Penyebab Timbulnya Infeksi Raja Singa

Sipilis atau raja singa merupakan penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Sama seperti penyakit kelamin menular lainnya, jadi sipilis bisa menyebar melalui berbagai jenis kontak seksual, seperti berciuman.

Baca juga: TAHAPAN DAN EFEK SIPILIS BAGI PENDERITA

Apa Penyebab Timbulnya Infeksi Raja Singa

Sipilis dikenal sebagai penyakit raja singa, bisa menyebar dari ibu yang terinfeksi kepada janin dalam kandungannya atau bayi ketika lahir. Sipilis bawaan dari ibu ke anak bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir mati, atau kematian dalam beberapa hari setelah kelahiran.

Sipilis dengan mudah ditangani, terutama jika terdeteksi tahap awal. Maka dari itu, sangat penting untuk menyadari gejala sipilis pada wanita sejak dini, agar tidak memperoleh pertolongan medis secepat mungkin. Setelah sembuh, sipilis tidak akan berulang dengan sendirinya. Namun, Anda bisa terserang infeksi kembali jika Anda mempunyai kontak seksual dengan seseorang yang mempunyai gejala sipilis.

Sipilis berkembang secara bertahap dan gejalanya cukup bervariasi pada setiap tahapannya. Gejala antar tahapan mungkin timbul secara tumpang tindih antara satu dengan lainnya. Gejalanya pun tidak terjadi dalam urutan yang sama. Anda mungkin terinfeksi dengan raja singa namun tidak menyadari gejala apapun selama bertahun-tahun.

raja singa

Gejala Raja Singa Pada Wanita Di Tahap Pertama

1.Timbul sariawan kemerahan

Sariawan kemerahan kecil tidak terasa nyeri di bagian labia dan vagina, bukaan anus atau dalam mulut menjadi kecurigaan paling awal tanda raja singa. Sariawan tersebut biasa disebut chancre, yang bisa berkembang kurang lebih 90 hari setelah infeksi awal, dengan rata-rata 21 hari setelah infeksi hingga gejala pertama berkembang.

Jadi sariawan ini sering tidak disadari oleh penderita sipilis, apalagi jika luka timbul di leher rahim atau dalam bukaan vagina. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa terjadi di area chancre tersebut. Luka biasanya akan berlangsung selama 2 minggu dan bisa sembuh dengan sendirinya atau tanpa pengobatan dan bisa meninggalkan bekas luka tipis.

Namun walaupun luka sudah sembuh, namun jejak sipilis masih ada dalam tubuh dan Anda bisa menularkan infeksi tersebut kepada orang lain. Sipilis ditularkan melalui kontak langsung dengan sariawan selama melakukan hubungan seksual, termasuk oral.

2.Timbul ruam kemerahan di kulit

Gejala sipilis sekunder ditandai dengan adanya ruam kemerahan di area kulit yang muncul kurang lebih 12 minggu setelah luka berkembang dan sebelum penderita sembuh total. Ruam biasanya terdiri dari lesi kulit datar atau sedikit terangkat berwarna coklat kemerah, kecil, dan terasa padat, hadir di seluruh tubuh, sering timbul di telapak tangan atau kaki. Ruam tersebut mungkin terlihat seperti masalah kulit pada umumnya.

Selain ruam, luka kecil yang terbuka seperti kutil lembab mungkin berisikan nanah, muncul di selaput lendir, seperti pada mulut atau vagina. Pada kalangan yang mempunyai kulit gelap, luka mempunyai warna yang lebih mudah daripada area lainnya. Ruam kulit dan kulit tersebut mudah menular.

Ruam pada kulit tersebut pada umumnya akan sembuh kurang lebih 2 bulan dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Setelah masa penyembuhan, perubahan warna kulit akan terjadi. Walaupun ruam kulit sudah sembuh, namun jejak sipilis masih ada dan Anda dapat menularkan infeksi tersebut kepada orang lain.

Bagi Anda yang merasakan tanda dan gejala tersebut bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik. Lakukan reservasi bersama kami dengan mudah di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit raja singa, semoga bermanfaat.