Penis Gatal, Indikasi Penyakit Kelamin Pria

Gatal di bagian penis merupakan kondisi yang cukup umum terjadi, apakah termasuk penyakit kelamin pria?. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh infeksi ringan. Namun ada kalanya penis gatal menjadi sebuah indikasi infeksi menular seksual. Penis gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi kudis, jamur, pakaian yang terlalu ketat, adanya gesekan pada kulit hingga reaksi karena alergi.

Pada umumnya, gatal pada penis diobati sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Gatal di area penis dapat ditangani dengan obat yang ada diapotik. Namun jika gatal tak kunjung hilang, bisa jadi ada penyebab lain yang perlu memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: KENALI PENULARAN PENYAKIT MENULAR SEKSUAL SECARA UMUM

Jika Penis Gatal Terdapat Indikasi Penyakit Kelamin Pria?

1.Infeksi jamur atau kandidiasis

Pada umumnya infeksi jamur tidak terlalu berbahaya dan bisa ditangani menggunakan obat antijamur. Infeksi jamur sering terjadi pada kepala penis dan disebut dengan balanitis. Kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes dapat membuat jamur berkembangbiak dan menyebabkan infeksi yang cukup berat. Pada penyakit kelamin pria atau diabetes, rentan terjadi infeksi kembali, walaupun sudah sembuh.

Tanda kandidiasis pada penis diantaranya yakni pembengkakan pada penis, adanya ruam kemerahan, keluarnya sekresi kental dari balik kulup, timbul bau atau aroma yang kurang sedap, nyeri ketika berhubungan seksual dan buang air kecil, serta kesulitan ketika menarik kulup penis kembali

Resiko mengalami infeksi ini akan meningkat pada kalangan yang sering kenakan pakaian terlalu ketat, celana pendek dengan bahan denim, diabetes, obesitas, dan pengidap HIV.

penyakit kelamin pria

2.Infeksi Menular Seksual

Rasa gatal kadang bisa menjadi gejala dari adanya infeksi menular seksual. Jika disebabkan oleh kencing nanah atau gonore gejala yang muncul diantaranya muncul sekresi berwarna putih, kuning, atau hijau dari ujung penis, disertai dengan nyeri atau perih ketika buang air kecil.

Jika disebabkan oleh klamidia gejalanya yakni keluarnya cairan putih dari penis disertai nyeri. Sifilis dan herpes juga akan menimbulkan rasa gatal di bagian penis.

Langkah Menjaga Penis Selalu Sehat

Jika penderita penyakit kelamin pria tidak mempunyai faktor resiko dan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, penis gatal sebab infeksi jamur pada umumnya dapat ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas di apotik.

Terutama jika gatal pada penis disertai dengan gejala seperti adanya darah dalam urin, mual, muntah, dan demam tinggi. Segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Dokter perlu lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit kelamin pria yang lebih serius.

Sebelum penis Anda mengalami gatal, beberapa cara perawatan penis ini bisa diaplikasikan sebagai tindakan pencegahan.

•Cuci penis dengan air hangat dan sabun dengan bahan ringan tanpa pewangi, terutama pada area kulup yang tidak atau belum melakukan sunat. Cuci bagian dasar penis, anus, dan area testis. Tetapi hindari terlalu sering mencuci penis, karena bisa menyebabkan nyeri. Lakukan hal ini setidaknya sehari sekali.

•Selalu keringkan penis setelah membuang air kecil atau mandi. Organ kelamin pria yang lembab berisiko mendatangkan infeksi.

•Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan mudah menyerap keringat.

•Ganti celana dalam setidaknya sekali sehari

•Hindari terlalu lama kenakan pakaian yang basah, segera ganti pakaian selesai olahraga

Jika Anda mendapati masalah yang cukup serius lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan terbaik. Lakukan reservasi terlebih dahulu di 081233881616. Sekian mengenai penyakit kelamin pria, semoga bermanfaat.