Penyebab Sifilis Kongenital, Infeksi Mengancam Nyawa Bayi?

Penyakit seks menular seperti penyebab sifilis atau raja singa biasanya rentan terjadi pada kalangan yang aktif berhubungan seksual tidak aman atau sering berganti-ganti pasangan. Walaupun banyak dialami kalangan dewasa, faktanya penyakit infeksi ini mungkin terjadi pada kalangan bayi.

Bahkan bayi sudah bisa terserang sejak ia berada dalam kandungan. Hal tersebut karena sang ibu mengalami sifilis hingga menularkan pada janinnya. Kondisi ini biasa disebut dengan sifilis kongenital. Lantas, seberapa bahaya penyebab sifilis jenis kongenital bagi para bayi? Apakah kondisi ini bisa disembuhkan?

Baca juga: PROSES PENULARAN RAJA SINGA MELALUI KEGIATAN SEKSUAL

Penyebab Sifilis Kongenital, Infeksi Mengancam Nyawa Bayi?

Jadi sifilis kongenital merupakan sebuah infeksi serius yang bisa memberi dampak kecacatan seumur hidup dan mematikan bayi yang baru dilahirkan. Ibu hamil yang terserang bakteri treponema pallidum bisa menularkan kepada janin melalui plasenta ke dalam tubuh janin.

Jadi penyebab sifilis kongenital merupakan infeksi yang cukup mengancam jiwa, karena bisa menyerang berbagai sistem organ dalam tubuh sang janin yang sedang berkembang. Infeksi sifilis bisa memberi dampak buruk ke berbagai organ dalam tubuh, termasuk sistem limfatik, tulang, bahkan otak.

Ibu hamil berkemungkinan besar menularkan infeksi kepada janin yang sedang dikandungnya, terutama jika penyakit ini tidak ditangani dan terjadi pada masa kedua. Infeksi ini juga bisa meningkatkan resiko berat badan bayi rendah, keguguran, lahir premature, atau lahir dalam keadaan mati.

penyebab sifilis

Bagaimana Gejala Yang Dialami Oleh Bayi

Pada awalnya, bayi yang lahir hidup dari ibu pengidap penyebab sifilis mungkin tampak sehat dan tidak mengalami masalah. Namun seiring berjalanya waktu, beberapa gejala bisa tumbuh. Pada umumnya bayi dibawah 2 tahun akan alami sifilis kongenital.

Pada seorang ibu, penanganan akan berjalan efektif apabila infeksi sifilis terjadi pada masa awal dengan pemberian antibiotik oleh dokter. Penanganan sifilis pada fase lanjut cukup berbahaya pada janin, sehingga bisa menimbulkan reaksi aborsi secara spontan.

Jadi bayi yang sudah dilahirkan, akan memperoleh penangan infeksi menggunakan antibiotik spesifik oleh dokter sejak dini, kurang lebih 7 hari setelah dilahirkan. Regimen pemberian obat antibiotic akan bergantung pada kondisi berat badan bayi dan riwayat infeksi atau pengobatan dari ibu hamil.

Gejala akhir pada bayi dengan usia lanjut hingga anak-anak akan memperoleh obat antibiotic yang mungkin diperlukan dengan pengurangan dosis secara bertahap dan disertai dengan pengobatan spesifik pada organ dalam tubuh lain, yang mungkin terserang dampak dari infeksi seperti telinga dan mata.

Bisakah Penyebab Sifilis Kongenital Dicegah?

Jadi infeksi sifilis kongenital bergantung pada kondisi dan riwayat infeksi ibu hamil. Menerapkan perilaku seksual yang aman sebelum masa konsepsi bisa menghindarkan diri dari berbagai kondisi dan resiko untuk menularkan sifilis. Jika Anda merasa berisiko mengalami infeksi sifilis, segera lakukan pemeriksaan bersama dokter. Penanganan sedini mungkin akan menghindarkan infeksi sifilis pada fase lanjut.

Proses pemeriksaan pada ibu hamil harus dilakukan sedini mungkin pada masa pertama. Pemeriksaan juga harus dijalankan kembali, jika ibu hamil terdiagnosa oleh infeksi menular seksual lainnya, selama masa kehamilan.

Peluang untuk sembuh bagi ibu dan bayi terhindar dari infeksi sangat besar apabila sifilis terdeteksi namun pengobatan tidak dijalankan sejak dini. Dalam beberapa kasus. Sifilis ditangani masa akhir kehamilan bisa menghilangkan infeksi pada ibu hamil, namun gejala infeksi akan terlihat pada bayi yang akan dilahirkan.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang akurat. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian mengenai penyebab sifilis, semoga bermanfaat.