki 1 luka (disebut chancre), akan tetapi kemungkinan ada beberapa luka. Waktu antara infeksi dan awal ciri ciri penyakit sipilis pertama dapat berkisar antara 10 hari hingga 90 hari (rata-rata 21 hari). Luka chancre biasanya keras, bulat, kecil dan tidak nyeri. Luka muncul di area bakteri memasuki tubuh. Luka chancre berlangsung 3 minggu hingga 6 minggu dan itu akan sembuh tanpa pengobatan. Namun, jika pengobatan tidak dilakukan, infeksi berlanjut ke tahap sekunder.

• Tahap Sekunder
Seseorang pada tahap sekunder memiliki ruam kulit dan luka membran mukosa. Tahap ini biasanya dimulai dengan ruam pada 1 bagian tubuh atau lebih. Ruam biasanya tidak menyebabkan gatal. Ruam tahap sekunder dapat muncul karena luka chancre sedang sembuh atau beberapa minggu setelah chancre sembuh. Ruam tahap sekunder biasanya berupa bintik-bintik kasar, berwarna merah atau berwarna coklat kemerahan baik pada telapak tangan dan bagian bawah kaki. Terkadang, ruam dengan penampilan berbeda muncul di bagian tubuh lain dan bisa terlihat seperti ruam yang disebabkan oleh penyakit lain. Terkadang ruam tahap sekunder dapat redup sehingga tidak diketahui. Selain ruam, gejala tahap sekunder kemungkinan termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan. Ciri ciri penyakit sipilis tahap sekunder akan hilang dengan atau tanpa pengobatan. Jika tidak diobati, infeksi akan berlanjut ke tahap penyakit laten atau tahap tersier.

• Tahap Laten Dan Tahap Tersier
Tahap laten (tersembunyi) muncul ketika tahap primer dan tahap sekunder hilang. Tanpa pengobatan, seseorang yang terinfeksi akan terus menderita penyakit sipilis meskipun tidak ada ciri ciri penyakit sipilis. Infeksinya tetap di dalam tubuh. Tahap laten ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Tahap tersier berkembang pada sebagian orang yang belum melakukan pengobatan. Itu bisa muncul 10 tahun hingga 20 tahun setelah infeksi tahap pertama kali memasuki tubuh.

Pada tahap tersier, penyakit ini dapat membahayakan otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan persendian. Tanda dan gejala tahap tersier termasuk kesulitan mengoordinasi gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan bertahap dan demensia. Kerusakan ini kemungkinan cukup serius untuk menyebabkan kematian.

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit sipilis, dokter akan melakukan pemeriksaan riwayat seksual secara terperinci, melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan melakukan beberapa tes atau pengujian di laboratorium, termasuk tes atau pengujian untuk HIV. Dokter juga akan memberi informasi terperinci mengenai cara mencegah penyebaran atau penularan penyakit sipilis ke pasangan seksual. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan tes atau pengujian jika memiliki PMS sehingga juga dapat melakukan pengobatan. Seseorang yang didiagnosis dengan penyakit kelamin dapat mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan.

Ciri Ciri Penyakit Sipilis02

Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis

Pengobatan antibiotik mudah disembuhkan pada tahap awal. Pengobatan intravena (antibiotik) akan menyembuhkan seseorang yang menderita penyakit sipilis yang kurang dari 1 tahun. Pengobatan intravena tambahan diperlukan untuk mengobati seseorang yang menderita penyakit sipilis selama lebih dari 1 tahun.

Untuk seseorang yang alergi terhadap pengobatan, pengobatan antibiotik lain tersedia untuk mengobati penyakit sipilis. Tidak ada pengobatan yang akan menyembuhkan penyakit sipilis. Pengobatan akan membunuh bakteri penyakit sipilis dan mencegah kerusakan lebih lanjut, akan tetapi itu tidak akan memperbaiki kerusakan yang sudah dilakukan.

Pengobatan bisa dilakukan secara langsung di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor kami di 081233881616 atau melalui layanan konsultasi online melalui layanan hotline dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo, karena tidak ada klinik yang lebih baik dibandingkan dengan Klinik Apollo.