Inilah Tanda Dan Gejala Sipilis Pada Pria

Sipilis disebabkan oleh bakteri. Lalu apa saja gejala sipilis pada pria yang harus diketahui? Sama seperti halnya penyakit kelamin lainnya yang disebabkan oleh bakteri serupa, penyakit ini dapat menyebar atau menular dari orang ke orang melalui cairan tubuh, paling umum melalui aktifitas seksual tanpa pelindung, bisa juga dari luka yang terinfeksi bersentuhan dengan luka terbuka atau goresan. Sipilis dapat dengan mudah dan efektif diobati. Namun, jika tidak segera ditangani maka dapat berpotensi kondisi yang sangat serius.

Apa Itu Sipilis?

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat disebabkan oleh bakteri. Tingkat sipilis meningkat pada pria dan wanita, akan tetapi lebih sering pada pria. Sipilis adalah infeksi bakteri menular seksual yang awalnya menyebabkan bisul genital (luka). Jika tidak segera diobati, penyakit ini akan berlanjut ke tahap infeksi yang lebih serius, termasuk kebutaan dan kerusakan pada saraf.

Dengan melakukan seks yang lebih aman dan mengurangi jumlah pasangan seksual akan membantu mengurangi risiko infeksi. Diagnosis dibuat dari sampel darah dan jika memiliki lepuhan maka dapat diambil dari kapas. Dalam kasus yang diduga berada pada tahap selanjutnya, kemungkinan harus menjalani pungsi lumbal yang merupakan prosedur untuk mengeluarkan cairan tulang belakang untuk memeriksa kerusakan saraf yang menyakitkan dan sering menyebabkan sakit kepala yang parah.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis?

Sipilis terutama menyebar atau menular melalui seks oral, seks vagina dan seks anal. Segala bentuk kontak seksual lainnya dapat menyebarkan atau menularkan infeksi jika adanya kontak langsung dengan luka, air mani, cairan vagina atau darah. Sipilis disebabkan oleh bakteri menular Treponema Pallidum atau Spirochete.

Sipilis juga dapat disebarkan atau ditularkan melalui peralatan bersama, meskipun risikonya tampaknya cukup rendah. Seorang wanita hamil dapat menularkan infeksi kepada bayinya selama kehamilan atau pada saat melahirkan. Seseorang dengan sipilis dapat memberikan infeksi kepada pasangan seksual kapan saja mulai dari saat memiliki gejala sipilis pada pria yang pertama hingga 1 tahun setelah tidak memiliki gejala sipilis pada pria.

Baca Juga : Inilah Beberapa Tanda Dan Ciri Ciri Sipilis Menular

Beberapa Tanda Dan Gejala Sipilis Pada Pria

Sipilis memiliki beberapa tahap berbeda, semuanya dengan gejala sipilis pada pria yang berbeda pula. Tidak semua orang memperhatikan gejala sipilis pada pria, jadi ada kemungkinan menderita sipilis meskipun tidak merasakan sakit.

1. Tahap Primer
Gejala pertama tahap primer seringkali berupa ulkus kecil, bundar dan keras yang disebut chancre di area bakteri memasuki tubuh. Area ini biasanya adalah di penis, akan tetapi chancres juga dapat berkembang di lidah, di bibir atau bagian tubuh lainnya. Biasanya hanya ada 1 chancre, akan tetapi terkadang ada banyak chancre.

Kelenjar getah bening di sekitarnya sering membengkak. Kelenjar getah bening adalah organ kecil dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung sel-sel yang membantu melawan kuman. Kelenjar getah bening ini ditemukan di seluruh tubuh. Chancre biasanya muncul sekitar 3 minggu setelah terinfeksi bakteri, akan tetapi dapat terjadi kapan saja dari 9 hari hingga 90 hari setelah paparan. Karena chancre biasanya tidak menyakitkan dan dapat muncul di dalam tubuh, kemungkinan tidak menyadarinya. Chancre menghilang dalam waktu sekitar 3 minggu hingga 6 minggu.

2. Tahap Sekunder
Pada kebanyakan orang dengan tahap sekunder memiliki ruam kulit yang tidak gatal. Meskipun ruam biasanya di telapak tangan dan telapak kaki, ruam ini dapat menutupi seluruh tubuh atau hanya muncul di beberapa area saja. Ruam muncul dari 2 minggu hingga 10 minggu setelah chancre, umumnya ketika chancre sudah sembuh. Gejala sipilis pada pria lainnya termasuk sakit tenggorokan, kelelahan, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening dan kerontokan rambut.

