Simak Beberapa Tanda Penyakit Sipilis Pada Wanita

Penyakit sipilis pada wanita adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit sipilis dapat menyebabkan komplikasi dalam jangka panjang atau kematian jika tidak segera diobati secara memadai. Penyakit sipilis adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS). Dikenali dengan munculnya luka ulseratif terbuka atau chancre pada alat kelamin, mulut, anus atau dubur. Pengobatan antibiotik dapat mengobati penyakit sipilis akan tetapi tergantung pada tahapan infeksinya. Setiap tahapan memiliki gejala yang khas dan kemungkinan komplikasi.

Fakta Unik Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis pada wanita adalah IMS yang dapat disembuhkan dan disebabkan oleh bakteri. Penyakit sipilis dengan durasi kurang dari 2 tahun dapat muncul dengan gejala sesuai tahapannya. Penyakit sipilis dengan durasi lebih dari 2 tahun biasanya tanpa adanya gejala. Pada semua tahap dapat menular dan dapat ditularkan ke pasangan seksual hingga 2 tahun jika seseorang tersebut tidak segera mengobatinya. Tidak semua orang yang menderita penyakit sipilis memiliki tanda-tanda infeksi, sehingga seseorang tersebut dapat memilikinya dan menularkannya tanpa diketahui.

Penyakiit Sipilis Dan Penyebab Umumnya

Penyakit sipilis pada wanita disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum dan mudah ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui:

• Seks vaginal tanpa kondom.
• Seks anal tanpa kondom.
• Seks oral tanpa kondom.
• Berbagi mainan seks (seks toys) tanpa mencuci atau menutupinya dengan kondom untuk setiap penggunaan.

Kecuali seseorang dengan penyakit sipilis yang diobati. Penularan penyakit sipilis dapat terjadi hingga 2 tahun setelah infeksi. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan dari ibu ke bayinya yang belum lahir akan tetapi dapat diobati selama kehamilan. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati.

Oleh karena itu semua wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian darah untuk memeriksa adanya penyakit sipilis sebagai baginan dari skrining antenatal selama minggu ke 11 hingga minggu k2 20. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan pada seseorang pengguna obat-obatan terlarang yang menggunakan jarum suntik atau berbagi jarum dengan seseorang yang terinfeksi. Penularan tidak bisa terjadi pada saat berciuman, berpelukan, berbagi handuk, kolam renang, kursi toilet atau dari peralatan makan lainnya. Jika melakukan hubungan seksual tanpa kondom, maka harus mempertimbangkan kontrasepsinya.

Gejala Umum Penyakit Sipilis Pada Wanita

Penyakit sipilis pada wanita memiliki beberapa tahapan dan masing-masing dengan gejala yang berbeda.

1. Tahap Primer
Dari 10 hari hingga 3 bulan setelah terinfeksi, chancre dapat muncul di area infeksi. Biasanya di vagina, di mulut atau disekitar dubur. Beberapa orang dapat memiliki luka. Kelenjar di leher, di pangkal paha atau di ketiak kemungkinan membengkak. Lukanya sangat menular namun dapat sembuh setelah 2 minggu hingga 8 minggu dan menghilang. Jika tidak segera diobati, kemungkinan akan berpindah ke tahap sekunder.

2. Tahap Sekunder
Beberapa minggu setelah sakitnya hilang kemungkinan dapat merasakan ruam bernoda di tubuh seringnya pada telapak tangan atau telapak kaki. Kerontokan rambut yang merata, bercak berwarna putih di mulut, pertumbuhan seperti kutil kelamin yang muncul didekat anus dan juga didekat vulva. Ruam dan pertumbuhannya menular.

Kemungkinan juga merasa sakit dengan adanya demam atau sakit kepala dan pembengkakan kelenjar dan menderita penurunan berat badan. Tidak dapat melihat dan merasakan tanda dan gejala penyakit sipilis antara tahap sekunder dan tahap tersier. Penyakit ini bisa menjadi laten atau tersembunyi.

3. Tahap Tersier
Penyakit sipilis dapat terus menyebabkan kerusakan serius pada jantung, otak, tulang dan sistem saraf selama bertahun-tahun kemudian. Kerusakan ini bisa mengancam jiwa. Selain itu bisa mengalami stroke, kebutaan, masalah jantung, demensia dan kehilangan koordinasi. Namun masih bisa diobati pada tahap ini akan tetapi kemungkinan tidak bisa memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?

Dokter akan mengevaluasi tanda dan gejala dan melakukan tes atau pengujian darah yang dapat mengidentifikasi keberadaan penyakit sipilis pada wanita. Sekresi dari luka dapat dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk bakteri penyakit sipilis untuk memberikan bukti infeksi lebih lanjut. Selain itu pasangan seksual Anda juga harus melakukan tes dan pengujian untuk penyakit sipilis serta IMS lain seperti infeksi gonore (kencing nanah) dan klamidia, hepatitis B dan HIV. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan. Semua wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian darah untuk penyakit sipilis di awal kehamilannya. Pengobatan pada wanita hamil yang terinfeksi juga akan mengobati bayi yang sedang berkembang.

Penyakit Sipilis Pada Wanita01

Pengobatan Ampuh Penyakit Sipilis Pada Wanita

Pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan penyakit sipilis pada wanita. Biasanya melalui intravena secara tunggal atau singkat. Kemungkinan juga akan terasa panas atau pegal untuk waktu yang singat setelah pengobatan. Usahakan untuk menghindari kontak seksual seperti seks anal, seks vaginal dan seks oral setidaknya selama 2 minggu setelah pengobatan selesai untuk memastikan infeksinya tidak kambuh kembali atau menyebar dan menular.

Seseorang yang berhubungan seksual juga harus melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan yang tidak segera diobati akan hilang dengan sendirinya. Namun dapat menyebabkan masalah jantung, otak dan saraf yang serius selama bertahun-tahun dan dapat menyebabkan kematian. Untuk lebih jelas mengenai pengobatan penyakit sipilis, Anda bisa melakukan konsultas, pemeriksaan dan pengobatan hanya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.