Sifilis Adalah Raja Singa Yang Disebabkan Oleh Bakteri

Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri.. Jika tidak segera diobati oleh dokter, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Infeksi ini dapat aktif se waktu-waktu dan dapat tidak aktif di waktu lain. Ketika infeksi nya aktif, kemungkinan adanya gejala.

Dan ketika infeksinya tidak aktif, kemungkinan tidak memiliki gejala, meskipun masih memiliki sifilis. Akan tetapi ketika tidak memiliki gejala masih dapat menularkan sifilis kepada orang lain. Tidak harus melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan sifilis. Hanya dengan berhubungan dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinfeksi sudah cukup untuk membuat terpapar infeksi.

Fakta Mengenai Siflis Adalah

Sifilis adalah infeksi bakteri yang masuk ke tubuh melalui kulit yang rusak di area sekitar alat kelamin, seperti vagina, penis atau anus. Sifilis adalah penyakit atau infeksi yang dapat menyebar atau menular melalui kontak dengan luka sifilis dan diteruskan saat mencium atau melakukan hubungan seksual tanpa kondom. Sifilis adalah penyakit atau infeksi tingkat tertinggi yang didiagnosis pada pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi dan disarankan untuk melakukan skrining secara rutin setiap 3 bulan hingga 6 bulan.

Bakteri Yang Menyebabkan Sifilis Adalah

Bakteri yang menyebabkan sifilis adalah Treponema Pallidum atau Spirochete. Bakteri ini biasanya memasuki tubuh melalui jaringan yang melapisi tenggorokan, hidung, dubur dan vagina. Bakteri sifilis juga dapat ditularkan melalui kontak dengan penis atau vulva. Seseorang dengan sifilis yang memiliki luka atau ruam dapat menularkan infeksinya kepada orang lain. Wanita hamil yang terinfeksi juga dapat menularkan sifilis ke bayinya. Beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang terkena sifilis adalah:

• Berhubungan seksual tanpa kondom (seperti tidak menggunakan kondom atau tidak menggunakannya dengan benar). Risiko ini sangat tinggi di antara pria yang berhubungan seksual dengan pria lain.
• Memiliki lebih dari 1 pasangan seksual dan tinggal di area di mana sifilis umum terjadi.
• Memiliki pasangan seksual yang menderita sifilis.
• Berhubungan seksual dengan pasangan yang memiliki banyak pasangan seksual.
• Mengidap HIV.

Baca Juga : Cegah Dan Pahami Gejala Pada Penyakit Sipilis

Gejala Umum Sifilis Menular

Sifilis sangat mudah menular akan tetapi juga sangat mudah diobati, masalah sifilis adalah sebagian besar dari penderita sifilis tidak menyadari saat mengidapnya karena banyak yang tidak memiliki gejala. Seagian yang terinfeksi kemungkinan tidak pernah menunjukkan adanya gejala akan tetapi sangat penting untuk diwaspadai karena infeksi dapat berkembang dalam beberapa tahap. Tidak ada perbedaan antara gejala untuk pria dan wanita. Tanda dan gejala sifilis adalah sebagai berikut:

1. Tahap Primer
Sifilis awalnya membutuhkan waktu antara 9 hari hingga 90 hari untuk berkembang. Ini dikenal sebagai masa inkubasi, ketika infeksi membuat bakteri betah di dalam tubuh. Biasanya akan muncul sekitar 3 minggu setelah paparan sebagai ulkus tanpa rasa sakit di area genital, anal atau mulut.

2. Tahap Sekunder
Pndah ke tahap ke 2 infeksi setelah masa inkubasi antara 6 minggu hingga 6 bulan setelah paparan. Pada tahap ini, sebagian orang yang terinfeksi akan mengalami ruam berwarna merah, biasanya pada telapak tangan dan pada telapak kaki, akan tetapi kemungkinan juga muncul di area lain di tubuh. Ruam ini biasanya tidak terasa gatal. Gejala lain dapat termasuk:

• Demam.
• Kelenjar membengkak.
• Rambut rontok.
• Sakit tenggorokan.
• Sakit kepala.
• Nyeri otot.
• Kelelahan.
• Penurunan berat badan.

3. Tahap Tersier
Tahap akhir ini dapat muncul dalam beberapa bulan atau dalam beberapa tahun setelah tubuh terpapar infeksi. Ini sangat jarang terjadi akan tetapi jika tidak mengobatinya, maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem saraf dan organ internal lainnya dan terkadang terbukti fatal.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sifilis?

Jika memiliki luka, benjolan, ruam atau kutil di sekitar area genital atau anal atau jika terkena infeksi menular seksual (IMS) maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan akan menanyakan mengenai gejala dan riwayat seksual. Kemungkinan juga akan disarankan beberapa tes atau pengujian darah untuk memeriksa infeksi. Karena luka terbuka akibat sifilis membuat infeksi HIV kemungkinan terjadi, maka harus melakukan tes atau pengujian untuk HIV juga. Untuk mencegah bayi terkena sifilis, dokter merekomendasikan semua wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian darah untuk sifilis.

Sifilis Adalah01

Cara Tepat Mengobati Sifilis

Pengobatan pertama yaitu pengobatan antibiotik. Ini adalah salah 1 pengobatan untuk sifilis dan sangat efektif. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual selama 2 minggu setelah pengobatan dan tidak melakukan kontak seksual dengan pasangan baru hingga semua luka sembuh sepenuhnya. Konsultasikan dengan pasangan seksual Anda agar dilakukan tes atau pengujian dan pengobatan.

Selain itu juga harus melakukan tes atau pengujian darah lanjutan untuk memastikan bahwa infeksi nya merespons pengobatan. Sifilis sangat bisa diobati jika dilakukan penanganan lebih awal. Sangat penting untuk mengobati semua pasangan seksual penderitanya yang didiagnosis. Untuk memastikan adanya infeksi ini dengan cara skrining IMS secara lengkap karena pada kebanyakan orang yang terinfeksi dapat berisiko terkena HIV dan infeksi lainnya.

Sifilis adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Seseorang yang terpapar harus melakukan pengobatan. Sifilis bukanlah infeksi yang dapat obati dengan sendirinya. Maka harus diobati dengan pengobatan resep dari dokter. Dengan pengobatan, maka harus menghindari masalah kesehatan serius lainnya.

Dan pengobatan membuat tidak menyebarkan atau menularkan sifilis kepada orang lain. Jika seorang wanita hamil memiliki sifilis yang tidak diobati, maka dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran mati. Ini juga dapat menyebabkan bayi terlahir dengan infeksi yang disebut sifilis bawaan. Pada setiap tahap infeksi, pengobatan antibiotik bekerja dengan baik untuk menyembuhkan sifilis. Pengobatan antibiotik tidak dapat memperbaiki kerusakan yang telah disebabkan oleh sifilis tahap tersier.

Akan tetapi pengobatan dapat membantu untuk menghindari masalah lebih lanjut dari infeksi. Anda bisa melakukan pengobatan sifilis ini di Klinik Apollo. Hubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir, biaya pengobatan sipilis di Klinik Apollo sangatlah terjangkau.