Gejala sipilis pada pria yang lebih jarang terjadi termasuk demam, nyeri, penurunan berat badan, nyeri sendi atau luka di mulut atau area genital. Gejalanya kemungkinan ringan. Luka tahap sekunder mengandung banyak bakteri dan siapa pun yang memiliki kontak dengan luka ini bisa terkena sipilis. Seperti halnya tahap primer, tahap sekunder tampaknya akan hilang bahkan tanpa pengobatan, akan tetapi bakteri tersebut masih ada di dalam tubuh. Kemungkinan adanya kekambuhan tahap sekunder, akan tetapi jika tanpa pengobatan, infeksi akan pindah ke tahap berikutnya.

3. Tahap Laten
Tahap laten dimulai ketika gejala sipilis pada pria tahap sekunder berakhir. Pada tahap laten awal, kemungkinan adanya gejala sipilis pada pria itu hilang, akan tetapi infeksi tetap ada di tubuh. Ketika berada di tahap ini, masih dapat menginfeksi pasangan seksual. Pada tahap laten lanjut, infeksinya dapat terlihat lebih tenang dan risiko menginfeksi pasangan seksual lebih rendah atau tidak ada. Jika tidak mendapatkan pengobatan untuk tahap laten, maka dapat berkembang menjadi tahap tersier yaitu tahap paling serius dari penyakit ini.

4. Tahap Tersier
Tanda adanya pengobatan, sebagian orang yang terinfeksi dapat mengembangkan komplikasi yang paling ditakuti yang dikenal sebagai tahap tersier. Pada tahap ini, bakteri akan merusak jantung, mata, otak, sistem saraf, tulang, sendi atau hampir semua bagian tubuh. Kerusakan ini dapat terjadi bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun setelah tahap primer. Tahap ini dapat menyebabkan penyakit mental, kebutaan, tuli, kehilangan ingatan atau masalah neurologis lainnya, penyakit jantung, dan kematian. Neurosifilis lanjut (kerusakan otak atau sumsum tulang belakang) adalah salah 1 gejala sipilis pada pria yang paling parah pada tahap ini.

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?

Sipilis dites dan diuji dengan tes atau pengujian darah. Jika chancre muncul, metode usap juga dapat dilakukan. Diperlukan waktu hingga 2 minggu sebelum hasil tes atau pengujiannya diketahui. Kemungkinan sangat sulit bagi dokter untuk mendiagnosis sipilis berdasarkan gejalanya. Ini karena gejala sipilis pada pria kemungkinan tidak ada, hilang tanpa pengobatan atau merasa bingung dengan gejala penyakit lainnya. Karena sipilis sulit didiagnosis, maka harus melakukan:

• Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter jika memiliki luka di area genital atau ruam yang menyebar dan menular.
• Lakukan tes atau pengujian sipilis secara berkala jika perilaku seksual berisiko terkena infeksi menular seksual (IMS).
• Lakukan tes atau pengujian untuk memastikan tidak menderita sipilis jika pernah diobati karena IMS lain seperti infeksi gonore (kencing nanah) atau HIV.
• Dokter dapat mendiagnosis sipilis sejak dini dengan melihat chancre atau ruam dan kemudian mengonfirmasi diagnosis dengan tes atau pengujian di laboratorium. Karena sipilis tahap laten tidak memiliki gejala, maka hanya didiagnosis dengan tes atau pengujian di laboratorium.

Gejala Sipilis Pada Pria02

Cara Mengobati Sipilis Pada Pria

Sipilis diobati dengan pengobatan antibiotik, biasanya diberikan melalui intravena ke otot. Jumlah dan lamanya pengobatan tergantung pada tahapan sipilis. Sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal. Pengobatan antibiotik intravena ke otot, adalah pengobatan terbaik untuk sipilis. Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, dokter kemungkinan menyarankan pengobatan antibiotik lain untuk dikonsumsi.

Jika menderita neurosifilis, maka harus menerima dosis pengobatan setiap harinya melalui intravena (dalam vena) dan segera lakukan pengobatan. Jika mengalami tahap laten dan tahap tersier, kerusakan yang terjadi pada organ tubuh tidak dapat kembali seperti semula lagi. Ketika melakukan pengobatan, usahakan tidak melakukan berhubungan seksual hingga luka apa pun benar-benar sembuh.

Pasangan seksual Anda juga harus melakukan konsultasi, pemeriksaan, tes dan pengujian untuk ddidiagnosis dan diobati. Untuk mencegah penularan berulang atau kekambuhan. Lakukan pengobatan secara langsung di Klinik Apollo. Atau bisa menghubungi kami melalui nomor 081233881616 atau konsultasi dibawah ini.