Bagaimana Jika Pria Tidak Menjalankan Khitan Dewasa?

Di Indonesia proses sunat sudah menjadi tradisi bagi pria yang menginjak usia remaja, bagaimana jika khitan dewasa tidak dijalankan?. Pada umumnya akan diadakan pesta sebagai tanda kebahagian keluarga bahwa anak laki-lakinya berani melakukan prosedur sunat.

Di balik sebuah tradisi, ternyata khitan dewasa memang menyimpan berbagai manfaat, terutama bagi anak laki-laki. Namun, bagaimana dengan seorang pria yang tidak disunat?

Baca juga: MANFAAT SUNAT BAGI KALANGAN PRIA

Bagaimana Jika Seorang Pria Tidak Menjalankan Khitan Dewasa?

Penis yang tidak disunat membutuhkan perawatan khusus, Anda harus membersihkan penis dengan benar. Tarik kepala penis sampai berada di posisi yang nyaman dan bersihkan dengan tepat. Setelah selesai membersihkannya, pastikan tidak ada bekas sabun yang tersisa. Sabun dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitive di kepala penis.

Penis yang tidak disunat rentan kepada bakteri atau berbagai penyakit, sehingga kebersihannya harus Anda perhatikan dengan baik. Jika tidak, maka seorang pria yang tidak disunat bisa meningkatkan resiko berbagai jenis penyakit, seperti:

1.Penyakit menular seksual

Pria yang tidak disunat mempunyai resiko mengalami peradangan pada uretra dan gonore. Infeksi menular seksual lainnya seperti HPV, sifilis, dan herpes juga sering terjadi pada seorang pria yang tidak disunat.

Selain itu adanya pretium pada seorang pria yang tidak disunat merupakan faktor resiko utama terserang infeksi HIV. Seorang pria yang tidak disunat mempunyai resiko HIV lebih besar dibandingkan dengan pria yang disunat.

Kondisi ini bisa terjadi karena tumbuhnya bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual rentan terjadi pada kalangan pria yang tidak disunat. Proses menghilangkan preputium atau khitan dewasa dapat melindungi seorang pria dan berbagai jenis penyakit.

2.Peradangan dan infeksi penis

Penis yang tidak disunat dengan mudah mengalami berbagai peradangan seperti balanitis, peradangan pada prostat, dan peradangan pada kepala penis serta preputium. Seorang pria yang tidak disunat berisiko mengalami fimosis, yakni ketidakmampuan kulup untuk ditarik kebelakang dan parafimosis yakni sebuah kondisi penis terjepit karena kulup yang tidak bisa ditarik pada posisi semula.

khitan dewasa

Apa Saja Manfaat Melakukan Sunat?

Sunat merupakan sebuah proses bedah yang menyakitkan. Masalah yang bisa Anda alami ketika menjalankan khitan dewasa yakni resiko perdarahan dan infeksi, rasa nyeri, iritasi pada kepala penis, dan resiko cedera pada penis.

Dibalik resiko yang akan Anda terima ini, penderita akan memperoleh banyak manfaat. Walaupun hanya menghilangkan sedikit kulup pada penis, namun terbukti prosedur ini bisa mencegah berbagai jenis penyakit, seperti:

Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing pada pria jarang terjadi pada kalangan yang disunat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa infeksi saluran kencing lebih sering terjadi pada kalangan pria dibandingkan wanita. Sunat bisa mencegah pertumbuhan bakteri dibagian bawah kulup, sehingga akan melindungi Anda dari penyakit infeksi saluran kemih.

Kanker prostat

Sunat dapat melindungi Anda dari resiko terserang kanker prostat. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa pria yang disunat ketika masih bayi beresiko lebih kecil untuk mengembangkan kanker prostat dibandingkan pria yang tidak disunat.

Selain itu, khitan dewasa akan menurunkan berbagai resiko infeksi seksual menular, mencegah masalah pada penis dan menurunkan resiko kanker penis, seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Sunat akan memberi kemudahan bagi Anda untuk membersihkan penis. Penis yang terjaga kebersihannya bisa membantu mencegah berbagai masalah yang berhubungan dengan penis.

Jadi, Apakah Sunat Diperlukan?

Sudah kami jelaskan bahwa keuntungan yang didapatkan dari sunat lebih banyak dibandingkan kerugian dari sisi kesehatan. Sunat memang terbukti dapat mencegah seorang pria dari berbagai infeksi. Beberapa sumber bahkan menemukan manfaat lebih besar dari sunat pada seorang anak laki-laki dibandingkan resikonya.

Namun sunat tidak disarankan di jalankan pada bayi prematur. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa konsultasikan bersama kami Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai khitan dewasa, semoga bermanfaat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.klinikgonore.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.