Apakah bayi merasakan sakit saat disunat?

Sejatinya,hampir semua orang tua tidak tega untuk menyunat anak laki – lakinya, apalagi saat usia balita bahkan bayi. Sehingga mereka memilih untuk melakukannya di usia anak menginjak anak – anak bahkan remaja.

Namun, muncul pertanyaan apa benar bayi merasakan sakit juga saat disunat?

Sunat pada bayi, memisahkan kulup dengan kepala penis. Sebagian orang melakukannya atas dasar agama atau adat, ada juga yang melakukannya karena memperhitungkan kesehatan sang bayi. American Academy of Pediatric(AAP) menjabarkan manfaat dari sunat pada bayi lebih dimungkinkan. Disayangkan hal ini tidak bisa dijadikan patokan agar bayi disunat di seluruh dunia.

Bius anastesi diberikan sebelum tindakan, namun apa bayi masih merasakan sakit?

Sebuah publikasi dari Pediatrics & Child Health Journal memperlihatkan sunat tetap bisa menyakitkan bayi, meskipun telah diberikan bius anastesi. Publikasi yang lain pada jurnal Pediatric menyebut hanya 45% dokter yang menggunakan anastesi saat akan melakukan sunat pada bayi.

Konsultasi

Bagaimana cara mereduksi sakit pada si kecil?

Sekalipun telah direkomendasikan secara medis, resiko sakit pun tetap ada dan membuat orang tua memilih untuk mengurungkan menyunat sang buah hati di kala bayi. Peneliti University of Minnesota mengemukakan bahwa bayi yang baru lahir akan menangis lebih keras, gemetar, dan dalam beberapa kasus menjadi sedikit cyanotic (kondisi kulit membiru akibat kekurangan oksigen) yang disebabkan karena bayi menangis terlampau lama.

Bahkan studi yang lain menemukan bayi mengingat rasa sakit yang dialaminya. Karena ini mempengaruhi bagaimana dia merespon rasa sakit di masa depan.

Sunat yang dilakukan pada waktu bayi harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak. Karena dalam beberapa kasus, sunat pada bayi membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih pada anak, di samping itu juga mencegah terjangkitnya penyakit menular seksual dan kanker prostat pada saat dewasa.

Agar rasa sakit tersebut berkurang, disarankan memastikan dokter yang menangani memberikan obat bius dalam dosis paling aman untuk bayi baru lahir. Sakit sebenernya tidak dapat dihindarkan dalam prosedur sunat, namun tentu tingkatan rasa sakit itu yang diperkecil atau dikurangi.

Konsultasi Apollo

Dan ingat bahwa tak semuanya bayi bisa disunat. Kondisikan dengan benar kesehatan bayi untuk dapat menjalaninya. Karena bayi yang lahir prematur atau memiliki masalah kesehatan saat lahir tidak disarankan untuk disunat. Konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk menyunat bayi guna memastikan kondisi kesehatan sang bayi  agar prima saat menjalaninya.

Bagi Anda yang ingin melakukan sunat pada bayi, bisa lakukan konsultasi dengan mudah melalui banner online di Klinik Apollo. Semua penanganan akan berjalan dengan baik dan terjangkau. Jadi lakukan reservasi dengan mudah sekarang melalui nomor 081233881616 ini.

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.